Update Harga Dextral (Syrup, Tablet, Forte)

Cuaca yang ekstrem seringkali membuat orang lemah imun dan mudah terkena penyakit, seperti flu, batuk, dan pilek. Untuk mengatasinya, Anda bisa membeli obat flu atau obat batuk. Nah, salah satu merek obat flu yang dibilang ampuh meredakan gejala batuk dan pilek adalah Dextral. Tidak sulit menemukan obat tersebut yang dijual dengan harga terjangkau.

Ilustrasi: Gejala Batuk dan Pilek (credit: Bicycling)
Ilustrasi: Gejala Batuk dan Pilek (credit: Bicycling)

Secara alami, batuk dan pilek merupakan respon alami tubuh untuk meningkatkan pembersihan sekresi, partikel lendir, iritasi, partikel asing, dan mikroba. Sehingga, tubuh memiliki mekanisme pertahanan yang kuat. Meskipun begitu, ada juga batuk pilek yang diakibatkan oleh penyakit, seperti flu.[1]

Bacaan Lainnya

Gejala batuk pilek karena flu yang dibiarkan memang bisa sembuh dengan sendirinya, kurang lebih 7 hingga 14 hari. Meski demikian, proses penyembuhan gejala batuk dan pilek dapat dipercepat dengan minum obat flu, seperti Dextral. Anda bisa memilih berbagai varian obat Dextral yang dijual di apotek sesuai tingkat keparahan penyakit.

Dextral Syrup

Bagi Anda yang kesulitan menelan obat dalam bentuk pil, kapsul, atau tablet, bisa mengonsumsi Dextral Syrup. Obat tersebut memiliki tekstur yang mirip sirup namun tidak memiliki rasa terlalu manis, sehingga mudah untuk ditelan. Dextral Syrup memiliki dua varian kemasan, yaitu kemasan 60 ml dan 100 ml. Dalam satu Dextral Syrup, sudah mengandung dextromethorphan HBR, glyceryl guaiacolate, phenylpropanolamine HCL, dan CTM.

Baca juga  Info Terbaru Harga Garnier Pure Active Cooling Roll OnĀ 

Selain dipakai untuk mengobati batuk dan pilek karena flu, Dextral Syrup memiliki indikasi untuk mengurangi gejala alergi, melonggarkan rasa sesak di dada dan tenggorokan, meredakan gejala batuk akibat infeksi atau alergi, mengencerkan dahak, menekan rangsangan batuk pada otak, dan mengatasi hidung tersumbat.

Untuk mendapatkan reaksi positif dari pemakaian obat tersebut, Anda harus mengonsumsi obat sesuai dengan dosis. Bagi Anda yang berusia di atas 12 tahun atau dewasa, dianjurkan minum Dextral Syrup 1 sendok teh sebanyak 3 kali sehari. Sementara, untuk anak usia 6 hingga 12 tahun, bisa minum obat tersebut 1/2 sendok teh sebanyak 3 kali. Anda bisa minum obat ini bersama dengan atau tanpa makan.

Dextral Syrup (sumber: Halodoc)
Dextral Syrup (sumber: Halodoc)

Dextral Tablet

Selain tersedia dalam bentuk sirup, Dextral juga tersedia dalam bentuk tablet. Obat ini juga termasuk dalam kategori obat bebas terbatas. Anda bisa mendapatkannya tanpa resep dokter atau dengan resep dokter. Dextral TAB memiliki indikasi untuk meringankan gejala batuk dan pilek, serta mempercepat proses penyembuhan flu. Ini karena obat mampu bekerja sebagai antitusif, antihistamin, ekspektoran, dan dekongestan hidung.

Baca juga  Info Terkini Harga Pupuk SP 36 (Subsidi dan Non-Subsidi)

Dalam 1 tablet obat batuk pilek tersebut, mengandung dextromethorphan HBr 10 mg, glyceryl guaiacolate 50 mg, phenylpropanolamine HCL 12,5 mg, dan chlorpheniramine maleate 1 mg. Obat tersebut dapat diminum sebelum atau sesudah makan dengan dosis sesuai anjuran dokter. Anda bisa mengonsumsi obat sesuai dosis umum. Untuk orang dewasa, sebanyak 1 tablet 3 kali sehari, sementara untuk anak usia 6-12 tahun boleh minum Dextral TAB sebanyak 1/2 tablet 3 kali sehari. Anda bisa membagi dosisnya sesuai jam makan.

Dextral Forte Tablet

Dextral juga menyediakan obat batuk pilek dengan dosis tinggi. Ini bermanfaat bagi Anda yang mengalami gejala flu yang tak kunjung sembuh dalam waktu lebih dari 14 hari. Selain itu, obat memiliki indikasi untuk meringankan gejala batuk kronis, meringankan sesak dan nyeri di bagian dada, serta mengatasi hidung tersumbat.

Dalam satu tablet Dextral Forte, mengandung dextromethorphan HBr 15 mg, glyceryl guaiacolate 75 mg, phenylpropanolamine HCl 15 mg, dan chlorpheniramine maleate 2 mg. Dosis untuk orang dewasa atau anak berusia di atas 12 tahun, yaitu sebanyak 1 tablet selama 3 kali sehari. Sementara, untuk anak usia 6 hingga 12 tahun, bisa minum obat sebanyak 1/2 tablet selama 3 kali sehari. Anda bisa mengonsumsi obat tersebut bersamaan atau tanpa makan.

Baca juga  Update Harga Suzuki Amenity 2 Pintu Bekas
Dextral Tablet (sumber: Tokopedia)
Dextral Tablet (sumber: Tokopedia)

Harga Dextral

Varian Dextral Harga
Dextral Tablet Rp7.070
Dextral Forte Tablet Rp10.990
Dextral Syrup 60 ml Rp11.927
Dextral Syrup 100 ml Rp13.572

Perlu Anda ketahui harga Dextral di atas telah kami rangkum dari berbagai macam sumber, termasuk situs jual beli online. Harga Dextral tersebut tentu tidak terikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya, harga Dextral saat ini terbilang stabil. Sebagai contoh, Dextral tablet yang awalnya dibanderol Rp7.183, sedikit turun menjadi Rp7.070.

[Update: Almas]

[1] Lorensia, Amelia, dkk. 2018. Evaluasi Pengetahuan dan Persepsi Obat Batuk Swamedikasi Oleh Perokok. Jurnal MKMI, Vol. 14(4): 395-405.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *