Update Harga Carbon Celup untuk Motor & Mobil

Untuk merombak tampilan sepeda motor atau mobil agar lebih keren dan eye catching, bisa dilakukan dengan beragam cara. Nah, salah satu cara yang cukup populer dan menjamur di kalangan pencinta modifikasi adalah menggunakan cat celup karbon atau carbon. Di sendiri, harga carbon celup bisa dibilang cukup terjangkau dan sudah tersedia baik secara offline maupun online.

Aksesoris mobil dari carbon celup (sumber: autoguide.com)
Aksesoris mobil dari carbon celup (sumber: autoguide.com)

Seperti dilansir dari Kompas, salah satu ubahan pada tampilan eksterior sepeda motor atau kendaraan roda empat adalah penggunaan part kendaraan dengan bahan karbon fiber. Bila pemilik kendaraan menginginkan tampilan bodi yang lebih berkesan sporty dan beda, maka ubahan karbon bisa menjadi jawabannya.

Bacaan Lainnya

Masih menurut sumber yang sama, karbon terkenal sebagai bahan yang ringan dan kuat, bahkan jika digunakan pada mobil-mobil buatan pabrikan ternama, Sayangnya, karbon ini juga tidak terlepas dari kekurangan, yaitu harganya yang terbilang sangat mahal. Nah, bagi pemilik kendaraan yang ingin mengaplikasikan sentuhan tampilan karbon, ada cara yang bisa dilakukan, yaitu menggunakan stiker serat karbon atau dengan teknik cat celup.

Menurut salah satu penyedia jasa modifikasi kendaraan, aplikasi stiker pada mobil merupakan salah satu cara untuk menjawab keinginan tampilan karbon kendaraan. Stiker serat karbon biasa menjadi solusi untuk mereka yang mengidamkan tampilan sporty, terutama pada kendaraan yang dipakai buat transportasi harian.

Jika memiliki teknik striker carbon ini, pemasangan dituntut rapid dan detail. Pasalnya, stiker akan meninggalkan bekas sambungan, terutama bila mobil sudah mengalami modifikasi bentuk di bagian tertentu. Stiker diklaim mampu melindungi cat bawaan dan mudah untuk gonta-ganti. Sayangnya, modifikasi tampilan dengan teknik stiker karbon ini umumnya tidak akan bertahan lama, paling banter satu tahun.

Teknik Cat Celup

Nah, sebagai alternatif, seperti disampaikan di atas, pengendara atau pemilik kendaraan bisa menggunakan teknik cat celup karbon. Teknik ini dikatakan mampu menghasilkan tampilan yang lebih awet pada bagian bodi kendaraan daripada stiker karbon. Selain itu, model celup carbon juga bisa dilapisi dengan lebih rapi.

Di dalam dunia modifikasi, teknik ini biasa disebut dengan hydro printing. Ini adalah sistem pengecatan yang biasa digunakan untuk menghias objek atau bagian dari suatu kendaraan, seperti velg mobil, front grill, side skirt, rear lip, bumper depan dan belakang, dashboard, tangki sepeda motor, bahkan helm si pengendara.

Disebut juga dengan water transfer printing, ini merupakan proses transfer atau cuplik  gambar dekorasi , geometris, dan lain-lain pada permukaan media objek. Water transfer printing atau hydro printing film dapat diterapkan di semua jenis media termasuk plastik, fiberglass, kayu , keramik, dan logam selama objek media tersebut dapat dicelupkan ke dalam air.

Apabila Anda ingin memodifikasi kendaraan Anda dengan pengecatan model ini, Anda pun bisa mengerjakan di rumah. Anda bisa membeli media pattern atau gambar motif yang telah banyak dijual di berbagai toko aksesoris sepeda motor atau bahkan situs jual beli online. Berikut alat-alat yang diperlukan untuk melakukan modifikasi dengan teknik celup.

Polesan Carbon Celup - (shopee.co.id)
Polesan Carbon Celup – (shopee.co.id)

Alat untuk Teknik Cat Celup

  • Pattern atau gambar motif (bisa juga dengan motif abstrak).
  • Wadah atau bak air tempat pencelupan, dengan catatan wadah harus lebih besar dari objek yang akan dicelupkan.
  • Cairan activator atau cat.
  • Kompresor dan spray gun atau semprotan nyamuk atau semprotan burung (perlengkapan ini tidak diperlukan jika membuat motif abstrak).
  • Sarung tangan untuk mencegah tangan melekat pada pattern.
  • Air secukupnya untuk membilas pattern yang sudah melekat.
  • Cat clear atau finishing untuk melindungi pattern dan membuatnya lebih mengilap.

Prosedur Teknik Cat Celup

  • Bersihkan seluruh bagian yang akan diberi gambar. Sebelum melanjutkan, pastikan bagian tersebut kering dan bebas dari .
  • Pastikan permukaan yang akan diberi gambar halus dan tidak memiliki permukaan yang kasar.
  • Pastikan media yang akan diberi gambar memiliki warna dasar yang cerah jika gambar yang akan Anda berikan memiliki warna yang gelap. Sebaliknya, bisa juga warna dasar gelap jika gambar yang akan Anda berikan ke objek berwarna cerah, bahkan putih.
  • Siapkan wadah atau bak yang lebih besar dan lebih dalam dari objek yang akan Anda beri gambar.
  • Isi air ke dalam wadah atau bak dengan suhu 25 derajat sampai 32 derajat Celcius.
  • Letakkan gambar pattern pada permukaan air.
  • Lalu, semprotkan cairan activator pada gambar pattern secara merata.
  • Setelah gambar terlihat menyatu dengan air atau terlihat mengembang, celup dan masukkan objek Anda ke dalam gambar yang berada pada wadah atau bak tersebut dengan kemiringan 35 derajat sampai 45 derajat.
  • Angkat objek Anda dan bersihkan dengan air hingga objek Anda terasa benar-benar bersih atau terasa kesat.
  • Keringkan dan objek siap diberi cat pelapis atau clear.

Harga Carbon Celup

Varian/Ukuran Carbon CelupHarga
Carbon Celup WTP 50 x 200 cm Hitam-PutihRp60.000 – Rp85.000
Carbon Celup WTP 100 x 100 cm Hitam-PutihRp85.000 – Rp93.500
Carbon Celup WarnaRp75.000
Carbon Celup Hologram Rp80.000

harga carbon celup di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk beberapa situs jual beli online. Jika dibandingkan penawaran sebelumnya, harganya terpantau naik. Pada tahun lalu, harga carbon celup hitam-putih berkisar Rp45 ribu sampai Rp60 ribuan, sedangkan harga carbon celup warna Rp60 ribuan. Perlu dicatat, harga di masing-masing tempat bisa saja berbeda. ada yang lebih murah dan ada pula yang lebih mahal.

Namun, apabila Anda tidak terlalu terampil memodifikasi sepeda motor atau mobil Anda sendiri, Anda bisa langsung meluncur ke bengkel modifikasi yang menyediakan jasa pengecatan karbon ini. Harga tidak terlalu mahal dan tergantung bagian peranti yang mau dilapisi karbon. Untuk jasa bikin carbon kevlar, biayanya berkisar Rp100 ribu sampai Rp1,5 juta untuk skuter, sedangkan motor sport batangan biayanya mulai Rp100 ribu sampai Rp9 jutaan.

(Panca)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *