Info Terbaru Harga Tape Bondowoso (Semua Merk dan Kemasan)

Bagi Anda pencinta jajanan manis, pasti sudah cukup familiar dengan tape. Sementara ada banyak tape singkong yang dijual di pasaran, konon tape asli Bondowoso memiliki rasa yang lebih dan legit. Tape Bondowoso sendiri saat ini sudah dijual dalam berbagai merk dagang dengan harga terjangkau dan sudah dapat Anda beli di banyak toko oleh-oleh atau lewat situs e-commerce.

Tape bondowoso (sumber: idntimes)
Tape bondowoso (sumber: idntimes)

Keunggulan Tape Bondowoso

Tape merupakan produk unggulan khas Bondowoso dan hampir sebagian besar masyarakat daerah tersebut memiliki usaha rumahan yang memproduksi tape singkong. Terkenalnya tape khas Bondowoso akhirnya membuat kota tersebut dijuluki Kota Tape. Berkat kondisi geografis dan keahlian para perajin tape di Bondowoso, para pengusaha tape bisa menemukan orisinalitas produk tape yang cocok untuk semua kalangan.[1]

Bacaan Lainnya

Tape khas Bondowoso terbuat dari singkong yang ditanam di wilayah tersebut. Singkong yang dibudidayakan di Kota Tape tentu berbeda dengan singkong yang ada di daerah lain. Singkong Bondowoso memiliki umbi yang lebih padat dengan kandungan amilum dan glukosa tinggi dan berukuran sedang. Dengan kandungan tersebut, singkong yang diubah menjadi tape akan menghasilkan tape yang cenderung dan tidak terlalu basah.

Baca juga  Info Terkini Harga Makaroni Mentah (Berbagai Merk)

Selain populer sebagai jajan atau oleh-oleh khas Bondowoso, tape sudah dikenal masyarakat secara turun-temurun dari dulu. Bisa dibilang, tape adalah salah satu jenis makanan tradisional yang eksis hingga kini. Untuk membuat tape Bondowoso tentunya tidak sulit, dan ini menjadi alasan mengapa tape masih populer hingga saat ini.

Dalam membuat tape Bondowoso, Anda hanya memerlukan dua bahan, yaitu singkong Bondowoso dan ragi tape. Agar tape menjadi lebih dan legit, Anda harus mengukus singkong hingga matang. Angin-anginkan singkong yang sudah matang hingga airnya hilang dan agak kering. Setelah itu, masukkan singkong ke wadah tertutup berupa besek yang dilapisi daun pisang hijau. Taburi singkong dengan ragi tape dan diamkan selama 3 hingga 5 hari dalam kondisi tertutup di suhu ruang. Tape Bondowoso yang sudah jadi bisa segera disantap.

Resep Es Tape Bondowoso

Untuk menikmati lembut dan manisnya tape Bondowoso, tidak harus dimakan secara langsung. Karena, tape Bondowoso cenderung legit dan tidak terlalu asam, Anda bisa menjadikannya sebagai bahan es tape. Cara membuat es tape tidaklah sulit, karena Anda cuma memerlukan 75 gr tape Bondowoso, 50 ml santan cair, kental manis, dan sirup. Karena tape Bondowoso sudah manis, Anda tidak perlu menambahkan gula sebagai pemanis tambahan. Panaskan santan hingga mendidih dan jangan terlalu lama. Usahakan Anda tidak terlalu lama memasak santan, karena santan bisa pecah.

Baca juga  Update Harga NUTRIVE Benecol di Indomaret dan Alfamart

Santan yang sudah matang, didiamkan hingga dingin dan masukkan ke dalam freezer hingga beku. Santan yang beku bisa diserut atau diblender hingga teksturnya seperti es serut yang lembut dan tidak terlalu berair. Siapkan gelas saji dan masukkan tape ke dalam gelas. Tumpuk tape dengan es serut santan hingga padat dan tambahkan kental serta sirup sebagai topping. Es tape siap dihidangkan dan akan lebih cocok jika disantap saat hari sedang panas.

Bagi Anda yang ingin mencoba membuat es tape seperti di atas, pastikan Anda sudah membeli tape khas Bondowoso. Untung saja Anda tidak perlu pergi jauh-jauh ke Bondowoso untuk mendapatkan tape tersebut. Pasalnya, Anda sudah bisa menemukan penjual tape khas Bondowoso, bahkan Anda bisa membelinya secara online. Namun sebelumnya, pastikan Anda mengetahui harga tape Bondowoso.

Tape bondowoso (facebook: Tape Bondowoso)
Tape bondowoso (facebook: Tape Bondowoso)

Harga Tape Bondowoso

Merk/Varian Tape Harga
Tape GM Bondowoso Besek Kecil 350 gr Rp4.000
Tape GM Bondowoso Besek Besar 900 gr Rp7.500
Tape 77 Asli Bondowoso 1 kg Rp15.000
Tape Bondowoso P2 1 kg Rp17.000
Tape 92 Harum Bondowoso 1 kg Rp20.000
Tape 96 Bondowoso 1 kg Rp20.000
Tape GHL Crispy Bondowoso 100 gr Rp23.000
Tape Tanpa Serat Pherdhana Asli Bondowoso 620 gr Rp25.000
Tape 31 Raja Tape Bondowoso 1 kg Rp25.000
Tape 82 Handayani Asli Bondowoso 1 kg Rp30.000
Tape Manis 61 Bondowoso 1 kg Rp30.000
Tape Yummies Sari Manis Bondowoso 1 kg Rp35.000
Baca juga  Keunggulan dan Update Harga Tepung Bumbu Sajiku (Semua Varian)

Harga tape Bondowoso di atas telah kami rangkum dari berbagai macam sumber, termasuk situs e-commerce. Jika dibandingkan tahun sebelumnya, harganya ada yang naik dan ada yang turun. Tape Manis 77 1 kg misalnya, awalnya dijual Rp17 ribu dan kini turun menjadi Rp15 ribu. Sementara itu, Tape 31 Raja Tape Bondowoso 1 kg yang semula ditawarkan Rp20 ribu, sekarang menjadi Rp25 ribuan.

[Update: Panca]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.