Update Harga Coklat Bubuk Tulip (Semua Varian Kemasan)

Sebagai produk pangan derivat dari kakao, coklat diperkaya senyawa fenolik, kafein, dan alkaloid yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh serta menangkal radikal bebas penyebab kanker.[1] Selain dipasarkan dalam bentuk batangan dan selai, ada juga coklat bubuk yang umumnya dijadikan bahan campuran minuman. Nah, salah satu merek coklat bubuk yang terbilang cukup populer adalah Tulip karena dijual dengan harga relatif terjangkau.

Coklat Bubuk (sumber: food52.com)
Coklat Bubuk (sumber: food52.com)

Dilansir dari website resminya, Tulip adalah sebuah brand cokelat yang bernaung di bawah PT Freyabadi Indotama, perusahaan cokelat dengan kapasitas produksi terbesar di Asia. Coklat merk Tulip sudah ada sejak lebih dari 25 tahun dan sudah dipercaya lebih dari 1.000 perusahaan yang membutuhkan cokelat sebagai bahan baku utamanya, terutama yang bergerak di bidang bakery dan pastry, hotel, restoran, dan kafe. Tak jarang, restoran cepat saji juga menggunakan coklat Tulip sebagai bahan baku untuk membuat salah satu produknya.

Bacaan Lainnya

Untuk keperluan industri dan bisnis kuliner, coklat Tulip menyediakan berbagai varian, di antaranya couverture series, compound series, master series, powder chocolate, syrup chocolate, dan coklat khusus untuk topping dan dekorasi kue. Untuk lebih jelas mengenai masing-masing jenis coklat Tulip, Anda bisa melihat rincian berikut.

Baca juga  Perbedaan Tembaga Baru dan Bekas

Varian Coklat Tulip

  • Couverture series, adalah produk coklat yang dikemas dalam plastik dan terdiri dari dua macam, yakni dalam bentuk kon 62 untuk dark chocolate dan blok untuk bittersweet chocolate.
  • Compound series, merupakan varian coklat compound dari Tulip yang berbentuk balok padat dan sedikit keras.
  • Master series, termasuk sebagai coklat blok yang dikemas dengan isi 5 kg dan umumnya dijadikan sebagai bahan untuk filling kue tart.
  • Powder, merupakan coklat bubuk yang memiliki lemak yang sesuai untuk beragam kebutuhan .
  • Syrup, yang dinamakan Sciroppy, adalah sirup rasa cokelat yang creamy dan legit dengan bahan utama dark chocolate dan gula.
  • Topping and decoration. Berbeda dengan produk Tulip lainnya, coklat topping and decoration ini memiliki banyak varian warna dan bentuk seperti chocochips, meses coklat, dan meses warna-warni.

Dari semua produk yang ada, beberapa orang memilih untuk menggunakan coklat powder atau coklat bubuk untuk berbagai keperluan, seperti membuat es krim, kue, dan minuman. Karena, coklat ini memiliki tekstur yang mudah dicampur dengan berbagai macam bahan. Tak hanya itu, produk ini juga tidak terlalu berlemak, sehingga tidak mudah berubah rasa atau warna saat didinginkan.

Baca juga  Perbedaan Tembaga Baru dan Bekas

Kegunaan Coklat Bubuk Tulip

Sebagai bahan untuk es krim, Anda hanya perlu melarutkan coklat bubuk dengan air panas. Setelah itu, campur dengan bahan-bahan es krim, seperti susu cair, susu skim, dan tepung es krim. Beberapa orang juga ada yang menambahkan kocokan putih telur supaya lebih lembut. Setelah itu, adonan bisa dituangkan ke dalam loyang atau cetakan es krim dan bekukan selama kurang lebih empat jam.

Selain sebagai penambah rasa, aroma, dan warna pada es krim, coklat bubuk juga bisa dijadikan topping atau filling. Caranya, Anda hanya perlu mencairkan cokelat dengan kental dan taburkan di atas es krim yang sudah beku. Supaya lebih menarik, taburkan meses atau choco chips dari Tulip.

Sementara itu, sebagai bahan tambahan kue, orang-orang lebih suka mencampurkannya dalam adonan brownies atau cupcake. Caranya juga mudah, Anda hanya perlu menuangkan coklat bubuk tulip ke dalam adonan yang siap dicetak dan dimasak. Supaya lebih tercampur rata, Anda bisa menggunakan whisk atau mixer.

Baca juga  Perbedaan Tembaga Baru dan Bekas

Nah, untuk Anda yang membutuhkan coklat bubuk Tulip, Anda bisa membelinya secara langsung di terdekat atau situs jual beli online. Sebagai referensi, berikut harga coklat bubuk Tulip.

Ilustrasi: Tulip Bordeaux Cocoa Powder (credit: Lazada)
Ilustrasi: Tulip Bordeaux Cocoa Powder (credit: Lazada)

Harga Coklat Bubuk Tulip

Kemasan Coklat Bubuk Tulip Harga
Coklat Bubuk Tulip Bordeaux Pure Cocoa Powder Noir Chocolatier 100 gr Rp22.500
Tulip Cioccolato 1 kg Rp110.000
Tulip Burgundy Cocoa Powder 2,5 kg Rp375.000
Tulip Bordeaux Cocoa Powder 2,5kg Rp414.500
Tulip Noir Cocoa Powder 2,5 kg Rp449.000

Jika dibandingkan dengan tahun 2021, harga cokelat bubuk Tulip tahun 2022 mengalami sedikit kenaikan. Sebagai , coklat bubuk Tulip Bordeaux Pure Cocoa Powder Noir Chocolatier 100 gr yang dibanderol Rp20.888 tahun 2021, sedikit naik menjadi Rp22.500 di tahun 2022.

Harga coklat bubuk Tulip di atas telah kami rangkum dari berbagai macam sumber, termasuk situs jual beli online. Perlu diingat, harga coklat bubuk Tulip tersebut tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu.

[Update: Almas]

[1] Sudibyo, Agus. 2012. Peran Cokelat Sebagai Produk Pangan Derivat Kakao yang Menyehatkan. Jurnal Riset Industri Balai Besar Industri Agro, Vol. 6(1): 23-40.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *