Update Harga Cartridge Printer HP Deskjet D1550 (Hitam dan Warna)

merupakan salah satu penting yang harus ada dalam sebuah printer. Biasanya, yang diperlukan untuk mencetak atau tulisan bergantung pada masing-masing printer. Printer HP Deskjet D1550 misalnya, pengguna bisa memakai tipe HP Black Ink 21 untuk tinta hitam, sedangkan untuk tinta bisa menggunakan HP Tri-color Ink 22. Di pasaran, cartridge ini berkisar ratusan ribu rupiah.

Printer sendiri merupakan perangkat keras atau hardware yang digunakan untuk mencetak gambar dan dokumen. Dokumen tersebut bisa berupa tulisan, diagram, tabel, atau lainnya. Nah, agar dokumen tersebut bisa terbaca, maka dibutuhkan tinta printer, dan untuk ‘menyalurkan’ tinta ini, printer biasanya telah dibekali dengan alat yang disebut cartridge.

Cartridge Printer HP Deskjet - HP Printer Support

Cartridge Printer HP Deskjet - HP Printer Support

Tinta untuk printer sendiri dapat dibagi menjadi beberapa . Model tinta pigment misalnya, merupakan tinta berkualitas karena bisa mencetak dokumen dalam bentuk tulisan dan gambar dengan hasil yang sangat tajam. Tinta ini umumnya bersifat pekat dan tahan air karena terbuat dari bahan air, colorant pigment, diluent, dan bahan lainnya.

Kemudian, ada juga tinta dye base, yang merupakan tinta yang terbuat dari bahan air dan colorant. Meski tinta ini diklaim bisa mengendap pada head cartridge, namun memiliki harga yang terjangkau dan hasil cetak yang bagus, sehingga banyak orang yang menggunakannya. Tinta dye base sendiri banyak digunakan pada jenis printer standar dengan hasil cetak lumayan baik.

Selain itu, tersedia juga tinta solvent, yang merupakan jenis tinta yang berkualitas baik karena mampu tahan air dan sinar matahari lebih lama dibandingkan jenis tinta printer lainnya. Tinta ini terbuat dari bahan cat duco dan beberapa bahan berkualitas lainnya. Tinta solvent umum dipakai untuk mencetak spanduk, banner, neon box, billboard, dan outdoor printing lainnya.

Jenis lainnya adalah tinta eco solvent yang mirip dengan tinta solvent, tetapi tidak terlalu tahan terhadap air dan sinar matahari. Kemudian, tersedia juga tinta sublimation ink yang merupakan tinta yang sering digunakan untuk printer infus dan mencetak tulisan atau gambar pada baju, kaos, keramik, dan bahan-bahan sablon lainnya. Terakhir ada tinta pigment art paper ink yang biasa digunakan untuk mencetak pada kertas art paper ivory yang memiliki gambar full colour.

Cartridge Printer HP Deskjet - (Youtube: HP Support)

Cartridge Printer HP Deskjet - (Youtube: HP Support)

Nah, khusus untuk printer HP Deskjet D1550, seperti diutarakan sebelumnya, Anda bisa menggunakan cartridge HP Black Ink 21 untuk tinta berwarna hitam atau cartridge HP Tri-color Ink 22 untuk tinta warna. Di pasaran, cartridge HP Black Ink 21 sekarang ditawarkan dengan harga mulai Rp160 ribuan sampai Rp255 ribuan, sedangkan cartridge HP Tri-color Ink 22 dijual dengan harga mulai Rp200 ribuan hingga Rp300 ribuan, tergantung kebijakan masing-masing toko.

Untuk menghindari bahwa barang yang Anda beli merupakan palsu, sebaiknya Anda membeli cartridge di dealer resmi atau toko yang sudah berkompeten. Perhatikan juga kemasan cartridge, yang biasanya akan ada hal yang lebih spesial pada asli. Selain itu, tinta yang asli akan memiliki kualitas yang lebih baik ketika digunakan. Cartridge palsu juga cenderung lebih boros dalam pemakaian tinta, selain hasil cetakan yang kurang baik.

(Panca)

Baca juga  Spesifikasi & Harga Acer Predator 21X, Laptop Gaming Layar Lengkung
loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Pernah dipaksa baca berita infotainmen tiap hari sampai akhirnya memutuskan lebih suka info teknologi dan ekonomi yang lebih sedikit gosip.

Leave a reply "Update Harga Cartridge Printer HP Deskjet D1550 (Hitam dan Warna)"