Manfaat dan Update Harga Castor Oil untuk Kecantikan

Anda dapat menemukan banyak manfaat dari castor oil atau minyak jarak sebagai kosmetik. Kandungan antioksidannya dikatakan mampu berperan multifungsi dan digunakan untuk seluruh tubuh. Saat ini, ada berbagai merk castor oil yang telah beredar di pasaran dengan harga berbeda-beda, tergantung pilihan.

Ilustrasi: minyak esensial
Ilustrasi: minyak esensial

Hampir semua bagian pohon jarak memiliki manfaat bagi manusia, mulai dari batang, daun, bunga, buah, hingga bijinya. Manfaat pohon jarak yang paling utama adalah sebagai penghasil minyak atau bahan bakar, terdapat pada bagian biji yang mengandung getah ricin. Jenis pohon jarak Wulung terbilang banyak dibudidayakan masyarakat karena kandungan getahnya lebih banyak.[1] Sementara itu, manfaat jarak bagi kesehatan umumnya dapat digunakan untuk mengobati luka sariawan, sakit gigi, bakteri pada bayi, radang telinga, hingga sembelit.

Bacaan Lainnya

Selain itu, jarak yang sudah diolah menjadi minyak murni biasanya juga dimanfaatkan sebagai skincare. Produk serbaguna tersebut dapat dipakai sebagai pelembap di kulit wajah, perawatan rambut dan kulit kepala, serta merawat kulit tubuh dari sinar matahari. Sebagian pengguna juga menggunakan castor oil untuk menghilangkan stretch marks.

Baca juga  Info Update Harga Tiket Bioskop Empire XXI Jogja

Sebagai kosmetik, biasanya castor oil juga digunakan untuk mengangkat kotoran dan sisa make-up (bahkan yang waterproof). Anda dapat menggunakannya untuk melapisi kulit dan kulit kepala yang kering atau memanfaatkannya sebagai pelarut masker. Berikut manfaat lainnya castor oil untuk kecantikan.

Manfaat Castor Oil untuk

  • Penebal bulu alis.
  • Pelembap bibir.
  • Masker rambut.
  • Penghilang ketombe.
  • Pencegah keriput.
  • Menyamarkan bekas jerawat.

Castor oil juga bersifat low comedogenicity, artinya apabila sering diaplikasikan ke wajah, tidak berisiko menimbulkan komedo dan jerawat. Bahkan, dengan pemakaian rutin, dapat membantu mengatasi flek hitam. Dengan banyaknya kegunaan tersebut, tak heran jika castor oil dicari berbagai kalangan. Berikut referensi merk castor oil yang dapat Anda beli di pasaran dengan harga relatif terjangkau.

Produk castor oil (sumber: isivunonaturals.com)
Produk castor oil (sumber: isivunonaturals.com)

Harga Castor Oil

Merk Castor Oil Harga
Darjeeling Castor Oil 100 ml Rp20.900
Utama Spice Castor Oil 100 ml Rp21.500
The Organic Stop Natural Pure Castor Oil Rp27.600
House of Organix Castor Oil Pure 30 ml Rp29.000
Flola Castor Oil 100 ml Rp30.000
Happy Green Castor Oil 80 ml Rp39.000
Botani Plus Castor Oil Cold Pressed 100 ml Rp85.000
Ecozest Castor Oil 20 ml Rp139.000
Indoganic Castor Oil 30 ml Rp142.000
Aura Cacia Castor Oil 118 ml Rp146.300
Sunny Isle Extra Dark Castor Oil 125 ml Rp180.000
Baca juga  Update Biaya Transaksi dan Administrasi BRI Simpedes, BritAma, TabunganKu

Harga di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk situs jual beli online. Jika dibandingkan dengan penawaran sebelumnya, harga castor oil di pasaran saat ini terpantau fluktuatif. Misalnya, Utama Spice Castor Oil 100 ml yang semula dijual seharga Rp43 ribu, kini turun menjadi Rp21.500. Sebaliknya, harga Indoganic Castor Oil 30 ml naik dari Rp99 ribu menjadI Rp142 ribu.

Castor oil/minyak jarak (sumber: healthifyme.com)
Castor oil/minyak jarak (sumber: healthifyme.com)

Anda dapat membeli castor oil di pusat perbelanjaan seperti Guardian dan kosmetik terlengkap. Castor oil juga dijual di Indomaret dan Alfamart, tetapi dengan varian yang terbatas. Anda juga dapat memperoleh produk tersebut di apotek terdekat. Jika ingin lebih praktis, tak ada salahnya memesan produk secara online melalui beberapa marketplace seperti Shopee dengan harga bersaing.

Banyaknya merk castor oil di pasaran mungkin membuat Anda bingung memilih produk yang tepat. Untuk itu, sebelum membeli, ada baiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih untuk pemakaian jangka panjang. Anda perlu waspada dengan produk yang dijual murah, sebab tidak menutup kemungkinan merupakan barang palsu atau tiruan. Berikut sejumlah hal yang perlu Anda perhatikan saat membeli produk castor oil.

Tips Aman Membeli Castor Oil

  • Cek nomor BPOM. Castor oil merupakan bagian dari produk skincare yang termasuk kosmetik. Anda perlu memeriksa nomor dan sertifikat BPOM pada kemasan produk sebelum membeli. Hal tersebut tentu akan membuat Anda merasa tenang dan nyaman tanpa khawatir keamanan produk pada kulit.
  • Gunakan 100% natural castor oil. Sebagai bahan alami langsung dari ekstrak biji jarak, ada baiknya Anda memperhatikan dengan seksama kandungan bahan dalam castor oil. Pilihan castor oil yang paling aman untuk semua jenis kulit adalah produk yang komposisinya mengandung 100% natural castor oil atau bahan dari minyak jarak murni.
  • Tidak terkecoh produk murah. Pastikan Anda tidak asal membeli produk castor oil. Apabila Anda memesan secara online, ada baiknya untuk melihat ulasan kualitas produk di internet. Anda dapat membeli produk castor oil dengan kemasan di bawah 100 ml terlebih dulu untuk mengujinya pada kulit. Selain itu, kemasan kecil juga akan lebih praktis dibawa bepergian.
Baca juga  Update Harga KFC Complete Combo dan Paket Besar Lainnya

Pastikan Anda memperhatikan tips di atas, sehingga produk yang Anda beli terjamin keasliannya. Diketahui, minyak jarak palsu tidak memiliki manfaat saat dipakai, selain itu bisa saja produk menimbulkan efek samping seperti reaksi alergi.

[1] Suryana, Dayat. 2018. Manfaat Buah: Manfaat -buahan. Jakarta: Dayat Suryana Independent, hlm. 225.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *