Info Terbaru Harga Buku Tulis Big Boss di Pasaran

Meski kini telah berada di era digital, buku tulis menjadi salah satu benda penting yang hingga kini diperlukan para pelajar hingga mahasiswa. Terlebih saat mendekati tahun ajaran baru, Anda pasti akan menemui beragam merek buku tulis di pasaran dengan harga yang bervariasi. Salah satu buku tulis yang populer digunakan sehari-hari yakni merek Big Boss. Harga buku tulis Big Boss relatif terjangkau di toko alat tulis (ATK) maupun di sejumlah situs jual beli online.

Buku tulis (sumber: qz.com)
Buku tulis (sumber: qz.com)

Buku tulis menjadi perangkat penting untuk melengkapi keperluan sekolah anak Anda. Di pasaran, terdapat banyak merk buku tulis, sehingga membuat pusing para pembeli. Namun, kualitas buku tulis menjadi hal penting bagi para pembeli. Mulai dari kejernihan, warna, hingga ketebalan buku, sehingga untuk pemakaiannya dapat lebih awet. Anda pasti tak asing dengan beberapa merek buku tulis seperti Kiky, Mirage, AA (Asia Afrika), Sinar Dunia, hingga Big Boss.

Bacaan Lainnya

Sejumlah ulasan di internet dapat dijadikan referensi sebelum membeli buku tulis terbaik untuk anak Anda. Bicara soal harga murah, buku tulis merek Kiky, Mirage, AA (Asia Afrika) dan Big Boss masuk kategori tersebut. Sementara untuk buku tulis Sinar Dunia memang dikenal lebih mahal dibandingkan lainnya. Seluruh produk tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Misalnya, buku tulis Kiky yang unggul dalam hal desain buku bervariasi, sehingga mampu menarik anak perempuan. Berbeda lagi dengan buku tulis AA (Asia Afrika) dan buku tulis Mirage yang dinilai kalah pamor dengan produk lain. Hal tersebut karena kualitas kedua buku tulis ini cenderung tipis, sehingga kurang banyak diminati. Ketersediaan kedua merek tersebut di pasaran juga terbilang jarang.

Biasanya sebagian konsumen mencari buku tulis dengan harga terjangkau tetapi memiliki kualitas cukup bagus. Nah, bagi Anda yang mencari jenis buku tulis dengan kriteria tersebut, rasanya merek Big Boss dapat dijadikan pilihan. Umumnya, buku tulis Big Boss memiliki ukuran yakni 250 x 180 mm, sedangkan untuk buku tulis yang standard memiliki ukuran 14,8 x 21 cm. Untuk tampilannya, buku ini dapat digunakan setiap jenjang sekolah mulai SD hingga perguruan tinggi. Buku tulis Big Boss tersedia berbagai ukuran dan lembaran yang dapat dipilih sesuai kebutuhan.

Buku Tulis Big Boss di Marketplace

Buku tulis Big Boss (sumber: fafazulfa58.blogspot.com)
Buku tulis Big Boss (sumber: fafazulfa58.blogspot.com)
Toko OnlineUkuran KemasanHarga (Rp)
Elevenia42 isi 6 buku25.000
36 isi 10 buku61.500
Shopee42 isi 6 buku27.100
50 isi 10 buku52.410
Lazada42 isi 6 buku31.250
Bukalapak42 isi 6 buku28.000
50 isi 10 buku56.700
Tokopedia42 isi 6 buku31.950
50 lembar isi 6 buku54.000
Blibli36 lembar isi 10 buku38.550
50 lembar isi 10 buku57.000

Jika dibandingkan penawaran tahun 2019, buku tulis Big Boss mengalami perubahan harga di beberapa marketplace pada 2020, 2021, dan 2022. Misalnya di Elevenia untuk buku tulis Big Boss 42 lembar isi 6 buku tahun 2019 dijual seharga Rp37 ribu turun menjadi Rp24.300 tahun 2020 dan 2021, sedikit naik menjadi Rp25 ribu tahun 2022.

Berbeda dengan Elevenia, beberapa penjual di Tokopedia justru menaikkan harga buku tulis Big Boss 42 lembar isi 6 buku yang rata-rata berkisar Rp26 ribu tahun 2019 menjadi Rp27.500 tahun 2020 dan 2021, naik lagi menjadi Rp31.950 tahun 2022. Penjual di Blibli juga menaikkan harga buku tulis Big Boss 36 lembar isi 10 buku dari Rp33 ribu tahun 2019 menjadi Rp34.500 tahun 2020 dan 2021, serta menjadi Rp38.550 tahun 2022.

harga buku tulis Big Boss di atas dirangkum dari sejumlah situs belanja online dengan perkiraan tambahan ongkos kirim mulai Rp10 ribu – Rp15 ribu tergantung lokasi tujuan Anda. 

Apabila Anda ingin membeli buku tulis Big Boss di supermarket, harganya pun bervariasi. Di Carrefour dengan kemasan yang sama dijual kisaran Rp60 ribuan tahun 2020 dan 2021, sedikit turun menjadi Rp59.900 tahun 2022. Buku tulis Big Boss dapat dengan mudah ditemui di toko alat tulis terdekat di rumah Anda. Harga satuannya tahun 2022 dijual mulai Rp7 ribuan untuk 42 lembarnya, sedikit naik dari tahun 2020 dan 2021 yang dibanderol Rp6 ribuan. 

Buku tulis Big Boss (sumber: lazada)
Buku tulis Big Boss (sumber: lazada)

Nah, agar buku tulis Big Boss Anda lebih awet, maka cara penyimpanan maupun perawatan yang tepat tentu dibutuhkan. Berikut kiat merawat buku tulis Big Boss di rumah.

Tips Merawat Buku Tulis Big Boss

Jauhkan dari Sinar Matahari Secara Langsung

Sinar matahari ternyata dapat membuat buku tulis Anda lama-lama menguning. Hal ini lantaran lembaran kertas menjadi terlalu kering yang dapat dilihat dari perubahan warnanya. Buku tulis Big Boss yang baru dibeli akan memiliki warna kertas yang putih bersih. Jika terkena sorotan matahari langsung, warnanya akan berubah menjadi coklat dan kuning.

Jauhkan dari Sudut dan Tempat Lembap

Sama halnya dengan sinar matahari, sudut lembab juga akan memengaruhi perubahan warna kertas menjadi kuning. Akhirnya buku tulis Big Boss pun akan mudah sobek.

Simpan dengan Posisi Berdiri

Ada baiknya jika Anda menyimpan buku tulis Big Boss dalam posisi berdiri. Sebab, akan memberi ruang keluar masuk udara pada setiap lembar buku. Berbeda jika menyimpannya dengan cara menumpuk yang akan membuat buku dalam kondisi mudah lembab.

Lapisi dengan Plastik

Proses oksidasi terjadi karena lembaran kertas pada buku tulis Big Boss Anda terpapar dengan kadar oksigen di sebuah ruangan. Sehingga, jika Anda ingin menyimpan buku dalam jangka waktu lama maka lebih baik melapisinya dengan plastik.

Cegah Buku agar Tidak Digerogoti Rayap

Buku tulis Big Boss Anda akan mudah rusak jika digerogoti rayap, sehingga untuk pencegahan dapat menggunakan senyawa asam borat. Baunya yang menyengat akan mencegah rayap untuk merayap ke dalam buku dan menggerogoti kertas sampai habis. Senyawa ini juga dapat mematikan saraf sehingga rayap akan mati perlahan. Anda dapat menaburkan senyawa kimia ini di sekitar dan ujung rak buku.

Tips-tips di atas dapat Anda coba untuk merawat buku tulis Big Boss lebih awet dan tak mudah termakan rayap. Jika kesulitan mencari senyawa pembasmi rayap, Anda dapat mengganti dengan menggunakan bahan alternatif lainnya meliputi air kapur sirih, air tembakau, dan garam yang semua bahan tersebut dapat ditemui dengan mudah di rumah.

[Update: Almas]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *