Info Terbaru Harga Cup Plastik Makanan di Pasaran

Usaha kuliner memang tidak ada matinya. Inovasi dan kreasi dari makanan dan minuman yang dijual di saat ini semakin banyak. Hal ini tentu membahagiakan bagi Anda yang suka ‘ngemil’ atau ‘jajan’. Nah, untuk alasan kepraktisan, banyak dari pengusaha kuliner yang menggunakan cup makanan plastik untuk menjual produknya. Selain dinilai praktis, cup makanan plastik juga mudah didapatkan dengan yang tergolong murah.

Ilustrasi: Mexican Fruit Salad Cups (credit: thewandertheory)

Ilustrasi: Mexican Fruit Salad Cups (credit: thewandertheory)

Keunggulan Cup Makanan Plastik

Dalam persaingan bisnis kuliner yang semakin ketat, branding menjadi hal yang harus dilakukan setiap pelaku usaha. Salah satu cara memperkuat branding adalah dengan menciptakan desain packaging makanan yang unik sehingga mampu menarik calon konsumen. Nah, keuntungan memilih cup makanan plastik adalah pengusaha dapat menghiasnya dengan stiker dengan gambar dan logo yang unik. Dengan demikian, akan membuat konsumen semakin tertarik untuk membelinya. 

pada sektor industri memang menempati posisi paling penting dalam prosedur pendistribusian dan pemasaran hasil produksi. Hal senada yang terjadi pada industri makanan, pada suatu produk juga menjadi salah satu alasan utama yang memperlancar prosedur distribusi, serta memberi kenyamanan terhadap para pelanggan.

Packaging atau kemasan pada sebuah produk tentu sangat memengaruhi keberhasilan produk tersebut untuk dapat mendobrak pasar yang lebih luas. Namun, pada umumnya, tidak semudah itu untuk menciptakan kemasan dan produk yang mampu diterima oleh pasar. Berdasarkan fakta di lapangan, hal seperti inilah yang seringkali dihadapi oleh para pengusaha, misalnya seperti usaha kecil dan menengah (UKM).

Nah, dalam menempuh persaingan pasar yang ada, para pemain bisnis makanan tentu harus menciptakan inovasi dan kreativitas yang baru untuk menampilkan produk makanan mereka secara berbeda dari produk yang lainnya. Sebuah produk yang dikemas dengan packaging yang unik dan praktis, sudah terbukti mampu menarik perhatian para pelanggan. Dengan sedikit sentuhan inovasi dan kemampuan untuk membaca pasar, sudah tidak sedikit pemain di bisnis ini yang mampu mendapatkan omzet yang luar biasa.

Hal ini dikarenakan, sebuah kemasan tidak cuma memiliki fungsi sebagai kemasan atau wadah makanan. Namun, packaging juga bisa memberikan nilai tambah dari segi higienitas dan menjadi salah satu alasan untuk menarik minat pelanggan untuk mencobanya.

 

Cup plastik kemasan makanan (sumber: Alibaba)

Cup plastik kemasan makanan (sumber: Alibaba)

Selain bisa melindungi barang yang dikemas, kemasan cup plastik juga wajib unik dan menarik dalam hal warna, gambar, tulisan, serta bahan yang digunakan. Banyak produsen makanan dan minuman yang sudah memperhatikan pentingnya kemasan pada dagang yang mereka pasarkan. Sebab, menarik atau tidaknya suatu produk, sudah bisa ditentukan dari kemasannya.

Karena itu, desain kemasan makanan harusnya bersifat inovatif dan kreatif, serta mempermudah para konsumen, baik itu ketika membawanya maupun ketika mau mengonsumsinya. Karena, pada saat ini, para pelanggan lebih mengutamakan nilai kepraktisan atau tidaknya produk tersebut.

Selain itu, dari sekian banyak aspek yang ada, ada beberapa unsur pokok juga yang bisa membantu mendongkrak harga jual sebuah produk, yakni warna kemasan. Memilih warna packaging yang cerah dan menarik tentu menjadi faktor lain yang perlu diperhatikan. Penggunaan warna yang unik pada packaging produk pastinya akan membuat kemasan tersebut terlihat lebih dominan.

Hasil dari bagaimana pewarnaan yang tepat, pastinya akan sebanding dengan hasil akhir dari warna packaging tersebut. Nah, hal ini pula yang akan lebih memberi kesan elegan dan berkualitas tinggi pada packaging produk yang akan dipasarkan nantinya.

Hal lain yang juga tidak kalah penting adalah konsumen diberikan sedikit informasi yang padat dan jelas tentang produk yang ada di dalamnya. Contohnya seperti informasi tentang , tanggal kedaluwarsa, keterangan detail tentang produk tersebut, serta tempat di mana diproduksinya. Selain bisa mempermudah pemasar untuk memperbesar rantai distribusi, informasi tersebut tentu akan sangat berguna untuk para pengguna tentang bagaimana petunjuk pemakaian dan manfaat produknya.

Ilustrasi: Makanan di Cup Plastik (credit: tripzilla)

Ilustrasi: Makanan di Cup Plastik (credit: tripzilla)

Penting juga bagi pemain bisnis makanan ringan untuk mencantumkan data legalitas dari lembaga pemerintah yang berwenang. Misal, untuk bisnis makanan, maka badan yang terkait di antaranya adalah Dinas Kesehatan atau Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), serta sertifikat halal dari MUI.

Dengan suatu packaging yang kreatif, unik, dan menarik, pastinya akan dapat memperbesar omzet yang ada. Kemasan atau packaging juga dapat menjadi salah satu sarana untuk mengenalkan produk yang bisa menaikkan harga jual. Dari kemasan itu juga, para konsumen dapat memperoleh informasi secara lengkap mengenai komposisi dan dari produk tersebut.

Namun, hal yang disayangkan adalah tidak sedikit para pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) yang belum menyadari pentingnya packaging akan produk yang mereka pasarkan. Mayoritas dari mereka masih membungkus merk dagangnya hanya menggunakan plastik biasa saja, tanpa menambah desain unik yang bisa meningkatkan harga jual dan minat konsumen. 

Harga Cup Makanan Plastik

Jika Anda berbisnis kuliner, tidak sulit menemukan cup plastik sebagai wadah makanan atau minuman yang Anda jual. Cup makanan plastik ini dijual di pasaran dengan harga yang bervariasi, tergantung . Untuk cup plastik 450 ml misalnya, dijual dengan harga Rp1.700 per biji. Sementara, untuk kotak plastik merk Thinwall besar 750 ml, sekarang dijual Rp27 ribuan (isi 25 pcs). Sebagai perbandingan, pada 2019 lalu, harga cup makanan plastik berkisar Rp1.000 per buah. 

Anda bisa membeli cup makanan plastik sesuai dengan kebutuhan dan jenis makanan yang akan Anda buat. Semakin banyak Anda membelinya, biasanya harga yang diberikan penjual semakin murah. 

[Update: Almasshabur]

Baca juga  Daftar Harga Alat Pembersih Kaca (Berbagai Merk dan Model)
author
Mengetahui harga-harga, dan mengikuti dinamikanya adalah proses mengasah kecerdasan finansial. Be Smart!

Leave a reply "Info Terbaru Harga Cup Plastik Makanan di Pasaran"