Harga dan Cara Memelihara Guinea Pig

No comment181 views

Memelihara bisa jadi obat stres yang paling ampuh. Apalagi kalau Anda memiliki -hewan lucu untuk dipelihara. Dengan adanya mereka, pulang ke rumah menjadi waktu yang paling Anda tunggu-tunggu setiap harinya. Karena bagaimanapun bermain-main ataupun memandangi peliharaan yang lucu selalu menyenangkan untuk dilakukan.

Guinea pig, hewan peliharaan lucu (sumber: nypost.com)

, hewan peliharaan lucu (sumber: nypost.com)

Salah satu hewan peliharaan yang sedang tren di kota-kota besar yaitu hewan-hewan impor atau memiliki ras asal luar negeri. Seperti Guinea pig atau lebih dikenal dengan sebutan oleh masyarakat Indonesia. Guinea pig merupakan seekor hewan dengan tampilan yang menggemaskan.

Guinea pig dapat menjadi hewan peliharaan yang menghibur hati dan juga menguntungkan kocek. Apalagi memeliharanya juga tidak sulit dan mahal serta daya tahannya lebih baik dari hewan mungil lainnya. Harganya juga lumayan stabil.

Pernah mendengar hewan guinea pig? Jangan bingung. Ini bukan babi dari Papua Nugini, tapi nama hewan pengerat yang saat ini menjadi binatang piaraan ngetren. Ada juga yang menyebutnya cavy dan marmut Belanda, meski sebenarnya hewan ini berasal dari Pegunungan Andes di Amerika Selatan. Selintas, perawakannya mirip marmut lokal. Kepalanya besar dengan tubuh bogel dan kaki yang kecil. Hanya saja, tampang guinea pig lebih imut dan rambutnya lebih panjang serta berwarna-warni.

Sama seperti kelinci dan kucing, marmut pun memiliki banyak jenis yang menarik untuk dimiliki. Jenis-jenis guinea pig Sheba Mini, Silkie, serta American, adalah yang kerap dijadikan sebagai peliharaan.

Beberapa jenis seperti peruvian bahkan memiliki rambut yang sangat panjang sampai menutupi muka. Banyak orang memeliharanya lantaran karakternya sangat jinak. Namun, meski perangainya sangat penakut dan pemalu, guinea pig tidak menggigit atau melawan jika dipegang. Kalau takut, cavy justru diam. Kelebihan lain, guinea pig memiliki daya tahan tubuh yang lebih kuat dari kelinci atau hewan sejenisnya.

Cara Memelihara dan Merawat Guinea Pig

Seperti halnya dalam membeli hewan pada umumnya, memilih guinea pig yang benar saat membeli adalah hal yang sangat penting. Ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan ketika guinea pig yang kita pelihara ternyata bermasalah.

Ilustrasi: tempat guinea pig (sumber: rove.me)

Untuk memilih guinea pig yang sehat, Anda hanya perlu melakukan beberapa pengecekan pada guinea pig yang akan Anda beli. Cek pada bagian mata, pilihlah mata yang jernih, bersih dan melek. Jangan pilih jika mata guinea pig banyak belek dan sayu.

Cek seluruh badan dan bulu guinea pig, pastikan tidak ada jamur dan kutu pada bulu guinea pig dan juga tidak ada kecacatan fisik. Dan terakhir pilihlah guinea pig yang terlihat lahap saat makan. Itu membuktikan bahwa guinea pig tersebut dalam keadaan sehat. Disarankan untuk membeli guinea pig lebih dari satu atau sepasang agar guinea pig kamu tidak kesepian saat di .

Cavy tidak terlalu rentan dengan penyakit seperti mencret. Jadi, pemeliharaan mereka relatif lebih mudah. Walaupun demikian, merawatnya tidak boleh asal-asalan. Untuk pakan, misalnya, makanan cavy sebenarnya hampir sama dengan makanan kelinci, yakni sayuran dan buah-buahan seperti selada, wortel, tomat.

Pakan lainnya bisa pelet kelinci dan rumput sebagai pakan selingan. Kulit jagung atau daun pisang juga bisa diberikan. Untuk kandang, Anda bisa menggunakan kandang kawat yang banyak dijual di pasar. Akan tetapi, alasnya harus dilapisi ubin, papan halus, plastik serta serbuk kayu agar kaki cavy tidak tersandung dan terluka. Kebersihan kandang harus dijaga agar Cavy tidak terkena penyakit.

Pilihlah kandang yang cukup luas agar ada sedikit ruang untuk guinea pig Anda bisa berlari dan bermain di dalam kandang. Sesuaikan juga kandang dengan jumlah guinea pig yang Anda beli. Semakin banyak guinea pig yang Anda beli, semakin besar juga kandang yang harus Anda gunakan.

Jangan lupa untuk sering membersihkan kandang dari kotoran maupun sisa-sisa makanan yang bisa membusuk bila didiamkan berhari-hari. Kebersihan kandang adalah salah satu faktor untuk menjaga kesehatan guinea pig.

Beberapa tempat 'ngumpet' juga bisa disiapkan di kandang seperti kantong kertas cokelat dan kotak tisu dengan lubang di sampingnya. Guinea pig yang masih muda biasanya senang berolahraga melalui rintangan seperti pipa PVC. Kalau memelihara guinea pig yang berambut panjang, Anda perlu memandikan lebih sering. Mandi sebulan sekali atau dua kali sudah cukup. Karena hewan ini takut air, gunakan wadah yang dangkal dan keringkan sebelum mengembalikan mereka ke dalam kandang.

Guinea pig dan pemiliknya (sumber: petfinder.com)

Guinea pig dan pemiliknya (sumber: petfinder.com)

Sampo hewan atau bayi bisa digunakan untuk membersihkan rambutnya. Tetapi hindari kontak sampo dengan mata. Kuku guinea pig juga harus rutin digunting sebulan sekali. Bisa menggunakan gunting kuku biasa atau hewan. Namun, di kukunya ada pembuluh darah yang kalau terpotong akan berdarah dan menyakiti. Jadi, potong ujung kukunya saja.

Untuk guinea pig yang berambut panjang, menyisir rambutnya perlu dilakukan setiap hari untuk membantu menghilangkan rambut rontok dan mengurangi ganti bulu. Umur cavy bisa sampai 8 tahun-10 tahun, dapat bereproduksi ketika berumur 2 bulan, tapi biasanya dikawinkan pada umur 4 bulan. Lama masa hamil sekitar 55-75 hari. Bayi guinea pig akan lahir lengkap dengan bulu dan beberapa jam setelahnya bisa berjalan. Bayi cavy biasanya disapih pada umur 3 minggu-1 bulan.

Membiarkan guinea pig Anda bermain di luar kandang adalah hal wajib untuk dilakukan. Hal ini juga untuk mencegah guinea pig stress karena selalu berada di dalam kandang. Anda bisa sambil mengajak mereka bermain dan membiarkan guinea pig Anda bermain-main di halaman rumah.

Selain membiarkan guinea pig Anda bermain di luar kandang, sesekali Anda juga harus mencoba membawa guinea pig kesayangan Anda ke taman terdekat untuk dilepaskan. Hal ini juga berguna untuk kesehatan guinea pig Anda. Selain bermain-main, guinea pig juga akan memakan rumput taman gratis sepuasnya. Hal ini bisa jadi alternatif jika pakan di rumah Anda sudah habis dan belum sempat membeli pakan baru. Anda bisa membawa mereka ke taman untuk diberikan rumput liar gratis.

Guinea Pig di Indonesia

Harga guinea pig di Indonesia tergantung kualitas dan jenisnya. Jenis yang berambut panjang seperti peruvian bisa dihargai mulai Rp400 ribuan Adapun harga jenis pendek seperti American antara Rp200.000 - Rp350.000. Dengan yang mudah dan murah, membiakkan guinea pig bisa menjadi pilihan yang mengasyikkan sekaligus menguntungkan.

Baca juga  Harga Kuas Cat Air (Semua Tipe dan Merek)
loading...
author
Mengetahui harga-harga, dan mengikuti dinamikanya adalah proses mengasah kecerdasan finansial. Be Smart!

Leave a reply "Harga dan Cara Memelihara Guinea Pig"