Info Terupdate Tarif Kargo FedEx dari Indonesia ke Luar Negeri

Jika Anda sering atau pernah mengirimkan paket atau barang melalui layanan ekspedisi, pasti sudah tidak asing lagi dengan FedEx. FedEx merupakan perusahaan kargo yang berpusat di Tennessee, AS, dan telah berdiri sejak tahun 1971 dan menawarkan layanan pengiriman internasional dengan yang bersaing. FedEx Corporation terdiri atas beberapa bagian atau divisi, di antaranya FedEx Express, FedEx Freight, hingga FedEx Ground.

Fedex delivery (sumber: gowithneopost.com)
Fedex delivery (sumber: gowithneopost.com)

FedEx termasuk perusahaan yang menggunakan sistem informasi untuk membantu perusahaan meningkatkan tingkat persaingan, dengan memanfaatkan fasilitas teknologi informasi dengan maksimal, berupa internet, e-commerce, e-bisnis, e-tailing, dan sebagainya serta pendokumentasian yang baik dengan menyediakan library digital untuk mempermudah share.

Bacaan Lainnya

Selain itu, perusahaan ini juga dilengkapi dengan infrastruktur virtual information seperti COSMOS (customer, operation, service master on-line system), untuk mempermudah perusahaan melakukan pemantauan/tracking terhadap semua pergerakan paket. Data pergerakan paket, pickup, invoicing, dan delivery dipusatkan di sebuah database. Jadi, setiap paket ditempatkan barcode, kemudian dilakukan scanning/pembacaan barcode di setiap tahap pada siklus delivery.

Baca juga  Info Terupdate Ongkos Kirim (Ongkir) Paket Pos Biasa

Sementara itu, POWERSHIP PROGRAM memberikan service tambahan kepada customer di antaranya storing, label printing, online package pick-up request, package tracking, dan lain-lain. Adapun EDI-Electronic Data Interchange dan Internet, memungkinkan FedEx untuk melakukan hubungan one-to-one dengan customer. FedEx juga termasuk salah satu perusahaan yang memanfaatkan SIG sebagai DSS.

FedEx memanfaatkan teknologi SIG dalam membuat berbagai keputusan bisnis untuk menunjang proses pengiriman barang, di antaranya mencari lokasi atau alamat tujuan pengiriman barang, menentukan perjalanan untuk pengiriman barang, memantau proses pengiriman barang, dan memilih lokasi penurunan barang dan pusat distribusi, dan memperkirakan waktu tempuh pengiriman.

Ilustrasi: Tarif Kargo FedEx (credit: fedex)
Ilustrasi: Kargo FedEx (credit: fedex)

Dengan SIG ini, pelanggan juga bisa melacak keberadaan barang setiap saat dengan menggunakan fitur tracking yang dapat diakses melalui website perusahaan ini. FedEx mempermudah pelanggan dalam pencarian atau pelacakan barang, karena telah tersedia kode-kode tertentu yang dibuat perusahaan dalam mempermudah pelacakan, sehingga informasi diterima secara terintegrasi dan up to date.

Baca juga  Update Harga Daihatsu Feroza SE (Special Edition)

Saat ini, FedEx telah melayani lebih dari 220 negara dan wilayah di seluruh dunia, termasuk ke Indonesia, dengan operasi yang mencakup lebih dari 677 pesawat dan 80 ribu kendaraan. Perusahaan ini juga memiliki lebih dari 290 ribu tim yang tersebar di seluruh dunia untuk menangani tidak kurang sekitar 8 juta pengiriman setiap hari.

Untuk pengiriman internasional dari Indonesia, dilansir dari situs resminya, pengiriman FedEx terbagi menjadi 7 zona. Zona A adalah tujuan Singapura; Zona B tujuan China Selatan, Hong Kong, dan Malaysia, Zona C tujuan China, Jepang, Australia; Zona D tujuan USA, Kanada, dan Meksiko; Zona E tujuan Jerman, Prancis, dan Inggris Raya; Zona F tujuan India, UEA, dan Turki; serta Zona G tujuan Brasil, Argentina, dan Afrika Selatan.

FedEx (International Priority Shipments)

FedEx (International Economy Shipments)

Harga atau pengiriman internasional FedEx di atas kami rangkum dari situs resmi perusahaan kargo yang bersangkutan. Tarif di atas, menurut keterangan perusahaan, berlaku efektif mulai 4 Januari 2021. Perlu diketahui bahwa layanan International Economy FedEx di Asia Pasifik dan dari Asia Pasifik ke Timur Tengah/Subbenua India/Afrika (MEISA), Eropa, Kanada, Amerika Latin, dan AS tetap ditangguhkan untuk sementara, berkenaan dengan kondisi pandemi.

Baca juga  Info Terbaru Pengertian dan Cara Menghitung Biaya Marginal

Harga pengiriman internasional FedEx tersebut tentu tidak terikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Sebagai perbandingan, pada 2019 lalu, biaya pengiriman internasional FedEx berkisar Rp309.000 hingga Rp18,7 jutaan untuk varian priority shipments dan Rp480.000 hingga Rp10 jutaan untuk varian economy shipments. Kemudian pada 2020 biayanya naik jadi kisaran Rp321 ribu sampai Rp19,5 jutaan untuk priority shipments, sedangkan economy shipments dikenai ongkir antara Rp499 ribu hingga Rp10 jutaan untuk economy shipment. Jika Anda membutuhkan informasi lebih lengkap mengenai FedEx, bisa langsung berkunjung ke halaman www.fedex.com/id-id/shipping/rates.

[Update: Dian]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

4 Komentar

    1. Bisa asal jelas credential kepemilikan barangnya dan bukan kategori barang kepurbakalaan yang dilindungi.

  1. Kalo pengiriman dari china ke indonesia dengan door to door. Apa kah itu tidak ada biaya tambahan yg lain.