Update Harga Burung Kakatua Jambul Kuning

kakatua atau yang kerap disebut kakak tua termasuk jenis burung yang banyak peminatnya. Burung satu ini memiliki spesies yang beragam. Rata-rata punya bentuk dan juga corak warna bulu yang sangat menarik. Tak heran bila burung satu ini ramai dipelihara oleh masyarakat Indonesia. Nah, salah satu jenis burung kakatua yang cukup menyedot perhatian khalayak adalah kakatua jambul kuning. Harga burung kakatua jambul kuning kabarnya bisa mencapai jutaan per .

Burung kakatua jambul kuning (sumber: asknyra.com)
Burung kakatua jambul kuning (sumber: asknyra.com)

Kakatua jambul kuning disebut juga Yellow-crested Cockatoo atau Cacatua sulphurea. Makanan kakatua ini adalah biji-bijian, kacang-kacangan, serta buah-buahan. Mereka juga membuat sarang di batang-batang tertentu. Sayangnya, kakatua jambul kuning terancam punah akibat perburuan liar dan perdagangan bebas.[1]

Bacaan Lainnya

Ciri Kakatua Jambul Kuning

  • Burung kakatua kecil jambul kuning memiliki ukuran tubuh yang sedang, yaitu panjang sekitar 35 cm. Bulu burung ini hampir seluruhnya berwarna putih, tetapi ada yang mencolok, yaitu di bagian kepalanya ada jambul berwarna kuning yang dapat ditegakkan.
  • Kakatua jenis ini memiliki paruh yang berwarna hitam. Kulit di sekitar matanya berwarna kebiruan, dan kakinya berwarna abu-abu. Bulu-bulu terbang dan ekor kakatua kecil jambul kuning juga berwarna kuning.[2]
  • Berdasarkan karakteristik morfologis, kakatua jambul kuning tergolong burung monomorfik, dan perbedaannya hanya pada iris mata, yakni jantan berwarna hitam dan betina berwarna cokelat kemerahan.[3]
  • Kakatua jambul kuning merupakan anggota dari famili Psittacidae yang berukuran 38-51 cm, berat 815-975 gr.
  • Ukuran betina relatif lebih kecil dari jantan, warna tubuh putih, jambul kuning, paruh hitam, bulu di bawah sayap dan ekor berwarna kuning, dan lingkar mata kebiru-biruan.
  • Burung ini merupakan jenis burung monogami, dengan musim kawin di habitatnya berlangsung antara Agustus-Januari di bagian sebelah selatan dan Mei-September di bagian utara.
  • Penyebaran burung kakatua jambul kuning besar meliputi Papua, Ambon, Maluku, dan Kepulauan Seram.

Fakta Unik Kakatua Jambul Kuning

  • Kakatua jambul kuning berbiak di alam sekali dalam setahun dan menghasilkan 2-3 telur sekali berbiak dengan masa mengeram selama 27-30 hari. Setelah menetas, anakan burung masih tinggal di sarang dan dirawat oleh kedua induknya sampai bisa terbang dan siap untuk keluar sarang. Rataan usia anak burung lepas sarang sekitar 70 hari. Jantan dan betina mencapai masa dewasa 3-4 tahun.
  • Kakatua jambul kuning memiliki kemampuan menyeimbangkan diri dengan satu , sementara mereka makan dengan kaki lainnya. Berdasarkan riset para ahli, kakatua jambul kuning mampu mempelajari segala macam hal baru yang membantunya bertahan hidup di tempat berbeda, bahkan di kota.
  • Kakatua jambul kuning dikenal memiliki pekikan yang cukup keras. Suara keras tersebut digunakan burung pintar ini untuk menakut-nakuti predatornya.
  • Kakatua juga berkomunikasi dengan mengubah bentuk lambang kuning mereka dengan postur tubuh yang berbeda untuk menunjukkan kewaspadaan, ketersediaan, atau sesuatu yang lebih ringan.
Burung kakatua jambul kuning (sumber: ekor9.com)
Burung kakatua jambul kuning (sumber: ekor9.com)

Berdasarkan dari hilangnya habitat hutan dan penangkapan liar yang terus berlanjut untuk perdagangan, serta daerah dan populasi di mana burung ini ditemukan sangat terbatas, maka kakatua kecil jambul kuning dievaluasikan sebagai kritis di dalam IUCN Red List. Spesies kakatua jambul kuning didaftarkan dalam CITES Appendix I. Sebagai informasi, berikut ini kami rangkum harga kakatua jambul kuning yang diklaim bersertifikat di salah satu toko hewan.

Harga Kakatua Jambul Kuning

KategoriHarga
Kakatua jambul kuning umur 3-4 bulanRp2.250.000 per ekor
Kakatua jambul kuning umur 5-6 bulanRp2.550.000 per ekor
Kakatua jambul kuning umur 8-9 bulanRp3.400.000 per ekor
Kakatua jambul kuning dewasa pintar ngomong & jinakRp4.500.000 per ekor
Kakatua jambul kuning sepasang dewasaRp7.500.000

Jika dibandingkan penawaran sebelumnya, harga kakatua jambul kuning di pasaran saat ini cenderung naik. Misalnya, kakatua jambul kuning umur 3-4 bulan yang semula dijual seharga Rp1,9 juta, kini naik menjadi Rp2,25 juta per ekor. Begitu pula harga kakatua jambul kuning umur dewasa yang naik dari Rp5,7 juta menjadi Rp7,5 juta per pasang.

Daftar harga kakatua jambul kuning di atas kami rangkum dari berbagai sumber. Namun perlu Anda ingat bahwa burung kakatua jambul kuning termasuk satwa langka yang saat ini statusnya dilindungi. Jadi, perdagangan burung ini secara ilegal bisa dikenai hukuman pidana.

[Update: Ditta]

[1] Hanaco, I. 2015. Ayo Lindungi Aku! 45 Fabel Indah tentang Hewan-Hewan yang Terancam Punah. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, hlm 45.

[2] Alfian, M., dkk. . Ensiklopedia: Satwa Negeriku. Yogyakarta: K-Media, hlm 92.

[3] Rachmatika, R., dkk. 2018. Aktivitas Harian dan Kebutuhan Nutrien Kakatua Jambul Kuning (Cacatua Galerita) pada Masa Memelihara Anak. Zoo Indonesia, Vol. 27(1): 50-61.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *