Harga Crayon Titi (Semua Kemasan)

No comment211 views

Selain pensil warna dan cat air, salah satu yang bisa dipakai untuk melukis atau menggambar adalah crayon. Di sendiri, sudah tersedia banyak merk crayon dengan bervariasi, biasanya mulai belasan ribu rupiah. Nah, salah satu brand yang bisa Anda pilih untuk kebutuhan pelajaran mewarna putra-putri Anda adalah Titi, dengan komposisi 12 warna, 18 warna, 24 warna, hingga 48 warna dan 55 warna per set.

Titi 12 Premium Crayons (credit: chapter2)

Titi 12 Premium Crayons (credit: chapter2)

Manfaat Menggambar

Menggambar telah menjadi salah satu pelajaran wajib yang ada di sekolah, mulai tingkat PAUD, TK, SD, hingga SMP. Bahkan, sampai jenjang pendidikan yang lebih tinggi, keterampilan ini tidak jarang masih terus dilatih, terutama oleh mereka yang memiliki minat dalam dunia desain dan grafis. Tidak sedikit pula orang dewasa yang menjadikan keterampilan menggambar mereka sebagai mata pencaharian.

Di tingkat anak-anak, menggambar menjadi salah satu pelajaran yang wajib. Pasalnya, aktivitas ini, selain menyenangkan, juga berperan penting dalam proses tumbuh kembang mereka. Seperti diketahui, usia 4 hingga 6 tahun merupakan usia peka bagi mereka, terjadinya pematangan fungsi-fungsi fisik dan psikis yang siap merespons stimulasi yang diberikan oleh lingkungan.[1] Nah, anak-anak menjadi sesuatu yang penting karena melalui media tersebut, dapat dikaji hal-hal yang berkaitan dengan pengalaman, fantasi, imajinasi, tingkat kecerdasan, kebebasan berekspresi, kreativitas, serta aspek kejiwaan lainnya.[2]

Dikutip dari Hello Sehat, menggambar dapat mengembangkan keterampilan motorik halus si kecil, yaitu menggunakan tangan dan jari untuk membuat suatu bentuk serta belajar memegang alat gambar dengan benar. Orang tua dapat mengenalkan berbagai alat gambar yang berbeda untuk meningkatkan keterampilan menggambar anak, seperti pensil, krayon, warna, atau cat air.

Masih menurut referensi yang sama, menggambar dan mewarnai dikatakan dapat meningkatkan kreativitas anak dalam mewujudkan berbagai imajinasi yang ada di otaknya pada sebuah kertas. Selain itu, anak juga belajar untuk membentuk garis, mengenal pola, dan juga memilih warna. Saat ia menggambar dengan teknik meniru, ada koordinasi antara mata, otak, dan tangan yang ia asah.

Ilustrasi: Manfaat Menggambar Untuk Anak (credit: parentcircle)

Ilustrasi: Manfaat Menggambar Untuk Anak (credit: parentcircle)

Manfaat lain menggambar untuk anak adalah bisa merangsang perkembangan emosional dan sosial mereka. Anak akan menjadi lebih percaya diri menunjukkan hasil gambarnya pada orang lain, belajar mengekspresikan apa yang ia pikirkan dan rasakan, melatih konsentrasi, dan meningkatkan interaksi anak dengan teman sebayanya.

Baca juga  Harga Kili Kili Pancing (Berbagai Merk dan Size)

Sementara itu, untuk orang dewasa, menggambar bisa dipakai untuk memperbaiki mood yang buruk. Saat Anda menggambar, perhatian dan konsentrasi Anda akan teralihkan sementara pada bentuk yang Anda gambar. Saat itulah, otak Anda akan menyingkirkan perasaan sedih, kesal, atau emosi negatif lainnya. Bahkan, menggambar dan mewarnai bisa digunakan sebagai salah satu kegiatan untuk art therapy atau terapi seni guna mengobati berbagai gangguan jiwa dan tekanan psikologis.

Fungsi Crayon

Untuk menggambar, sudah banyak alat dan media yang dapat Anda gunakan, salah satunya crayon. Ini adalah gambar yang dibuat dari lilin berwarna, air, dan talk atau kapur. Crayon memang banyak digunakan oleh anak-anak untuk menggambar. Meski demikian, ada juga sejumlah seniman yang menggunakan ini.

Sekilas, crayon memiliki bentuk yang sama dengan oil pastel. Bahkan, tidak sedikit yang mengira bahwa crayon dan oil pastel adalah dua jenis cat yang sama. Namun, ada perbedaan di antara keduanya, salah satunya baku yang digunakan. Jika crayon terbuat dari lilin, maka oil pastel selain terbuat dari lilin, juga ada campuran minyak.

Perbedaan lainnya dapat dilihat dari tekstur benda. Crayon mempunyai tekstur yang cenderung keras, sehingga apabila dipakai untuk mewarnai, akan sulit menghasilkan gambar yang halus dan meninggalkan bagian-bagian kecil yang tidak terkena cat. Sebaliknya, oil pastel memiliki tekstur yang lembut dan berminyak. Hasil gambar yang dihasilkan pun lebih baik, lebih halus, dan mudah menempel pada bidang kertas yang digunakan.

Baca juga  Info Harga Hamster Campbell di Pasaran

Dari sisi warna, crayon menghasilkan warna yang lebih lembut, sedangkan warna yang dibuat oil pastel lebih terang dan cerah. Jadi, jika Anda ingin mewarna dengan variasi gradasi warna, disarankan untuk menggunakan cat oil pastel yang lebih mudah dicampur daripada dengan crayon, sehingga hasil gambar yang diperoleh akan tampak lebih hidup. Selain itu, oil pastel dapat diaplikasikan ke banyak media, seperti kertas, kayu, bata, logam, serta kanvas. Sementara, penggunaan crayon terbatas pada kertas.

Ilustrasi: Crayon Berbagai Warna (credit: acaciaridgefc)

Ilustrasi: Crayon Berbagai Warna (credit: acaciaridgefc)

Dengan spesifikasi demikian, crayon memang jenis pewarna yang paling mudah digunakan oleh anak-anak. Karena itu, tidak mengherankan jika kemudian krayon adalah alat pelengkap untuk menggambar yang digunakan di banyak sekolah di seluruh dunia. Crayon cukup populer karena mudah digunakan, tidak kotor (seperti halnya cat), tumpul alias aman, tidak beracun, tersedia dalam berbagai variasi warna, serta mudah dijumpai di banyak toko.[3]

Dalam perkembangannya, crayon ternyata tidak cuma bisa dipakai untuk mewarnai di atas kertas. Alat ini juga dapat diaplikasikan pada fabric, seperti pada t-shirt, topi, sepatu, tas, selimut, kerudung, dan lain sebagainya.[4] Pewarnaan kain dengan crayon dilakukan untuk membuatnya terlihat lebih menarik dan menambah nilai estetika sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi para konsumen.

Review Crayon Titi

Jika Anda berburu crayon, terutama untuk keperluan anak Anda, saat ini sudah banyak merk yang dapat dipilih. Nah, salah satu yang sering direkomendasikan adalah crayon dari Titi. Ini adalah brand yang dikatakan sudah cukup populer lantaran memiliki banyak kelebihan, seperti menghasilkan warna yang kuat dan cerah serta aman digunakan balita atau anak-anak karena terbuat dari bahan-bahan yang tidak beracun.

Selain model konvensional, sekarang juga sudah tersedia Titi Crayon Putar dengan desain atau tampilan yang lebih unik dan menarik. Berbeda dengan crayon kebanyakan, jika ingin menggunakan alat ini, Anda bisa memutar batang hingga crayon muncul, mirip saat akan memakai lipstik. Dengan model seperti itu, crayon akan menjadi lebih awet dan tidak mudah patah.

Baca juga  Info Lengkap Ciri Fisik dan Harga Hamster Roborovski di Pasaran

Tidak sulit mendapatkan crayon Titi karena ini sudah dijual bebas di pasaran. Anda bisa membelinya di swalayan modern, minimarket, toko ATK, bahkan toko kelontong dekat rumah. Jika kesulitan dan ingin lebih praktis, Anda pun bisa berburu di berbagai situs online. Sebagai referensi, berikut kisaran harga crayon Titi.

Titi 12 color beeswax crayon safe (credit: yoycart)

Titi 12 color beeswax crayon safe (credit: yoycart)

Harga Crayon Titi

Varian Crayon TitiHarga
Crayon Titi 12 WarnaRp11.880 – Rp20.000
Crayon Titi 12 Warna PutarRp21.000 – Rp30.000
Crayon Titi 18 WarnaRp25.000 – Rp30.000
Crayon Titi 24 WarnaRp27.000 – Rp35.000
Crayon Titi 36 WarnaRp42.500 – Rp55.000
Crayon Titi 24 Warna PutarRp49.000 – Rp57.000
Crayon Titi 48 WarnaRp55.000 – Rp70.000
Crayon Titi 55 WarnaRp66.000 – Rp85.000

Harga crayon Titi di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk toko stationery dan sejumlah situs jual beli online. Harga crayon keluaran Titi tersebut tidak mengikat, bisa berubah sewaktu-waktu dan dapat berbeda-beda di masing-masing tempat. Untuk informasi lebih detail, Anda bisa langsung berkunjung ke toko stationery terdekat di kota Anda.

[1] Wijaya, Yohanes Kresna dan Muhajir. 2015. Meningkatkan Kreativitas Anak dalam Menggambar dengan Menggunakan Media Slide Show Berbasis Powerpoint di TK Permata Surabaya. Jurnal Pendidikan Seni Rupa UNESA, Vol. 3(2): 227-234.

[2] Lowenfeld, V. dan W. Lambert Brittain. 1982. Creative and Mental Growth. New York: MacMillan.

[3] William, Listia Natadjaja, Erandaru. 2015. Perancangan Integrated Communication (IMC) Crayon Meme di Surabaya. Jurnal DKV Adiwarna Universitas Kristen Petra, Vol. 1(6).

[4] Afifah, Nur dan Yulistiana. 2016. Perbedaan Hasil Pewarnaan Fabric Crayon pada T-Shirt Berbahan Cotton Combed, Tetoron Cotton dan Polyester Campuran. e-Journal Tata Busana UNESA Edisi Yudisium, Vol. 5(1): 37-44.

author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Harga Crayon Titi (Semua Kemasan)"