Update Harga Buah Anggur Merah dan Bibitnya

No comment6629 views

Anggur merah merupakan salah satu jenis buah yang lezat dengan cita rasa manis dan segar. Ada banyak varian anggur merah yang dijual di pasaran, termasuk anggur merah jupiter, ninel, victor, nizina, everest, dan veles. Meskipun harganya tidak murah, banyak orang yang membelinya karena memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Ilustrasi: Buah Anggur Merah (credit: Healthline)

Ilustrasi: Buah Anggur Merah (credit: Healthline)

Mengulas soal varian buah anggur ternyata banyak ragamnya. Buah anggur dengan varian tertentu juga tumbuh di kawasan yang berbeda, mulai dari Vitis Labrusca,  Kyoho, Cotton Candy, Riesling, Pinot Noir, Moon Drops, dan Sweet Jubile. anggur tersebut tak berbentuk bulat tetapi juga oval dengan warna beragam, meliputi hijau muda, ungu, hitam, hingga merah. Saat ini kami akan mengulas lebih dalam soal anggur merah, dan berikut varian buah anggur merah yang mungkin dapat Anda temui.

Varian Buah Anggur Merah

  • Anggur Merah Jupiter. Jenis tanaman yang satu ini memiliki bentuk oval dengan buah berwarna merah keunguan jika sudah matang. Jika diamati, daging buahnya tebal dengan tekstur renyah dan tanpa biji. Tingkat produktivitas anggur meja ini terbilang cukup tinggi dengan tingkat kemanisan mampu mencapai 21 brix. Dalam budidayanya, buah anggur merah jenis jupiter harus melalui proses pemangkasan atau pruning. Biasanya dari pemangkasan sampai buah siap petik, membutuhkan waktu sekitar 105 hari. 
  • Anggur Merah Ninel. Anggur ninel akan mudah ditemui di pasaran Indonesia. Kawasan yang banyak melakukan budidaya tanaman adalah Bantul, Yogyakarta. Buah dengan cita rasa yang manis ini mampu memiliki tandan buah sangat besar dapat mencapai 1.000 hingga 3.000 . Namun, kulit buah pada anggur jenis ninel ini terbilang sangat tipis dengan daya tahan buah dan simpan pascapanen yang sangat bagus. Jika Anda seorang pemula dalam dunia pertanian buah, buah anggur merah ninel ini akan cocok ditanam karena mudah berbuah.
  • Anggur Merah Victor. Termasuk jenis tanaman dengan bentuk buah yang unik, yakni bulat lonjong. Meski berwarna merah, kulit buah anggur jenis victor ini akan berwarna hitam saat sudah matang. Jika Anda mengamati dengan saksama, daging buah ini juga tebal dan tekstur buah cenderung kering. Anggur merah jenis victor ini juga kerap disebut sebagai buah akademik avidzba dengan cita rasa manis sedikit masam, serta jumlah biji rata-rata 1 butir per buah. Victor dapat tumbuh di iklim panas seperti di kawasan Bekasi. Sama seperti anggur merah ninel, tandan buah ini begitu besar.
Buah anggur merah masak pohon (sumber: bibitonline.com)

Buah anggur merah masak pohon (sumber: bibitonline.com)

  • Anggur Merah Nizina. Tingkat kemanisan buah anggur merah nizina ini terbilang tinggi mencapai 19,5% brix. Bentuk buah bulat dengan kulit yang tebal tetapi lunak dan mudah dimakan. Saat matang, kulit buahnya berwarna merah keunguan dan memiliki daging buah tebal yang berair. Setelah berumur 2-3 tahun, tanaman nizina dapat dipanen dengan fase pematangan terbilang cepat sekitar 125-130 hari. Tangkainya tandan tunggal yang menghasilkan 700 sampai 2.500 gram setiap tangkai.
  • Anggur Merah Everest. Bukan berarti buah anggur merah everest ini hanya dapat ditemui di Gunung Everest. Varietas anggur meja dengan bentuk bulat ini memang langka. Petani anggur akan mendapatkan keuntungan dengan budidaya jenis ini karena mampu menghasilkan tandan buah yang besar, elegan tanpa goro shenie dengan berat berkisar antara 600-1.200 gram. Panen buah dapat dinikmati pada usia tanaman 1-2 tahun dan waktu pematangan sekitar 115-120 hari dengan daging buahnya tebal dan juicy.
  • Anggur Merah Veles. Anggur jenis ini dikenal rajin berbuah dan tanpa biji. Tampilan dan ukuran buah anggur merah ini begitu cantik dengan daging buah yang tebal dan padat. Warna kulit merah jambu dan sedikit transparan serta beraroma muscat. Keunggulan tanaman ini yakni mempunyai ketahanan terhadap penyakit jamur, baik pada suhu panas maupun dingin. Tak hanya itu, saat panen, anggur merah veles ini mampu menghasilkan tandan buah yang berukuran besar yakni berkisar antara 2.000-3.000 gram dengan tangkai tandan tunggal.

Manfaat Buah Anggur Merah

Wanita mengonsumsi buah anggur merah (sumber: expatica.com)

Wanita mengonsumsi buah anggur merah (sumber: expatica.com)

  • Menjaga kesehatan jantung. Anggur merah mengandung flavonoid, quercetin, dan rutin. Ketiga antioksidan ini berfungsi untuk menangkap radikal bebas dalam tubuh dan mampu mengurangi risiko terkena serangan jantung sebab dapat mengontrol tekanan . Selain itu, kadar kolesterol pada tubuh juga akan turun karena kandungan resveratrol dan saponin di dalamnya.
  • Menjaga kesehatan otak. Resveratrol dalam buah anggur merah mampu memperlancar peredaran darah menuju otak, sebab darah dibutuhkan otak sebagai sumber oksigen dan zat gizi agar bisa berfungsi dengan baik.
  • Meredakan gejala alergi dan peradangan. Ternyata buah anggur merah juga memiliki sifat anti-radang dan antihistamin. Peradangan sendiri adalah respons tubuh terhadap suatu bahaya, seperti stres, infeksi bakteri dan virus, serta bahan kimia beracun.
  • Mengendalikan gula darah. Jika Anda ingin mengontrol kadar gula dalam darah, tambahkan buah anggur merah dalam menu sehari-hari. Penelitian telah menemukan bahwa senyawa ini dapat mengurangi kadar gula darah serta meningkatkan sensitivitas insulin bagi orang dengan diabetes. 
  • Menjaga kesehatan mata. Selain wortel, anggur merah memiliki manfaat yang baik untuk mata Anda. Buah ini mengandung lutein dan zeaxanthin, yaitu dua karotenoid dengan sifat antioksidan yang penting bagi kesehatan mata Anda. Kedua antioksidan ini dapat membantu menyaring gelombang cahaya biru yang berbahaya dari gadget dan membantu melindungi sel-sel mata Anda. Sejumlah studi juga mengemukakan bahwa lutein dan zeaxanthin dapat membantu mengurangi risiko penyakit mata kronis seperti katarak dan degenerasi makula pada lansia. 

Untuk memastikan manfaat buah anggur merah, memang diperlukan penelitian lebih lanjut. Ada baiknya, Anda juga mengimbangi asupan nutrisi dari berbagai jenis buah lainnya. 

Ilustrasi: Benih Anggur Merah dari Biji (credit: askthescientists)

Ilustrasi: Benih Anggur Merah dari Biji (credit: askthescientists)

Harga Bibit Buah Anggur Merah 

Varian Bibit Anggur MerahHarga
Anggur Merah Jupiter 1 kgRp110.000 
Anggur Merah Ninel 2 kgRp200.000
Anggur Merah Victor 1kgRp125.000
Anggur Merah Everest 500 grRp125.000
Anggur Merah Veles 1 kgRp125.000
Anggur Merah Nizina 1 kgRp125.000

Sementara itu, untuk buah anggur merah segar di jual dengan harga Rp75 ribu hingga Rp85 ribu per kg. Harga buah anggur ini tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu. Jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya, harga buah anggur merah saat ini mengalami penurunan. Tahun lalu, anggur merah dijual dengan harga Rp100 ribu hingga Rp200 ribu per kg.

[Update: Almas]

Baca juga  Info Harga Benih dan Sayur Bayam Merah di Pasaran
author
Pengamat dinamika harga. Pengelola toko dan counter. Ex-wartawati media lokal.

Leave a reply "Update Harga Buah Anggur Merah dan Bibitnya"