Update Harga Cat Tembok V-Tex (4,5 Kg & 20 Kg)

Merenovasi rumah bisa dilakukan dengan beragam cara, salah satunya mengecat ulang dinding bangunan, baik di dalam maupun di luar ruangan. Di pasaran sendiri, sudah beredar banyak cat yang ditujukan khusus untuk mewarnai dan melapisi tembok, salah satunya merk V-Tex. Diproduksi oleh PT Pabrik Cat Tunggal Djaja Indah, cat ini sekarang dijual dengan harga yang cukup ramah di kantong.

Berbagai varian cat tembok (sumber: diy.com)
Berbagai varian cat tembok (sumber: diy.com)

Pengertian & Jenis Cat

Sebelum berbicara tentang harga cat tembok V-Tex, kita kupas sedikit mengenai cat. Cat sendiri merupakan suatu cairan yang digunakan untuk melapisi permukaan suatu bahan dengan tujuan memperindah (decorative), memperkuat (reinforcing), atau melindungi (protective) bahan tersebut. Setelah digunakan pada permukaan dan mengering, cat akan membentuk lapisan tipis yang melekat kuat dan padat pada permukaan tersebut.

Bacaan Lainnya

Secara umum, bahan baku cat terdiri dari empat bagian. Bagian pertama adalah binder, merupakan komponen pokok yang berfungsi sebagai bahan perekat yang akan merekatkan cat pada media, selain berperan membangun lapisan cat. Kemudian, ada solvent, yaitu bahan pelarut yang berfungsi untuk melarutkan bahan-bahan utama sekaligus mengencerkan cat sebelum diaplikasikan ke media.

Bahan ketiga adalah pigment atau filler, yang merupakan bahan pengisi yang berguna sebagai komponen utama pembentuk lapisan cat serta sebagai bahan pewarna untuk menciptakan tampilan warna lapisan cat. Terakhir, ada additive, yaitu bahan tambahan untuk menjadikan cat mudah diaplikasikan dan hasilnya sesuai dengan keinginan.

Baca juga  Info Terbaru Harga Pompa Air Grundfos 250 Watt (Jet Pump & Semi Jet Pump)

Dikutip dari Wikipedia, cat tersedia dalam beragam jenis. Berdasarkan jenis resin binder yang digunakan, cat dapat dibagi menjadi cat epoxy (menggunakan bahan resin epoxy), cat PU (menggunakan bahan resin Polyurethane), cat melamin (menggunakan bahan resin melamin), cat NC (menggunakan bahan resin nitrocellulose), cat acrylic (menggunakan bahan resin akrilik), cat alkyd (menggunakan bahan resin alkyd), dan lain sebagainya.

Sementara, berdasarkan jenis pelarut yang digunakan, cat dapat dikelompokkan menjadi tiga kategori, yaitu cat minyak, cat thinner, dan cat air. Cat minyak adalah cat yang menggunakan bahan pelarut minyak rantai panjang (oil based paint), cat thinner menggunakan thinner sebagai bahan pelarut utama (solvent based paint), sedangkan cat air memakai air sebagai bahan pelarut utama (water based paint).

Ilustrasi: Cat V-Tex (credit: Tokopedia)
Ilustrasi: Cat V-Tex (credit: Tokopedia)

Sekilas Tentang Cat Tembok

Untuk mengecat tembok atau dinding suatu bangunan, tentunya dibutuhkan cat tembok. Sesuai namanya, cat tembok adalah produk cat yang digunakan khusus untuk tembok atau dinding dan karenanya tidak dapat digunakan untuk mengecat bahan-bahan lainnya. Cat tembok ini memiliki pengaruh yang besar terhadap keindahan rumah. Rumah yang tadinya terlihat suram, akan tampak lebih segar dan ceria jika menggunakan cat dengan warna yang fresh atau pemilihan warna yang tepat.

Layaknya cat-cat lainnya, cat tembok secara umum terdiri dari lima bahan dasar, yaitu binder (resin sebagai perekat), pigmen atau pewarna, solvent atau pelarut, filler atau bahan pengisi, dan additive atau bahan tambahan. Binder merupakan komponen utama dalam suatu cat yang berfungsi melekatkan bahan pada permukaan, sedangkan pigmen berguna memberi karakter khas pada suatu cat (termasuk warna).

Baca juga  Harga Excavator Pindad (Standard, Mini, Amphibious)

Dalam pembuatan cat tembok, pigmen yang digunakan ada beberapa jenis, di antaranya:

  • Titanium Dioxide (TiO2), yaitu pigmen yang paling dominan pada pembuatan cat tembok tipe polished. Pigmen ini sendiri terdiri dari dua golongan besar, yaitu rutile yang terdiri dari tipe chloride dan tipe sulfite, serta anatase (jarang dipakai pada cat tembok).
  • Inorganic Pigment, umumnya berasal dari metal based, sehingga memiliki ketahanan lebih terhadap sinar matahari. Selain itu, ketahanan panas juga cukup tinggi, meski tidak terlalu penting untuk aplikasi cat tembok. Beberapa inorganic pigment berbahan dasar iron-oxide cukup disukai karena harganya yang lebih ekonomis dan berdaya tahan tinggi.
  • Organic Pigment, didominasi oleh unsur karbon. Jenis warna yang dihasilkan oleh pigmen ini umumnya cerah dan memungkinkan adanya variasi warna yang menarik. Kekurangan pigmen ini untuk cat tembok adalah dari sisi light-fastness, atau ukuran yang menyatakan daya tahan pigmen terhadap sinar matahari. Untuk cat tembok dengan pigmen ini, aplikasi harus diperhatikan baik-baik, apakah interior atau eksterior.

Spesifikasi Cat Tembok V-Tex

Seperti dikatakan sebelumnya, cat tembok V-Tex merupakan salah satu varian cat yang diproduksi oleh PT Pabrik Cat Tunggal Djaja Indah (PT TDI). Ini adalah perusahaan cat di Indonesia yang telah berdiri sejak tahun 1963 silam. Semula, perusahaan ini hanya memproduksi cat damar dan thinner, namun kini telah menghasilkan beragam jenis cat, antara lain decorative coating (water and solvent based), automotive coating, industrial coating, dan heavy duty coating.

Baca juga  Update Harga Lem Calbond, Perekat & Penambal Beton

Cat tembok V-Tex sendiri merupakan cat dinding yang diperuntukkan di dalam ruangan atau interior. Selain cat V-Tex, PT TDI juga memproduksi cat tembok interior merk Paragon Premium dan Paragon Premium Gold di segmen kelas atas, Paragon yang diklaim memiliki daya tutup bagus dan daya sebar luas, dan V-Tex Gypsum yang ditujukan untuk aplikasi pada langit-langit berbahan gypsum dan asbes.

Dikatakan ekonomis dan berkualitas, cat tembok V-Tex adalah cat berbasis resin copolymer khusus yang menggabungkan berbagai pigmen, pelentur lembam, dan pigmen tahan cuaca lainnya. Cat ini bisa diaplikasikan dengan sikat, semprotan udara konvensional, atau airless spray. Untuk persiapan bahan, aduk secara menyeluruh cat sampai konstituen seragam sebelum diaplikasikan pada tembok.

Cat Tembok V-Tex - (www.tokopedia.com)
Cat Tembok V-Tex – (www.tokopedia.com)

Harga Cat V-Tex

Kemasan Cat V-Tex Harga
V-Tex 4,5 kg Rp43.500 – Rp75.000
V-Tex 20 kg Rp169.000 – Rp275.000

Harga cat tembok V-Tex di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk sejumlah toko bahan bangunan dan beberapa situs jual beli online. Jika dibandingkan tahun sebelumnya, harganya relatif stabil. Cat V-Tex kemasan 20 kg misalnya, awalnya dijual Rp169 ribu sampai Rp255 ribuan dan sekarang berkisar Rp169 ribu hingga Rp275 ribuan. Tentu saja harga di masing-masing toko bisa berbeda.

(Panca)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *