Info Terkini Harga Buah dan Bibit Pisang Cavendish di Pasaran

Bagi Anda yang doyan makan pisang, mungkin tak banyak yang tahu jenis pisang yang dibudidayakan di Indonesia. Di perkebunan Indonesia jenis pisang yang populer meliputi pisang ambon, pisang raja, pisang barangan, pisang lampung, pisang susu, pisang cavendish dan beberapa varian lainnya. Saat ini, kami akan mengajak Anda berkenalan dengan pisang jenis Cavendish, budidaya bibitnya serta harga buah tersebut di pasaran.

Perkebunan pisang skala besar kini telah dirintis oleh para pengusaha yang tertarik menanamkan modalnya pada tanaman ini. Kemantapan kualitas, kuantitas, dan kontinuitas suplai sangat menentukan kelangsungan usaha perkebunan pisang, terutama pada tujuan ekspor. Ada baiknya, jika Anda mengenal lebih dulu varian pisang Cavendish yang kini ramai dibudidayakan di Indonesia.

Ilustrasi: Jenis Buah Pisang Cavendish (credit: geneticliteracyproject.org)

Ilustrasi: Jenis Buah Pisang Cavendish (credit: geneticliteracyproject.org)

Cavendish ternyata menjadi jenis pisang yang banyak dibudidayakan di berbagai . Hal tersebut lantaran pisang Cavendish memiliki nilai komersial yang tinggi. Sesuai ukurannya dibagi menjadi tiga kelompok besar, meliputi Cavendish yang berbatang tinggi, sedang, dan pendek.

Di dunia, setidaknya terdapat 36 subkultivar Cavendish. Namun, hanya subkultivar grain naine, petit naine, omalag, william, dan valery yang telah diusahakan sebagai tanaman perkebunan.

Varian Pisang Cavendish

Subkultivar grain naine

Cavendish yang satu ini berasal dari Perancis dengan tinggi tanaman mencapai 260 - 280 cm. Tandan subkultivar ini memiliki 12 sisir dan setiap sisirnya terdapat 24 - 36 buah pisang. Sedangkan beratnya kisaran 45 - 65 kg. Bentuk buah ini silindris yang membentuk kerucut dari atas ke bawah.

Subkultivar petit naine

Varian ini juga berasal dari Perancis dengan tinggi batang mencapai 200 - 230 cm. Buah varian ini memiliki ukuran kecil sehingga terasa dibawa, tetapi rasa pisang ini kurang manis. Keunggulannya memiliki ketahanan pada penyakit sigatoga.

Subkultivar omalag

Berbeda dengan dua varian di atas pisang Cavendish yang ini berasal dari Filipina dengan tinggi tanaman mencapaI 230 - 260 cm. Batangnya tumbuh miring menjelang berbuah dan warna batang yakni merah kecokelatan. Ukuran buah di tandan pisangnya, semakin ke bawah semakin kecil.

Ilustrasi: Menanam Bibit Buah Pisang Cavendish (credit: epicgardening)

Ilustrasi: Menanam Bibit Buah Pisang Cavendish (credit: epicgardening)

Subkultivar william

Berasal dari Australia yang terbagi lagi menjadi dua jenis yakni william tall dan small dengan tinggi berbeda kisaran 260 - 320 cm. berbeda dengan jenis lainnya, ketika berbuah batang Cavendish satu ini tetap tegak dengan ukuran buah yang merata dan seragam serta beratnya yang mencapai 35 - 50 kg.

Subkultivar valery

Awalnya Cavendish ini dibudidayakan di Amerika Tengah lalu sekitar tahun 1962 dikembangkan di Filipina. Setiap tandan pisangnya memiliki 14 - 20 sisir dengan bobotnya yang mencapai 35 - 50 kg. Sayangnya, Anda tak akan menemukan Cavendish satu ini di kawasan Indonesia karena pengelolaan yang sulit bagi petani lokal. Salah satunya karena batang pisang terlalu tinggi dan mudah tumbang jika terkena angin.

Umumnya, perkebunan pisang di Indonesia memilih Cavendish grain naine karena memiliki mutu dan jumlah produksi lebih baik dari subkultivar lainnya.

Cara Budidaya Pisang Cavendish

Untuk karakteristik pohon Pisang Cavendish rata-rata memiliki tinggi pohon dewasa sekitar 2,5 – 3,5 meter dengan daunnya yang berwarna hijau tua. Cara budidayanya terbilang mudah dengan masa buah yang cukup cepat, sehingga produktivitas tinggi.

Anda cukup menyiapkan tanam sedalam 30x30x30 cm dan jarak tanam ideal sekitar 3-5 meter antar pohon. Usia rata-rata memanen pisang Cavendish yakni 12 – 14 bulan setelah penanaman. Untuk sekali panen, pisang ini memiliki hasil produksi sekitar 8-13 sisir dan per sisirnya menghasilkan kisaran 12-22 buah. Berat satu tandan sekitar 20-30 kg.

harga, buah, bibit, pisang, Cavendish, per kg, kilo, Sunpride, supermarket, iLotte, pembelian, budidaya, cara, varian, panen, masa, berat, mutu, produksi, tanaman, perkebunan, ekspor, subkultivar, grain naine, petit naine, omalag, william, valery, raja, barangan, ambon.

Bibit pisang hasilperbanyakan dengan kultur jaringan

Harga Buah Pisang Cavendish

Varian Buah Pisang CavendishKisaran Harga (Rp)
400 gr pisang Cavendish20.000
1 sisir pisang Cavendish ukuran kecil45.000
1 kg Pisang Cavendish Sunpride53.000
1 Dus pisang Cavendish isi 10 kg210.000

Pada 2020 lalu, harga jual buah pisang Cavendish di Supermarket iLotte Mart ditawarkan seharga Rp20 ribu per kilo untuk jenis Sunpride. Namun, ada pula penjual yang menawarkan buah tersebut dengan harga mencapai Rp100 ribu per kg tergantung lokasi pembelian. 

Memasuki 2021, harga buah pisang Cavendish terbilang naik dibandingkan 2020 lalu. Untuk berat per kg pisang Cavendish jenis Sunpride yang awalnya dijual seharga Rp20 ribu, kini menjadi Rp53 ribu di supermarket. Jika Anda membeli buah pisang Cavendish di pasar tradisional atau tengkulak, maka dipastikan memperoleh harga lebih terjangkau.

Harga Bibit Tanaman Buah Pisang Cavendish

Varian Bibit Pisang CavendishKisaran Harga (Rp)
Bibit Pisang Cavendish 350 gr20.000
Bibit Pisang Cavendish 500gr35.000
Paket 10 Bibit Pisang Cavendish125.000
Paket 20 Bibit Pisang Cavendish398.500
Paket 100 Bibit Pisang Cavendish1.400.000

Jika dibandingkan 2020 lalu, harga bibit tanaman buah pisang Cavendish terbilang naik pada 2021. Bibit buah pisang Cavendish semula ditawarkan seharga Rp50 ribu, kini menjadi Rp70 ribu per kg. Jika untuk budidaya, Anda pun dapat memesan bibit pisang Cavendish dalam sistem paket sesuai kebutuhan.

[Update: Ditta]

Baca juga  Update Kisaran Harga Kayu Randu di Pasaran
author
Pengamat dinamika harga. Pengelola toko dan counter. Ex-wartawati media lokal.

Leave a reply "Info Terkini Harga Buah dan Bibit Pisang Cavendish di Pasaran"