Harga Daging Batang Pinang (Fresh & Frozen)

No comment148 views

Apakah Anda pernah mendengar istilah batang pinang? Jika belum, bagaimana dengan sirloin? Yup, daging batang pinang adalah istilah khusus warga Malaysia untuk menyebut sirloin, walau ada juga yang mengatakan ini adalah tenderloin. Biasanya digunakan untuk masakan seperti kari, rendang, hingga gulai, harga daging batang pinang sekarang berada di angka ratusan ribu rupiah per kg.

Ilustrasi: Bagian Daging Sirloin (credit: Recipes)

Ilustrasi: Bagian Daging Sirloin (credit: Recipes)

Seperti diketahui, selain ayam dan kambing, daging sapi merupakan salah satu bahan yang cukup . Pasalnya, daging sapi dapat diolah menjadi berbagai jenis makanan. Selain itu, daging sapi juga mengandung banyak nutrisi, antara lain mengandung hingga 75 persen air, 20 persen protein, 2 persen lemak, serta sekitar 3 persen mineral, senyawa fosfat, dan vitamin.[1]

Walaupun mungkin bentuknya sekilas sama, ternyata daging sapi ini terdiri dari beberapa bagian, di antaranya daging sapi has luar atau sirloin dan has dalam atau tenderloin. Sirloin adalah bagian daging sapi yang berasal dari bagian bawah daging iga, terus sampai ke bagian sisi luar has dalam. Sementara itu, tenderloin adalah daging sapi dari bagian tengah badan, terdiri dari bagian-bagian otot utama di sekitar bagian tulang belakang, dan kurang lebih di antara bahu dan tulang panggul.

Baca juga  Info Terkini Harga Tisu Basah Softies Antibacterial

Apa Itu Daging Batang Pinang?

Lalu, bagaimana dengan daging batang pinang? Menurut penelusuran dari sejumlah sumber, daging batang pinang adalah istilah warga Malaysia untuk menyebut bagian sirloin. Daging ini merupakan daging yang paling murah dari semua jenis daging batang pinang, karena otot lembu pada bagian ini masih keras dibanding bagian batang pinang dalam yang lain sebab otot-otot di sekitar daging ini paling banyak digunakan untuk bekerja.

Biasanya, daging batang pinang ini digunakan untuk membuat steak. Namun, di negara Asia Tenggara seperti Malaysia, Thailand, Brunei Darussalam, dan , daging batang pinang juga sering digunakan sebagai bahan masakan kari, rendang, gulai atau kurma. Bahkan, tidak sedikit yang memakainya untuk membuat sate.

Ilustrasi: Mengolah Daging Batang Pinang atau Sirloin (credit: Omak)

Ilustrasi: Mengolah Daging Batang Pinang atau Sirloin (credit: Omak)

Cara Memilih Daging Batang Pinang

Secara umum, membuat hidangan berjenis daging memang gampang-gampang susah. Karena itu, Anda sebaiknya tidak asal dalam mengolah daging. Beberapa faktor yang perlu Anda perhatikan adalah pemilihan bagian daging, cara mengiris daging, cara memberi bumbu pada daging, hingga teknik menghidangkan daging.

Baca juga  Update Harga Isolasi Bakar/Heat Shrink (Ecer, Meter, Roll)

Untuk memilih daging sapi yang baik, jika berasal dari sapi dewasa, maka warna dagingnya adalah merah terang.[2] Ini berbeda untuk daging sapi muda, dengan warna daging yang baik adalah kecokelatan merah mudah. Selain itu, tekstur daging juga perlu diperhatikan. Secara umum, tekstur daging impor cenderung lebih empuk dari daging lokal, terutama karena sapi-sapinya memang ‘sangat dimanjakan’, sedangkan sapi lokal digunakan untuk bekerja sehingga lebih keras.[3]

Hal lain yang juga patut menjadi perhatian adalah cara mengiris daging. Untuk mendapatkan daging batang pinang yang empuk, Anda bisa mengiris daging dengan cara melawan alur urat daging. Secara umum, serat panjang penanda jalur urat sangat mudah dikenali. Selanjutnya, Anda tinggal potong saja melawan jalur uratnya. Namun, yang perlu diingat adalah jangan sampai dipotong melintang.

Sebelum memotong daging, pisahkan dulu daging dari lemak yang ada pada daging. Kemudian, selaput kasar yang menempel pada daging harus dibuang. Setelah itu, potong vertikal berlawanan arah serat. Jika Anda menyayat daging berlawanan dengan arah serat, maka ketika disantap, daging akan terasa lembut karena serat dalam daging akan gampang terurai.

Nah, apabila Anda saat ini ingin berburu daging batang pinang, entah itu untuk membuat gulai, kari, atau hidangan yang lain, tidak sulit mendapatkan bahan tersebut. Pasalnya, Anda sudah bisa membelinya di sejumlah supermarket atau lewat beberapa lapak jual beli online. Sebagai referensi, berikut kisaran harga daging batang pinang di pasaran.

Baca juga  Info Terbaru Harga Domba Merino Super di Pasaran

Harga Daging Batang Pinang

Daging Batang PinangHarga
Daging Batang Pinang 500 grRM 14,50 – RM 26
Daging Batang Pinang 1 kg FreshRM 35 – RM 65
Daging Batang Pinang 1 kg FrozenRM 30,90

Harga daging batang pinang di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk sejumlah toko jual beli online. Ketika artikel ini diterbitkan, kurs 1 RM setara dengan Rp3.400. Jadi, 1 kg daging batang pinang yang masih segar bisa ditebus dengan harga mulai Rp119 ribuan. Namun, perlu Anda catat bahwa harga daging batang pinang tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu.

[1] Supriyatin dan Hery Prambudi. 2020. Kajian Kualitas Kimia Daging Sapi Tenderloin dan Sirloin di RPH Tradisional di Kabupaten Cirebon. Jurnal Health Sains, Vol. 1(3): 169-177.

[2] Gunawan, Lia. 2013. Analisa Perbandingan Kualitas Fisik Daging Sapi Impor dan Daging Sapi Lokal. Jurnal Hospitality dan Manajemen Jasa, Vol. 1(1).

[3] Ibid.

author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Harga Daging Batang Pinang (Fresh & Frozen)"