Spesifikasi & Harga Canon EOS 800D (Baru dan Bekas)

Walaupun sekarang sudah tersedia banyak smartphone dengan kamera yang canggih dan tajam, tetapi pamor kamera DSLR tidak lantas surut, terutama di kalangan penggemar fotografi. Nah, untuk mereka yang termasuk pemula di dunia foto, salah satu rekomendasi yang menarik untuk dimiliki adalah Canon EOS 800D. Punya harga yang bisa dikatakan terjangkau di kelasnya, produk ini sudah didukung sejumlah fitur keren dan canggih.

Ilustrasi: pengguna kamera DSLR (pexels: Lisa Fotios)

Ilustrasi: pengguna kamera DSLR (pexels: Lisa Fotios)

Kamera DSLR atau Digital Single-Lens Reflex telah menjadi ‘senjata wajib’ bagi mereka yang gemar memotret objek. Pasalnya, kamera ini memiliki sensor berukuran jauh lebih besar jika dibandingkan dengan biasa. Dengan sensor yang besar, setiap piksel juga memiliki ukuran lebih besar sehingga kemampuan menangkap cahaya jauh lebih baik.

Sebelumnya, pada awal perkembangan era digital, produsen kamera kelas atas seperti Nikon dan Canon tidak langsung membuat kamera DSLR seperti sekarang, melainkan kamera DSLR dengan bentuk yang memiliki lensa mount, sama dengan lensa mount pada kamera film.[1] Secara teknis, mereka cuma mengganti penggunaan film dengan sensor digital dan menyamakan ukuran sensor film 35mm untuk diaplikasikan menjadi sensor digital.

Selain untuk memotret, kamera DSLR juga bisa Anda pakai jika ingin membuat video, entah untuk video klip atau film pendek. Dalam sinematografi menggunakan DSLR, pengguna sebenarnya sudah dimudahkan secara kaidah fotografi karena adanya kesamaan aspek tertentu. Kesamaan fotografi dan sinematografi dengan DSLR terletak pada pemahaman aspek lensa dan efeknya, penggunaan ISO, ukuran sensor, dan exposure.[2]

Baca juga  Harga Setrika Uap Philips (Biasa, Berdiri, Traveling)

Review Canon EOS 800D

Saat ini, sudah banyak pabrikan yang merilis kamera DSLR, dan salah satu yang sangat terkenal adalah Canon. Brand asal ini memang telah populer sebagai produsen produk-produk imaging yang mencakup printer, scanner, teropong, kamera digital, lensa dan perekam video, serta tentu saja film dan kamera digital SLR.

Ada banyak produk kamera DSLR yang sudah dirilis di pasaran dalam negeri, salah satunya adalah Canon EOS 800D. Diluncurkan pertama kali pada tahun 2017 silam, bersamaan dengan Canon EOS 77D, ini adalah varian yang cocok bagi pengguna level pemula. Menurut pihak Canon, dengan model dan user interface-nya yang sederhana, model ini menjadi pilihan yang tepat bagi pengguna yang menginginkan sebuah kamera yang ringkas dengan fitur profesional.

Kamera ini sudah dilengkapi dengan prosesor gambar termutakhir, DIGIC 7, kecepatan ISO maksimum, ISO 25600 untuk memberikan hasil yang lebih baik, 45 titik AF, kecepatan pemotretan beruntun hingga 6 fps, dan kompatibel dengan teknologi Bluetooth hemat energi. Tidak hanya itu, Canon juga telah membekali seri EOS 800D dengan level elektronik yang menentukan level horizontal dengan tepat, sehingga Anda dapat membidik objek dengan mudah.

Baca juga  Harga DLMS DBX Original (Semua Tipe)

Monitor LCD vari-angle memungkinkan pemotretan dari berbagai sudut dan posisi, entah itu memotret pada posisi rendah, dekat ke , atau pada sudut rendah dan tinggi yang sulit jika dilakukan melalui viewfinder. Dengan monitor LCD vari-angle yang bisa diputar-balik horizontal, Anda dapat mengubah sudutnya pada keempat arah, yang berarti, Anda bisa mudah membidik dalam Live View, foto makanan di meja dari sudut tinggi sambil , seperti gambar di bawah, atau membidik dari level mata .

Antarmuka pengguna yang baru menawarkan panduan visual dalam bentuk mode Guided baru yang membantu Anda menavigasi pengaturan kamera menurut gambar yang ingin Anda hasilkan. Pengaturan kamera dijelaskan dengan bantuan ilustrasi informatif dan gambar contoh, sehingga para pemula yang tidak memahami terminologi kamera, sekarang bisa memahaminya secara naluri.

Spesifikasi Umum Canon EOS 800D

Canon EOS 800D (sumber: olx)

Canon EOS 800D (sumber: olx)

Type Image Sensor22,3 mm x 14,9 mm CMOS
Total Pixel25,80 MP
Image ProcessorDIGIC 7
Lens MountEF/EF-S
Focal LengthEquivalent to 1,6x
Image StabilizationOptical Image Stabilizer
Type FocusingTTL-CT-SIR with a CMOS Sensor, Dual Pixel CMOS AF System
AF System45 cross-type AF points (via optical viewfinder), maximum 49 AF points (via liveview on LCD screen)
ShutterElectronically-controlled focal-plane shutter, 30-1/400 second
Type ViewfinderPentamirror
MonitorLCD touch 3 inch
ModeScene Intelligent Auto (Stills and Movie), No Flash, Creative Auto, Portrait, Landscape, Close-up, Sports, SCN(Group Photo,Night Portrait, Handheld Night Scene, HDR Backlight Control, Food, Kids, Candlelight), Creative filters, Program AE, Shutter priority AE, Aperture priority AE, Manual (Stills and Movie)
File TypeJPEG, RAW, MP4
InterfaceHi-Speed USB
StorageSD, SDHC, SDXC
Operating SystemWindows 10/8.1/8/7, Mac OS X 10.9/10.10/10.11/10.12
Baca juga  Harga Aerator Kolam Koi (Berbagai Merk dan Tipe)

Harga Canon EOS 800D

Sayangnya, ketika ditelusuri di situs resminya, ternyata Canon sudah tidak memproduksi lagi EOS 800D untuk pasaran Indonesia. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena masih banyak toko kamera atau peralatan elektronik yang menjual produk baru. Saat ini, Canon EOS 800D dalam kondisi baru dijual dengan harga Rp7.800.000 hingga Rp10.390.000 (body only). Sementara, untuk model yang sudah dilengkapi kit, ditawarkan dengan harga mulai Rp11.149.000 hingga Rp15 jutaan. Jika mencari produk bekas, harganya mulai Rp6 jutaan, tergantung kondisi barang.

[1] Hartono, Hendrie. 2011. Kinerja Kamera Digital Refleks Lensa Tunggal dengan Sistem Four Thirds. Humaniora, Vol. 2(1): 795-802.

[2] Riyadi, Tunjung. 2014. Sinematografi dengan Kamera DSLR.  Humaniora, Vol. 5(2): 919-929.

author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Spesifikasi & Harga Canon EOS 800D (Baru dan Bekas)"