Update Harga, Kandungan, & Kelebihan Susu NAN HA (PH PRO)

Pada sebagian balita kerap ditemui memiliki alergi terhadap susu sapi. Hal tersebut membuat orang tua tidak bisa sembarangan mengkonsumsi susu yang dapat menyebabkan alergi menjadi lebih parah. Untuk mengatasi hal ini, mereka sering kali memberikan jenis susu yang mengandung HA (Hipoalergenik) yang telah banyak ditemukan di pasaran, seperti Susu Nestle dalam produknya Susu NAN HA. Jika dibandingkan dengan produk susu formula lainnya, susu formula HA ini dijual dengan harga yang lebih mahal, bahkan mencapai Rp300 ribuan per kalengnya.

Ilustrasi bayi minum susu formula (sumber: momcanvas.com)
Ilustrasi bayi minum susu formula (sumber: momcanvas.com)

Anak yang alergi susu sapi memang tidak boleh minum susu sapi. Susu formula standar dibuat dari susu sapi, sehingga tidak diperbolehkan. Gejala alergi susu sapi bukan persoalan yang ringan. Anak mungkin akan mengalami syok anafilaksis yang berat. Susu formula yang mengandung protein hidrolisat sempurna dan susu formula berbasis asam amino memang dibuat untuk anak alergi susu sapi. Namun, salah satu masalahnya ialah rasa pahit.

Bacaan Lainnya

Jika bayi harus minum susu formula karena sesuatu hal, maka harus diberi susu formula khusus, yaitu susu formula yang mengandung protein hidrolisat parsial. Pemberian susu formula ini diharapkan dapat mencegah timbulnya alergi pada bayi yang berisiko menderita alergi. Rasa susu ini juga pahit, namun bayi pada awal kehidupannya masih dapat menerima rasa pahit ini. Dengan demikian, sampai umur yang lebih tua, bayi tidak mempunyai masalah ketika minum susu formula yang rasanya pahit, karena sudah mengenalnya sejak lahir.[1] Susu NAN HA atau PH PRO disebut sebagai susu parsial hidrolisat yang dapat dikonsumsi oleh bayi yang alergi susu sapi. Berikut ulasan lengkapnya.

Baca juga  Update Info Kisaran Harga Bibit Kefir

Tentang Susu NAN HA

Harga, susu, NAN, HA, PH, PRO, 1, 2, 3, Hypoallergenic, 0-6, bulan, kandungan, bayi, alergi, sapi, hipoalergenik, susu formula, produsen, Nestle, produk, dijual, mahal, extensive, hidrosilat, reaksi, kandungan, protein, tahun, balita, takaran, omega, di, pasaran, jenis, usia, kemasan, 400gr, 800gr,
Susu NAN HA pH Pro (sumber: fjb.kaskus.co.id)

Susu NAN HA Nestle diklaim memiliki lengkap dengan komposisi seimbang, sedangkan susu formula lainnya terkadang tidak memiliki keseimbangan pada susunan nutrisinya. Selain itu, susu ini berasal dari bahan-bahan berkualitas. Berbeda dengan susu formula yang lain, susu NAN mengandung Protein Hypoallergenic yang merupakan salah satu jenis protein yang dapat meminimalisir terjadinya alergi protein hewani pada bayi. Susu NAN HA terdapat dalam beberapa jenis, yakni NAN PH PRO 1, NAN PH PRO 2, dan PH PRO 3. Ketiga jenis susu ini dibedakan sesuai dengan usia balita yang mengonsumsinya.

Jenis Susu NAN HA

  • Susu NAN HA 1 adalah susu formula untuk bayi usia 0-6 bulan. Diformulasikan dengan kandungan OPTIPRO HA Protein hypoallergenic, BifidobacteriumLactis, dan DHA yang akan memberikan asupan penting bagi tubuh anak.
  • Sementara NAN HA 2 merupakan susu formula untuk bayi usia 6 bulan sampai dengan 1 tahun. Diformulasikan dengan kandungan OPTIPRO HA Protein hypoallergenic, BifidobacteriumLactis, dan DHA yang akan memberikan asupan penting bagi tubuh anak. Tersedia dalam kemasan kaleng isi 800 gram.
  • Susu NAN PH PRO 3 merupakan susu formula untuk bayi usia 1-3 tahun. Diformulasikan dengan kandungan OPTIPRO HA Protein hypoallergenic, BifidobacteriumLactis, dan DHA yang akan memberikan asupan penting bagi tubuh anak.
Baca juga  Info Keistimewaan dan Update Harga Burung Nuri Bayan

Ketiga jenis susu NAN HA dibanderol dengan harga bervariasi, sesuai jenis dan ukurannya. Berikut daftar harga susu NAN HA yang ada di pasaran pada 2022.

Harga Susu NAN HA

Ilustrasi: Penyajian Susu Formula NAN HA (credit: happymom.in.th)
Ilustrasi: Penyajian Susu Formula NAN HA (credit: happymom.in.th)
Jenis Susu NAN HA Harga
NAN PH PRO 1 400gr Rp181.647
NAN PH PRO 1 800 g Rp330.000
NAN PH PRO 2 800 gr Rp326.000
NAN PH PRO 3 800 gram Rp289.500

Jika dibandingkan dengan penawaran 2020, susu NAN HA mengalami perubahan harga pada 2021 untuk semua varian. Mulai dari NAN PH PRO 1 400gr yang semula dijual seharga Rp170 ribu, naik menjadi Rp186.740. Sama halnya dengan kemasan 800 gr yang ikut naik dari Rp316 ribu menjadi Rp324 ribu. Untuk varian lain, seperti NAN PH PRO 2 kemasan 800 gr naik dari harga Rp321 ribu, kemudian dijual seharga Rp436.100 pada 2021. NAN PH PRO 3 800 gram sempat dijual mencapai angka Rp281.500 dari harga awal yang hanya Rp275 ribu. Namun, pada 2022 tampaknya harga susu NAN PH PRO untuk semua varian, baik 1, 2, dan 3 justru mengalami penurunan dibanding tahun 2021 lalu.

Baca juga  Update Harga Susu Diabetasol (180gr, 600gr, 1000gr) di Indomaret & Alfamart

Meski memiliki banyak kelebihan susu NAN pun tidak luput dari beberapa kekurangan, di antaranya harganya yang relatif mahal sehingga hanya kalangan atas saja yang mampu untuk menikmati manfaatnya. Lalu, susu ini juga tidak memiliki kandungan Omega 3, aturan takarannya mutlak, karena dengan mengurangi takaran pakai bisa menyebabkan diare pada bayi.

Susu NAN HA (atau Nan PH PRO) merupakan salah satu susu yang termasuk dalam jenis susu parsial hidrolisat. Jenis susu ini memang sering dirujuk untuk bayi alergi susu sapi, namun bukan sebuah pilihan utama karena susu HA masih memiliki 18% kandungan protein. Dengan kata lain susu HA masih memungkinkan untuk menimbulkan reaksi alergi pada bayi. Pilihan utama sebenarnya adalah susu extensive hidrolisat. Namun susu HA dipilih karena rasanya dinilai lebih enak dan harganya lebih murah dibandingkan dengan susu extensive hidrolisat.

[Update/Dian]

 

[1]Prawirohartono, EP. 2018. Anakku Sulit Makan. Yogyakarta: UGM Press, hlm 19.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.