Info Terbaru Harga Anakan Kambing Etawa (Jantan & Betina)

Jenis kambing unggul yang dibudidayakan di Indonesia ada bermacam-macam. Salah satu jenis kambing yang banyak dibudidayakan karena dikenal menguntungkan adalah kambing etawa. Kambing satu ini bukan hanya bisa diambil dagingnya, tetapi juga bisa diperah susunya layaknya sapi. Karena menguntungkan, peternak kambing etawa pun terus berkembang luas di berbagai daerah. Apabila Anda tertarik untuk beternak kambing etawa, Anda bisa mulai memelihara sejak masih anakan. Dibanding membeli kambing etawa yang sudah dewasa, membeli anakan kambing etawa harga banderolnya relatif lebih murah.

Kambing etawa (sumber: adobe)
Kambing etawa (sumber: adobe)

Kambing etawa, atau disebut kambing Jamnapari, adalah jenis kambing yang berasal dari daerah Jamnapari, India. Kambing etawa ini merupakan kambing yang paling populer di kawasan Asia Tenggara. Di negara asalnya, jenis kambing ini termasuk jenis kambing dwiguna, yakni sebagai penghasil susu dan daging.

Bacaan Lainnya

Ciri-ciri Fisik Kambing Etawa

  • Bagian hidung sampai dahi bentuknya melengkung.
  • Telinganya panjang sampai mendekati 30 cm dan menggantung ke bawah.
  • Jantan dan betina sama-sama bertanduk.
  • Kakinya panjang, terdapat bulu panjang pada kaki belakang mulai dari bawah ekor sampai ke garis kaki.
  • Warna bulu belang, antara hitam dan putih, atau antara coklat dengan putih. Ada juga yang merupakan kombinasi tiga warna tersebut.
  • Produksi susu setelah beranak mencapai 3 liter per hari.
  • Bentuk ambing besar dan panjang seperti botol.
  • Tinggi badan kambing jantan antara 90 cm sampai 130 cm, dan kambing betina antara 75 cm sampai 100 cm.
  • Berat badan kambing jantan antara 50 kg, sampai 100 kg. Sedangkan kambing betina antara 35 kg sampai 70 kg.[1]
Baca juga  Harga Pupuk Dekastar (Semua Varian dan Kemasan)

Disebabkan tingkat produksi susu dan laju pertumbuhannya yang tinggi, serta didukung oleh daya adaptasi yang sangat baik terhadap kondisi lingkungan yang ekstrem, kambing ini banyak digunakan untuk memperbaiki mutu kambing-kambing lokal di suatu negara. Di Indonesia, perbaikan mutu genetik kambing lokal dengan kambing etawa menghasilkan kambing peranakan etawa (PE). Sentra terbesar kambing PE adalah di wilayah Kaligesing, Purworejo, Jawa Tengah.

Sejak beberapa tahun lalu, muncul sentra baru peternakan kambing PE di wilayah Jawa Tengah, yaitu Kecamatan Gumelar, Banyumas. Sentra baru ini bahkan sudah mulai menjual kambing-kambing PE yang dikembangkannya ke daerah lain, seperti Bogor, Sukabumi, Bandung, Lampung, dan Palembang. Di Jawa Timur, Banyuwangi sudah mulai berkembang menjadi sentra peternakan kambing PE, yang dilakukan oleh kelompok ternak Harapan Kita. Kedua sentra baru peternakan kambing PE ini berkembang berkat tingginya keinginan atau minat masyarakat serta dukungan pemerintah daerah.[2]

Seperti yang telah dipaparkan sebelumnya, dibanding membeli kambing etawa dewasa, harga anakan atau cempe kambing etawa masih relatif ramah di kantong. Harga kambing etawa dewasa bisa mencapai Rp6 jutaan per ekor. Sebagai gambaran, berikut ini informasi harga anakan kambing etawa dalam berbagai usia dan ukuran.

Baca juga  Info Terkini Harga Gyu Kaku

Daftar Harga Anakan Kambing Etawa

Anakan kambing etawa (sumber: tourbanyuwangi.com)
Anakan kambing etawa (sumber: tourbanyuwangi.com)
Jenis & Umur Anak Kambing Etawa Tinggi Harga (Rp)
Anak kambing etawa super betina 4-5 bulan 50 – 60 cm 1.700.000
Anak kambing etawa super betina 5-6 bulan 60 – 70 cm 2.000.000
Anak kambing etawa super jantan 4-5 bulan 60 cm ke atas 2.200.000
Anak kambing etawa super jantan 5-6 bulan 65 cm ke atas 2.500.000
Anak kambing etawa Kaligesing betina 4-5 bulan 50 – 60 cm 1.750.000
Anak kambing etawa Kaligesing jantan 4-5 bulan 50 – 60 cm 2.550.000
Anak kambing etawa Kaligesing betina 5-6 bulan 60 – 75 cm 2.900.000
Anak kambing etawa Kaligesing jantan 5-6 bulan 60 – 70 cm 2.975.000

Informasi harga anakan kambing etawa di atas dirangkum dari berbagai sumber. Perlu Anda ingat bahwa harga anak kambing etawa dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Jika dibandingkan dengan tahun 2020 dan 2021, harga anakan kambing etawa tahun 2022 mengalami kenaikan. Sebagai contoh, anak kambing etawa super betina 4-5 bulan dengan tinggi 50-60 cm yang dibanderol Rp1,2 jutaan per ekor tahun 2020 dan 2021, naik menjadi Rp1,7 juta per ekor tahun 2022. Selain itu, harga anakan kambing etawa yang berlaku di setiap tempat bisa saja berbeda-beda, tergantung dari penawaran pihak penjual.

Baca juga  Info Terbaru Harga Alat Lem Tembak dan Isinya (All Merk)

[Update: Almas]

[1] Suparman. 2007. Beternak Kambing. Jakarta: Azka Press, hlm. 7-8.

[2] Sodiq, A dkk. 2008. Meningkatkan Produksi Susu Kambing Peranakan Etawa (Ed. Tetty Y.). Jakarta: AgroMedia Pustaka, hlm 13.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.