Info Harga Daging Batang Pinang di Pasaran

No comment30 views

Daging sapi banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia dan juga negara tetangga seperti Malaysia. Jika di Tanah Air disebut dengan istilah daging sapi, maka masyarakat Negeri Jiran lebih umum menyebutnya dengan istilah daging lembu. Seperti yang kita tahu, secara umum daging sapi terbagi menjadi bagian sirloin (daging has luar) dan tenderloin (daging has dalam) dengan harga sekilo yang berbeda. Di Malaysia, daging has dalam kerap disebut daging batang pinang.

Daging sapi merupakan salah satu bahan yang cukup populer di kalangan masyarakat. Hal ini dikarenakan daging sapi dapat diolah menjadi berbagai jenis makanan yang terkenal akan kelezatannya. Daging sapimengandung hingga 75% air, dengankeseimbangan terdiri dari 20% protein, sekitar 2% lemak, dan sekitar 3% komponen kecil misalnya mineral, senyawa fosfat, dan vitamin.

Ilustrasi: Seseorang Berbelanja Daging Sapi (credit: supermarketnews)

Ilustrasi: Seseorang Berbelanja Daging Sapi (credit: supermarketnews)

Daging sapi terdiri dari beberapabagian, diantaranya adalah daging sapi hasdalam (Tenderloin) dan has luar (Sirloin).Letaknya yang berdekatan namun harganyacukup berbeda, membuat masyarakatmengira dalam daging tersebut memilikikandungan gizi yang berbeda, salah satunyaadalah protein dan lemaknya.

Baca juga  Info Terbaru Harga Stamper Kuda (Berbagai Merk)

Harga daging sapi bagian tenderloin tergolong mahal karena dagingnya yang empuk. Tenderloin biasa dimasak untuk grill, , atau sukiyaki, sedangkan harga bagian daging sirloin tergolong lebih murah dari tenderloin karena banyak mempunyai otot-otot yang cukup keras di mana sering dipakai bekerja oleh sapi tersebut. Sirloin ini biasa dimasak rendang, bistik.[1]

Tenderloin merupakan daging yang paling empuk dari seluruh bagian daging. Komposisinya 1,6% dari berat karkas. Tenderloin terletak pada bagian dalam tulang punggung belakang. Seperti halnya sirloin, tenderloin berada di posisi yang sangat jarang digerakkan sehingga memberikan keempukan yang tinggi. Karena keempukannya yang tinggi, tenderloin hanya boleh dimasak dalam waktu cepat (short time cooking). Metode masak yang lama (long time cooking) akan menyebabkan tenderloin hancur. Tenderloin secara eksklusif digunakan untuk steak atau dioseng cepat.[2]

Harga Daging Batang Pinang

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, daging batang pinang adalah istilah di Malaysia untuk menyebut daging sapi has dalam atau lulur dalam alias tenderloin. Di Malaysia sana harga daging batang pinang segar atau fresh seberat 1 kg () dipatok RM57,50 atau sekitar Rp197 ribuan apabila dirupiahkan. Sedangkan untuk daging batang pinang frozen (beku) per 1 kilo harganya lebih murah, yakni dibanderol RM26 saja atau sekitar Rp90 ribuan. Nah, sebagai gambaran, berikut informasi harga daging sapi tenderloin di Indonesia saat ini.

Ilustrasi: Memotong Daging Batang Pinang (credit: Seriouseats)

Ilustrasi: Memotong Daging Batang Pinang (credit: Seriouseats)

Harga Daging Sapi Tenderloin

Jenis Daging SapiHarga (Rp)
Tenderloin wagyumeltique style beef steak AUS 200 gr42.000
Daging sapi australia tenderloin premium grade 200 gr60.000
Daging sapi has dalam / tenderloin 500 gram69.000 – 75.000
Daging sapi tenderloin lokal 1 kg115.000 – 140.560
Daging sapi beku tenderloin (has dalam) 1kg149.000
Baca juga  Update Harga Besi WF (Wide Flange) Baru dan Bekas

Informasi harga daging batang pinang atau daging sapi tenderloin (has dalam) di atas dirangkum dari berbagai sumber. Perlu Anda ingat bahwa harga daging batang pinang dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Selain itu, harga daging batang pinang di setiap tempat bisa saja berbeda-beda, tergantung dari promo atau penawaran pihak penjual.

Apabila Anda sedang mencari daging batang pinang atau daging sapi tenderloin segar maupun beku, Anda dapat membelinya di pasar-pasar tradisional terdekat, hingga disupermarket seperti Superindo, Transmart Carrefour, Hypermart, dan masih banyak lagi.

Saat hendak mengolah daging sapi tenderloin, pastikan daging sapi sudah berada pada suhu ruang dan tekstur daging cukup lunak untuk dimasak (jika sebelumnya dibekukan). Nah, jika ingin memasak daging tenderloin menjadi steak, pastikan Anda telah mengetahui tingkat kematangan yang sesuai selera Anda, apakah rare, medium rare, medium, medium well, atau bahkan well done.

Baca juga  Harga Kunci Momen Tekiro Terbaru (Semua Tipe dan Ukuran)

[1]Supriyatin, Hery P. 2020. Kajian Kualitas Kimia Daging Sapi Tenderloin Dan Sirloin Di RPH Tradisional Di Kabupaten Cirebon. Jurnal Health Sains. 1(3): 1-9.

[2] Bahar, B. 2003. Panduan Praktis Memilih Produk Daging Sapi. Winarno, editor. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, hlm 25.

author
Pengamat produk dan harga komoditas. Saat ini tinggal di Kota Malang.

Leave a reply "Info Harga Daging Batang Pinang di Pasaran"