Update Harga Plamir Tembok Catylac 5 Kg dan 25 Kg

Untuk menghemat penggunaan cat, biasanya tukang akan menggunakan plamir. Ini adalah bahan yang kerap dipakai untuk menutupi keretakan atau meratakan permukaan yang tidak rata. Di pasaran sendiri, sudah ada banyak merk plamir yang dapat Anda pilih, seperti Propan, Sapporo, Nippon Paint, Mowilex, hingga Catylac keluaran Dulux, dengan harga tergantung brand dan kemasan.

Plamir tembok (sumber: beruangperkasa.id)
Plamir tembok (sumber: beruangperkasa.id)

Seperti atap, dinding atau merupakan salah satu komponen penting dalam suatu bangunan, yang berfungsi untuk memperkuat struktur atau kerangka bangunan di atas pondasi.[1] Bisa terbuat dari material batu bata, batako, bata ringan, kayu, kaca, hingga lembaran, untuk mempercantik tampilan tembok, diperlukan sebuah pekerjaan penyempurnaan akhir atau sering disebut finishing.

Bacaan Lainnya

Ada banyak yang dapat dilakukan untuk memoles dinding agar tampak rapi, bersih, dan estetis, salah satunya menggunakan cat. Cat sendiri adalah suatu cairan yang digunakan untuk melapisi permukaan suatu bahan dengan tujuan memperindah (decorative), memperkuat (reinforcing), atau melindungi (protective) bahan tersebut. Setelah digunakan pada permukaan dan mengering, cat akan membentuk lapisan tipis yang melekat kuat dan padat pada permukaan tersebut.

Baca juga  Update Harga Kopi Hijau Nescafe Green Coffee (Indomaret dan Alfamart)

Fungsi Plamir

Apabila ruangan tidak terlalu luas, maka penggunaan cat mungkin tidak akan terlalu banyak. Namun, berbeda jika dinding yang akan dicat punya dimensi yang luas dan kebetulan memiliki bekas-bekas retakan. Tentu saja akan dibutuhkan cat yang tidak sedikit. Nah, untuk menghemat pemakaian cat, biasanya tukang bangunan akan mengaplikasikan plamir.

Dikutip dari situs resmi Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman Pemerintah Kabupaten Bantul, plamir sebenarnya berasal dari bahasa Belanda, plamur, yang berarti dempul. Seperti disinggung di atas, fungsi utama plamir adalah menutupi keretakan dan meratakan permukaan dinding yang tidak rata. Plamir dapat digunakan untuk menutup acian yang retak.[2]

Plamir diaplikasikan sebelum tukang memulai proses pengecatan. Namun, penggunaan plamir ini tidak dianjurkan untuk menutupi seluruh permukaan dinding, hanya untuk permukaan acian yang tidak rata, retak, dan berlubang. Selain itu, sangat disarankan untuk menggunakan plamir pada dinding ruangan interior, bukan pada di luar ruangan.

Sebagian orang beranggapan bahwa plamir termasuk kategori cat dasar, karena sama-sama digunakan sebelum proses pengecatan. Namun, berbeda dengan cat dasar, fungsi utama plamir adalah untuk meratakan dinding yang akan dicat. Sementara itu, cat dasar diaplikasikan pada seluruh dinding sebelum dilakukan pengecatan dengan cat tembok.

Baca juga  Update Harga Bola Plastik Kecil Warna-Warni untuk Kolam Mandi Bola

Umumnya, plamir dibuat dari campuran lem putih, kalsium, dan bahan-bahan lainnya. Namun, saat ini sudah banyak produsen yang meluncurkan produk plamir instan siap pakai sehingga dapat langsung diaplikasikan ke permukaan tembok, yang pada akhirnya mampu mempercepat proses pengecatan sehingga menghemat waktu dan biaya pengerjaan.

Review Plamir Catylac

Plamir tembok Catylac
Plamir Catylac

Nah, salah satu merk plamir yang dapat Anda gunakan adalah Catylac Plamur Interior yang diluncurkan Dulux. Dikutip dari situs resminya, produk ini dihadirkan untuk melapisi retak pada dinding dan meningkatkan daya rekat cat. Punya hasil akhir matt, daya sebar Dulux Catylac Plamur Interior diklaim mencapai 3 sampai 4 m2 per kg, dengan waktu pengeringan satu hingga dua jam.

Saat ini, Dulux menghadirkan Catylac Plamur Interior dalam dua varian kemasan, yakni 5 kg dan 25 kg. Jika Anda membutuhkannya untuk melapisi satu ruangan, kemasan 5 kg bisa dipilih. Sementara, apabila Anda membutuhkan untuk melapisi dinding beberapa ruangan, maka bisa memakai kemasan 25 kg. Sebagai referensi, berikut kisaran harga Catylac Plamur Interior di pasaran dalam negeri.

Baca juga  Update Harga Meteran Laser Bosch (Semua Tipe)

Harga Plamir Catylac

Kemasan Plamir Catylac Harga
Catylac Plamur Interior 5 kg Rp62.000 – Rp71.600
Catylac Plamur Interior 25 kg Rp286.725 – Rp321.500

Harga plamir Catylac di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk beberapa toko bahan bangunan dan sejumlah situs jual beli online. Perlu Anda catat bahwa harga Catylac Plamur Interior tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Namun, jika dibandingkan tahun lalu, harga produk ini relatif stabil.

Apabila Anda berencana menggunakan plamir sebelum mengecat secara keseluruhan, ada beberapa tips yang patut Anda perhatikan. Pertama, oleskan plamir pada arah vertikal di dinding, kemudian untuk lapis selanjutnya, pada arah horizontal. Gunakan metode tersebut secara berulang hingga rata. Perlu diingat, untuk lapisan kedua, harus menunggu lapisan pertama kering terlebih dahulu. Sementara, untuk dinding eksterior, jika Anda ingin menggunakan plamir, cukup dengan bahan lem putih dan semen putih.

[1] Tanubrata, Maksum. 2015. Bahan-Bahan Konstruksi dalam Konteks Teknik Sipil. Jurnal Teknik Sipil, Vol. 11(2): 76-168.

[2] Sarito. 2012. Pengaruh Penambahan Lem Putih Poly Vinyl Acetate (PVAC) terhadap Perilaku Fisik dan Mekanik pada Mortar 1 Semen : 5 Pasir. Poli-Teknologi, Vol. 11(1): 39-48.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.