Dosis, Indikasi dan Harga Caloma Plus (Strip dan Box)

Komplikasi kehamilan dan persalinan merupakan gangguan yang dapat mengancam janin dan ibunya, serta berdampak pada terjadinya keguguran dan kelahiran bayi prematur.[1] Risiko seperti ini bisa meningkat jika mengalami anemia serta kekurangan vitamin. Untuk itu, biasanya dokter akan menyarankan wanita hamil mengonsumsi suplemen kehamilan seperti Caloma Plus yang dijual dengan harga relatif terjangkau.

Dilansir dari K24Klik, Caloma Plus merupakan suplemen vitamin dan mineral untuk ibu hamil dan menyusui. Termasuk obat bebas, Anda bisa membelinya di apotek terdekat atau situs online tanpa harus menggunakan resep dokter.

Ilustrasi: Obat Caloma Plus (credit: Lazada)

Ilustrasi: Obat Caloma Plus (credit: Lazada)

Hampir sama seperti multivitamin kehamilan pada umumnya, suplemen ini berbentuk tablet licin yang mudah ditelan. Dikemas dalam wadah plastik aluminium dan kardus berukuran kecil, suplemen ini tidak mudah rusak atau hancur saat jatuh. Bagian depan kardusnya berwarna biru tua dengan gradasi biru muda dan terdapat gambar ibu hamil serta menyusui.

Bagian atas kardus tertulis nama produk yang dicetak tebal dengan warna merah. Ada juga label isi pada bagian bawah kemasan dengan huruf kecil berwarna hitam. Sementara itu, bagian belakang kardus dilengkapi dengan rincian dosis, komposisi, serta cara pemakaian suplemen.

Baca juga  Info Terbaru Harga Rangkaian Produk Olay White Radiance di Pasaran

Komposisi dan Indikasi Caloma Plus

Dilansir dari klikdokter, dalam satu tablet Caloma Plus, mengandung cod liver oil, vitamin, dan mineral yang sangat dibutuhkan wanita hamil dan menyusui. Untuk komposisinya, suplemen ini terbuat dari 200 gr cod liver oil, 120 IU vitamin A, 17 IU vitamin D3, omega-3 fatty acids, 16 mg EPA, 14 mg DHA, 5 mg vitamin E, 1 mcg vitamin B12, 0,3 mg folic acid, 0,06 mg vitamin B6, 40 mg Ca, 25 mg magnesium, dan 4,76 mg Fe.

Dengan semua bahan di atas, Caloma Plus memiliki indikasi untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral selama kehamilan, khususnya kebutuhan zat besi yang mampu mencegah risiko anemia. Selain itu, suplemen ini diklaim mampu mencegah kekurangan kalsium dan magnesium pada masa menopause dan lanjut usia. Sehingga, multivitamin ini juga disarankan untuk lansia yang ingin mencegah osteoporosis.

Dosis Caloma Plus

Dosis yang dianjurkan untuk mengonsumsi Caloma Plus sebenarnya tergantung pada kondisi kesehatan ibu hamil. Namun, secara umum, ibu hamil dan menyusui dianjurkan minum Caloma Plus sebanyak dua kapsul per hari. Anda bisa mengatur jam minum yang tepat, seperti setelah sarapan dan sesudah makan malam. Hindari minum suplemen ini di pagi hari jika Anda masih sering mual dan muntah. Hal ini bisa mengurangi efisiensi penyerapan vitamin.

Baca juga  Info Harga IVF (Program Bayi Tabung) di Indonesia

Sementara itu, untuk wanita yang mengalami menopause atau sudah memasuki usia lanjut, diperbolehkan minum Caloma Plus untuk mencegah osteoporosis serta gangguan tulang lainnya akibat kekurangan kalsium dengan dosis 2 hingga 3 kapsul per hari. Anda harus minum multivitamin ini setelah makan untuk mempercepat penyerapan suplemen, serta menghindari rasa kurang nyaman di perut. Pastikan Anda minum air putih yang banyak untuk membantu proses penyerapan serta mempercepat kinerja suplemen.

Ilustrasi: Mengonsumsi Suplemen Kehamilan (credit: Popmama)

Ilustrasi: Mengonsumsi Suplemen Kehamilan (credit: Popmama)

Yang perlu diperhatikan, Anda tidak bisa mengonsumsi suplemen ini bersamaan dengan obat atau suplemen lainnya. Jika Anda ingin mengonsumsi suplemen lain, berikan jeda sekitar 30 menit hingga 1 jam supaya kandungan Caloma Plus tidak bereaksi dengan kandungan suplemen lain saat terjadi penyerapan bersamaan.

Meskipun termasuk suplemen dan vitamin yang aman untuk ibu hamil, Anda harus memperhatikan dosis dan cara minum yang tepat. Terlalu banyak atau sedikit minum suplemen juga tidak baik bagi kesehatan. Berikut adalah efek samping yang mungkin terjadi jika Anda tidak minum Caloma Plus sesuai dosis.

Baca juga  Update Harga Suplemen Asam Folat Folavit di Apotek

Efek Samping Caloma Plus

Hingga saat ini, memang belum ada laporan kronis mengenai efek samping yang terjadi pada pasien yang mengonsumsi Caloma Plus. Namun, bagi Anda yang memiliki alergi atau hipersensitif terhadap salah satu komponen penyusun suplemen, Anda tidak dianjurkan minum Caloma Plus. Hal ini bisa memicu gejala atau reaksi alergi seperti mual, muntah, , dan gatal-gatal.

Bagi Anda yang membutuhkan Caloma Plus untuk kebutuhan nutrisi selama kehamilan dan menyusui, Anda bisa membelinya di apotek terdekat atau situs jual beli online. Berikut adalah referensi harga Caloma Plus.

Harga Caloma Plus

Kemasan Caloma PlusHarga
Caloma Plus 1 StripRp38.012
Caloma Plus 1 BoxRp147.500

Harga Caloma Plus di atas telah kami rangkum dari berbagai macam sumber, termasuk situs . Harga Caloma Plus tersebut tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu.

[1] Tandiono, Imaculata Tinneke, Triska Susila Nindya, Sri Sumarm. 2015. Hubungan Konsumsi Suplemen dan Frekuensi Pemeriksaan Kehamilan dengan Komplikasi Kehamilan. Media Gizi Indonesia Universitas Airlangga, Vol. 10(1): 7-12.

author

Leave a reply "Dosis, Indikasi dan Harga Caloma Plus (Strip dan Box)"