Harga Palladium per Gram, Kelebihan dan Kekurangannya

Bagi Anda yang saat ini sedang mencari perhiasan dengan karakter unik dan menarik, bisa mencoba memilih perhiasan dengan bahan baku palladium. Selain emas, perak, dan tembaga, palladium juga salah satu batuan yang sering digunakan sebagai bahan dasar pembuatan perhiasan. Palladium sendiri terbentuk secara alami di alam dan harus ditambang terlebih dahulu. Di pasaran sendiri, palladium per gram dipatok mulai Rp210 ribuan.

Cincin palladium (sumber: mallownthyme.com)

Cincin palladium (sumber: mallownthyme.com)

Sebelum membahas lebih dalam mengenai harga palladium di pasaran, Anda juga perlu mengetahui kelebihan dan kekurangan palladium. Ini bisa Anda jadikan sebagai pertimbangan sebelum membeli palladium. Dengan mengetahui kekurangan dan kelebihannya, Anda juga akan mengetahui cara merawat palladium dengan baik. Berikut informasi mengenai kelebihan dan kekurangan palladium beserta penjelasannya.

Kelebihan dan Kekurangan Palladium

Sebagai Bahan Dasar Cincin Kawin

Salah satu keunggulan palladium, yaitu sebagai bahan dasar pembuatan cincin kawin. Tidak semua orang bisa menggunakan cincin berbahan dasar emas, apalagi bagi kaum pria. Seperti yang kita ketahui, bahwa seorang pria tidak boleh menggunakan cincin emas dalam ajaran agama Islam. Untuk itu, Anda bisa menggunakan palladium sebagai bahan dasar dalam pembuatan cincin kawin pada pria. 

Dengan menggunakan palladium, cincin kawin pada pria juga setara dengan cincin kawin yang terbuat dari batuan mulia, seperti emas maupun perak. Jika Anda seorang wanita dan ingin membuat cincin pernikahan berbahan dasar palladium, juga bisa. Pengguna cincin palladium tidak hanya pria saja, beberapa wanita juga menyukainya walaupun lebih banyak kaum Adam.

Tampilan Lebih Maskulin

Keunggulan lain yang dimiliki oleh palladium, yaitu tampilan yang lebih maskulin jika dibanding dengan beberapa jenis logam mulia lainnya. Bagi Anda yang ingin tampil maskulin dengan perhiasan, Anda bisa menggunakan palladium. Palladium tidak hanya digunakan sebagai keperluan perlengkapan pernikahan saja, tetapi juga digunakan sebagai bahan dasar pembuatan aksesoris pria.

Saat ini, juga sudah banyak ditemukan beragam aksesoris pria, seperti jam tangan yang terbuat dari palladium. Tampilannya yang tidak terlalu mencolok, walaupun sedikit mengkilap, tetap memberikan kesan maskulin pada diri Anda.

Sepasang cincin palladium (sumber: passionjewelry.co.id)

Sepasang cincin palladium (sumber: passionjewelry.co.id)

Bentuk Kebanggaan dan Status Sosial

Ada juga keunggulan dari palladium yang sering dijadikan bahan obrolan masyarakat. Perlu Anda ketahui bahwa palladium merupakan salah satu jenis logam perak langka yang tidak semua orang miliki. Untuk mendapatkan palladium di alam juga dibutuhkan ketelitian dan kerja keras yang ekstra, berbeda dengan emas atau perak.

Bagi pengguna logam mulia palladium, mereka juga akan merasa bangga mengenakannya. Hal ini juga bisa menjadi salah satu takaran mengenai status sosial. Biasanya, orang yang menggunakan aksesoris dengan bahan dasar palladium akan lebih dipandang memiliki status sosial tinggi. Ini juga terkait dengan harga palladium yang semakin mahal.

Warna Tidak Berubah

Palladium memiliki warna putih yang mirip dengan perak, dan sekilas tampak hampir sama dengan emas putih. Berbeda dengan kebanyakan logam yang dapat berubah warna, palladium tidak berubah warna sama sekali. Anda juga tidak perlu khawatir terhadap pengikisan logam, karena palladium juga salah satu jenis logam paling solid dan keras.

Palladium yang awet dan tahan lama juga menjadi salah satu keunggulannya. Dalam perawatannya juga sangat mudah, mengingat warna palladium tidak akan memudar. Anda hanya perlu membersihkan perhiasan maupun aksesoris yang terbuat dari palladium menggunakan lap basah. Akan lebih baik lagi jika Anda membersihkan di aksesoris, biasanya mereka juga akan menawarkan perbaikan jika aksesoris atau perhiasan Anda rusak. 

Masih Awam di Telinga

Salah satu kekurangan dari palladium, yaitu masih awam di telinga masyarakat. Apalagi untuk masyarakat kelas menengah ke bawah. Karena masih awam di telinga, hanya beberapa orang saja yang mengoleksi perhiasan maupun aksesoris dengan bahan palladium. Kebanyakan orang yang suka memamerkan palladium biasanya juga dari kalangan menengah ke atas.

Sedikit orang yang mengetahui palladium ini juga disebabkan oleh langkanya logam tersebut. Tidak semua orang bisa mendapatkan palladium dengan mudah, ini berbeda dengan perhiasan emas atau perak yang lebih banyak dijumpai di berbagai toko perhiasan. Palladium sendiri penjualannya juga tidak semudah emas atau perak karena masih langka dan jarang ditemui di pasar bebas.

Anting-anting palladium (sumber: gemgardener.com)

Anting-anting palladium (sumber: gemgardener.com)

Sedikit Toko Perhiasan Menawarkan Palladium

Karena masih awam di telinga banyak masyarakat, kebanyakan toko perhiasan juga tidak berani memperjualbelikan dalam jumlah banyak. Hanya beberapa toko perhiasan besar saja yang menjual palladium dan menerima penjualan palladium kembali. Toko-toko seperti ini biasanya adalah toko berlabel dan terkenal di kota-kota besar.

Untuk mendapatkan palladium pun, biasanya Anda harus melakukan pemesanan terlebih dahulu. Pemesanan logam palladium juga tidak bisa sehari atau dua hari saja, paling cepat biasanya seminggu hingga satu bulan. Ini juga berlaku bagi Anda yang ingin membeli perhiasan palladium dengan desain sendiri.

Setelah Anda mengetahui kelebihan dan kekurangan palladium di atas, Anda juga perlu mengetahui harga palladium. Sama seperti logam perhiasan pada umumnya, palladium juga dijual dengan takaran gr. Ini mempermudah para penjual untuk memperkirakan harga palladium yang Anda beli. Berikut ini rincian mengenai harga palladium di pasaran beserta kadarnya.

Harga Palladium per Gram

Tipe PalladiumHarga
Palladium 10%Rp210.000
Palladium 25%Rp280.000
Palladium 30%Rp350.000
Palladium 40%Rp431.500
Palladium 50%Rp480.000

Harga di atas dapat berubah sewaktu-waktu, pastikan anda melakukan pengecekan terlebih dahulu sebelum membeli.

Baca juga  Harga Kasur Busa Olympic (Semua Ukuran)
author

Leave a reply "Harga Palladium per Gram, Kelebihan dan Kekurangannya"