Info Harga Burung Puter dalam Berbagai Jenis di Pasaran

Burung puter selama ini bukan hanya banyak dipelihara sebagai burung hias atau burung berkicau di rumah, melainkan juga diternakkan untuk menjadi “pengasuh” burung lain seperti perkutut atau derkuku. Harga burung puter di pun beragam, bisa mencapai ratusan ribu rupiah untuk jenis-jenis tertentu. Terlebih karena adanya mitos yang menyebutkan bahwa memelihara burung puter putih bisa mendatangkan banyak rezeki.

Sepasang burung puter (sumber: burungcantik.com)

Sepasang burung puter (sumber: burungcantik.com)

Salah satu cara yang umum dilakukan untuk memacu produktivitas ternak perkutut adalah dengan menyapih piyik perkutut menggunakan puter sebagai burung pengasuh. Dengan memisahkan piyik perkutut saat berumur 5-8 hari, induk perkutut bebas tugas membesarkan anaknya dan bisa segera bertelur kembali. Produktivitas perkutut akan meningkat 2-3 kali lipat dibandingkan dengan jika induk perkutut harus menunggu piyiknya sampai besar.

Burung puter dipilih sebagai burung pengasuh karena burung puter mau memberi makan (meloloh) piyik perkutut walaupun bukan anaknya sendiri. Pasangan induk puter akan memberi makan hingga piyik perkutut siap untuk dipisahkan. Ciri burung puter yang baik untuk menyapih piyik perkutut adalah yang sedang mengerami telur setidaknya sudah 10 hari. Pada saat itu, burung puter sudah menghasilkan susu tembolok sehingga bisa memberi makan piyik perkutut.[1]

Baca juga  Update Kisaran Harga Meja Pingpong di Pasaran

Di Indonesia setidaknya ada beberapa jenis burung puter yang kerap dipelihara, misalnya saja burung puter biasa, burung puter irak, burung puter putih, hingga burung puter lumut atau dederuk Jawa. Umumnya, burung puter memakan beberapa jenis biji-bijian seperti gabah, jagung pecah, beras ketan, kacang tanah sangrai tumbuk kasar, hingga kacang hijau. Anda juga bisa memberinya pakan alternatif buatan pabrik seperti voer atau pellet. Selain itu, berikan grit atau batu bata yang digerus halus untuk membantu pencernaan burung puter di tembolok.

Beberapa orang biasanya lebih senang memelihara burung puter jantan dibandingkan karena suara burung puter jantan disebut-sebut lebih nyaring dan dapat berkicau berulang-ulang. Meski demikian, ada pula yang memelihara sejodoh atau sepasang untuk kemudian diternakkan.

Cara Membedakan Burung Puter Jantan & Betina

Untuk membedakan burung puter jantan dan betina, Anda tidak bisa hanya berpatokan pada warna bulunya saja. Pasalnya, beberapa jenis burung puter jantan dan betina ada yang memiliki warna bulu nyaris sama. Beberapa hal yang dapat Anda bedakan adalah dari tulang supit atau selangka yang terasa lebih keras dan rapat pada burung puter jantan. Selain itu, burung puter jantan juga dapat “mbekur” atau berkicau dengan suara yang keras dan berulang-ulang saat menarik pasangannya.

Baca juga  Update Tarif Karaoke Inul Vizta Family KTV (All Room)

Sedangkan untuk burung puter betina sebaliknya, memiliki tulang supit yang terasa lunak dan renggang. Kemudian burung puter betina umumnya akan memanggil pejantan dengan bekur tapi pelan dan tidak berulang. Kabarnya, saat betina memasuki usia matang akan bertelur walaupun tanpa burung puter jantan. Namun kondisi tersebut hanya menghasilkan telur yang bersifat steril karena tanpa melalui proses pembuahan oleh jantan. Jadi, meski dierami pun telur steril itu tak akan menetas. Banyak orang menjuluki telur steril tersebut dengan telur pakan.

Burung puter dalam sangkar (sumber: hewandijual.com)

Burung puter dalam sangkar (sumber: hewandijual.com)

burung puter pun tidak terlalu sulit dan hampir sama seperti burung kicau pada umumnya. Anda hanya perlu melatihnya untuk berkicau, rajin memberi pakan yang berkualitas dan juga vitamin, rajin menjemur dan memandikannya, serta sebagainya. Berikut informasi harga burung puter di pasaran.

Daftar Harga Burung Puter

Jenis Burung PuterHarga (Rp)
Burung puter albino retina mata merah100.000
Burung puter albino lolohan 2 minggu150.000
Burung puter bulu kapas/silky200.000
Burung puter pelung betina250.000
Burung puter pelung dewasa jantan300.000
Burung puter warna blorok350.000
Burung puter blond ivory500.000
Burung puter Irak sepasang550.000
Baca juga  Update Harga Kuas Cat Air (Semua Tipe dan Merek)

Informasi harga burung puter di atas dirangkum dari berbagai sumber. Perlu Anda ingat bahwa harga burung puter dalam berbagai jenis dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Selain itu, harga burung puter yang berlaku di setiap tempat bisa saja berbeda-beda, tergantung dari penawaran pihak penjual.

[1]Sugiharto, B dkk. 2011. Mencetak Perkutut Juara. Tinton DP, editor. Jakarta: AgroMedia Pustaka.

loading...
author
Pengamat produk dan harga komoditas. Saat ini tinggal di Kota Malang.

Leave a reply "Info Harga Burung Puter dalam Berbagai Jenis di Pasaran"