Update Harga Terong Ungu per Kg

Bagi Anda yang doyan lalapan, pasti sudah tidak asing dengan sayur terong. Dari sekian banyak jenis terong yang ada, terong ungu paling digemari banyak orang. Ini karena sayuran tersebut mudah diolah dan dicari. Selain itu, terong ungu memiliki harga yang terbilang terjangkau.

Ilustrasi: Mengolah Terong Ungu (credit: sousvideguy)
Ilustrasi: Mengolah Terong Ungu (credit: sousvideguy)

Bisa dibilang, terong merupakan komoditas sayuran buah penting yang memiliki banyak varietas dengan bentuk dan warna khas. Setiap varietas memiliki penampilan dan hasil yang berbeda. Di pasaran sendiri, permintaan konsumen akan terong semakin meningkat. Terlebih, saat ini sudah banyak orang tahu manfaat makan terong yang baik untuk kesehatan dan kecantikan.[1]

Bacaan Lainnya

Cara Menanam Terong Ungu

Bagi Anda yang ingin mendapatkan terong dengan modal murah untuk konsumsi harian, Anda bisa menanam sayuran tersebut sendiri di rumah. Selain hasil panennya bisa untuk konsumsi keluarga, Anda bisa membagi hasilnya dengan tetangga atau menjualnya jika hasil panennya melimpah.

Sebelum menanam terong ungu, belilah benih terong di atau tanam. Pastikan benih yang Anda pilih adalah benih yang layak tanam dan berkualitas baik. Cara mengetahui apakah benih bisa tumbuh dengan baik, yaitu dengan melakukan uji layak tanam. Tuangkan air ke dalam baskom atau wadah plastik dan masukkan benih terong ke dalamnya.

Baca juga  Info Terbaru Harga Bibit Pepaya California Siap Tanam

Biarkan benih berada di dalam air selama 2 menit dan perhatikan. Ciri benih yang layak tanam akan berada di dasar wadah, sedangkan biji yang tidak layak tanam akan mengapung. Sehingga, Anda harus membuang biji yang mengapung di permukaan.

Setelah memilih benih layak tanam, lakukan proses penyemaian. Penyemaian terong ungu bisa dilakukan di tray semai atau polybag berukuran sedang. Caranya, ambil biji terong yang layak tanam dan pindahkan ke wadah plastik berisi terlebih dahulu. Biarkan biji berada di dalam air selama 15 menit. Ini bertujuan untuk menghentikan proses dormansi sekaligus melunakkan kulit arinya. Sehingga, benih dapat bertunas dengan cepat.

Untuk media semainya, masukkan campuran tanah dan arang sekam ke dalam polybag atau tray semai. Buatlah tanam yang tipis dengan jarak sekitar 5 cm. Masukkan biji terong ungu ke dalam lubang tanam dan tutup lubangnya. Letakkan media semai pada ruang yang tidak terkena cahaya matahari secara langsung. Rawatlah benih yang baru ditanam hingga menjadi bibit siap tanam.

Baca juga  Info Terbaru Harga Tanaman Langka Bunga Anggrek Hitam Papua & Kalimantan
Budidaya Terong Ungu (credit: NewsCN)
Budidaya Terong Ungu (credit: NewsCN)

Merawat benih yang disemai sangat mudah. Anda hanya perlu menjaga kelembapan tanahnya. Sirami tanah pada media semai menggunakan spray. Sebaiknya, Anda melakukan penyiraman di pagi hari sebelum matahari bersinar, sehingga tanaman bisa menyerap air dengan baik. Setelah benih menjadi bibit dengan 3 helai daun 3, Anda bisa langsung menanamnya.

Cara menanam terong ungu dalam pot atau polybag juga tidak sulit. Siapkan polybag atau pot berukuran sedang. Jika Anda menggunakan polybag, jangan lupa untuk melubangi dasarnya. Pilih juga pot dengan di bagian dasar. Sebaiknya Anda pun memperhatikan pot. Untuk menanam terong, pot yang baik adalah pot yang terbuat dari bata atau tembikar.

Setelah itu, masukkan tanah, pupuk kandang, dan arang sekam ke dalam pot atau polybag dengan perbandingan 1:1:1. Padatkan bagian bawahnya agar tanah tidak mudah terkikis atau terbuang lewat lubang. Buatlah tanam di bagian atas media tanam. Pisahkan bibit dari media semainya secara perlahan. Cara mudah untuk memisahkan bibit dari media semai, yaitu dengan menggoyangkan bibit yang baru disiram. Sehingga, akarnya tidak rusak atau berantakan.

Baca juga  InfoHarga Menu Burger King Terkini & Terlengkap

Tanamlah bibit pada media tanam. Untuk satu pot, hanya bisa diisi satu bibit. Setelah itu, padatkan tanahnya dan tutup tanamnya. Setelah Anda menanam terong ungu, lakukan perawatan hingga panen. Perawatan tanaman yang harus Anda lakukan, yaitu pemasangan tiang pancang, penyiraman, pemupukan, dan mengendalikan hama serta penyakit.

Harga Terong Ungu

Menanam terong ungu memang terbilang mudah. Namun, bagi Anda yang tidak sabar ingin mencicipi kelezatan terong ungu, bisa membelinya di pasar atau pusat perbelanjaan. Dilansir dari kumparan, harga terong ungu di Purworejo hanya Rp1.000 per kg. Lain halnya di Batam, dari Tribun Batam diketahui harga terong di daerah ini Rp12 ribu per kg. Sementara itu, dilansir dari Suara Indonesia, terong ungu di Kabupaten Banyuwangi dijual Rp2.500 per kg. Sebagai perbandingan, tahun lalu terong ungu dijual dengan harga mulai Rp9.000 hingga Rp14.000 per kg.

[Update: Almas]

[1] Sahid, Onis’t Tresnawati, dkk. 2014. Hasil dan Mutu Enam Galur Terung (Solanum Melongena L.). Vegetalika, Vol. 3(2): 45-58.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.