Update Harga Buah Anggur Merah dan Bibitnya

Anggur merah merupakan salah satu jenis buah yang lezat dengan cita rasa manis dan segar. Ada banyak varian anggur merah yang dijual di pasaran, termasuk anggur merah jupiter, ninel, victor, nizina, everest, dan veles. Meskipun harganya tidak murah, tidak sedikit yang membelinya karena memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Buah anggur merah masak pohon (sumber: bibitonline.com)
Buah anggur merah masak pohon (sumber: bibitonline.com)

Mengulas soal varian buah anggur, ternyata banyak ragamnya. Buah anggur dengan varian tertentu juga tumbuh di kawasan yang berbeda, mulai dari Vitis Labrusca,  Kyoho, Cotton Candy, Riesling, Pinot Noir, Moon Drops, dan Sweet Jubile. Varietas anggur tersebut tak cuma berbentuk bulat, tetapi juga oval dengan warna beragam, meliputi hijau muda, ungu, hitam, hingga merah. Saat ini kami akan mengulas lebih dalam soal anggur merah, dan berikut varian buah anggur merah yang mungkin dapat Anda temui.

Bacaan Lainnya

Varian Buah Anggur Merah

  • Anggur Merah Jupiter. Jenis tanaman yang satu ini memiliki bentuk oval dengan kulit buah berwarna merah keunguan jika sudah matang. Jika diamati, daging buahnya tebal dengan tekstur renyah dan tanpa biji. Tingkat produktivitas anggur meja ini terbilang cukup dengan tingkat kemanisan mampu mencapai 21 brix. Dalam budidayanya, buah anggur merah jenis jupiter harus melalui proses pemangkasan atau pruning. Biasanya dari pemangkasan sampai buah siap petik, membutuhkan waktu sekitar 105 hari.
  • Anggur Merah Ninel. Anggur ninel akan mudah ditemui di pasaran Indonesia. Kawasan yang banyak melakukan budidaya tanaman adalah Bantul, Yogyakarta. Buah dengan cita rasa yang manis ini mampu memiliki tandan buah sangat besar dapat mencapai 1.000 hingga 3.000 gram. Namun, kulit buah pada anggur jenis ninel ini terbilang sangat tipis dengan daya tahan buah dan simpan pascapanen yang sangat bagus. Jika Anda seorang pemula dalam dunia pertanian buah, buah anggur merah ninel ini akan cocok ditanam karena mudah berbuah.
  • Anggur Merah Victor. Termasuk jenis tanaman dengan bentuk buah yang unik, yakni bulat lonjong. Meski berwarna merah, kulit buah anggur jenis victor ini akan berwarna hitam saat sudah matang. Jika Anda mengamati dengan saksama, daging buah ini juga tebal dan tekstur buah cenderung kering. Anggur merah jenis victor ini juga kerap disebut sebagai buah akademik avidzba dengan cita rasa manis sedikit masam, serta jumlah biji rata-rata 1 butir per buah. Victor dapat tumbuh di iklim panas seperti di kawasan Bekasi. Sama seperti anggur merah ninel, tandan buah ini begitu besar.
  • Anggur Merah Nizina. Tingkat kemanisan buah anggur merah nizina ini terbilang tinggi mencapai 19,5% brix. Bentuk buah bulat dengan kulit yang tebal tetapi lunak dan mudah dimakan. Saat matang, kulit buahnya berwarna merah keunguan dan memiliki daging buah tebal yang berair. Setelah berumur 2-3 tahun, tanaman nizina dapat dipanen dengan fase pematangan terbilang cepat sekitar 125-130 hari. Tangkainya tandan tunggal yang menghasilkan 700 sampai 2.500 gram setiap tangkai.
  • Anggur Merah Everest. Bukan berarti buah anggur merah everest ini hanya dapat ditemui di Gunung Everest. Varietas anggur meja dengan bentuk bulat ini memang langka. Petani anggur akan mendapatkan keuntungan dengan budidaya jenis ini karena mampu menghasilkan tandan buah yang besar, elegan tanpa goro shenie dengan berat berkisar antara 600-1.200 gram. Panen buah dapat dinikmati pada usia tanaman 1-2 tahun dan waktu pematangan sekitar 115-120 hari dengan daging buahnya tebal dan juicy.
  • Anggur Merah Veles. Anggur jenis ini dikenal rajin berbuah dan tanpa biji. Tampilan dan ukuran buah anggur merah ini begitu dengan daging buah yang tebal dan padat. Warna kulit merah jambu dan sedikit transparan serta beraroma muscat. Keunggulan tanaman ini yakni mempunyai ketahanan terhadap penyakit jamur, baik pada suhu panas maupun dingin. Tak hanya itu, saat panen, anggur merah veles ini mampu menghasilkan tandan buah yang berukuran besar yakni berkisar antara 2.000-3.000 gram dengan tangkai tandan tunggal.

Manfaat Buah Anggur Merah

Wanita mengonsumsi buah anggur merah (sumber: expatica.com)
Wanita mengonsumsi buah anggur merah (sumber: expatica.com)
  • Menjaga kesehatan jantung. Anggur merah mengandung flavonoid, quercetin, dan rutin. Ketiga antioksidan ini berfungsi untuk menangkap radikal bebas dalam tubuh dan mampu mengurangi risiko terkena serangan jantung sebab dapat mengontrol tekanan darah. Selain itu, kadar pada tubuh juga akan turun karena kandungan resveratrol dan saponin di dalamnya.
  • Menjaga kesehatan otak. Resveratrol dalam buah anggur merah mampu memperlancar peredaran darah menuju otak, sebab darah dibutuhkan otak sebagai sumber oksigen dan zat gizi agar bisa berfungsi dengan baik.
  • Meredakan gejala alergi dan peradangan. Ternyata buah anggur merah juga memiliki sifat anti-radang dan antihistamin. Peradangan sendiri adalah respons tubuh terhadap suatu bahaya, seperti stres, infeksi bakteri dan virus, serta bahan kimia beracun.
  • Mengendalikan gula darah. Jika Anda ingin mengontrol kadar gula dalam darah, tambahkan buah anggur merah dalam menu diet sehari-hari. Penelitian telah menemukan bahwa senyawa ini dapat mengurangi kadar gula darah serta meningkatkan sensitivitas bagi orang dengan diabetes.
  • Menjaga kesehatan mata. Selain wortel, anggur merah memiliki manfaat yang baik untuk mata Anda. Buah ini mengandung lutein dan zeaxanthin, yaitu dua karotenoid dengan sifat antioksidan yang penting bagi kesehatan mata Anda. Kedua antioksidan ini dapat membantu menyaring gelombang cahaya biru yang berbahaya dari gadget dan membantu melindungi sel-sel mata Anda. Sejumlah studi juga mengemukakan bahwa lutein dan zeaxanthin dapat membantu mengurangi risiko penyakit mata kronis seperti katarak dan degenerasi makula pada lansia.

Tanaman anggur merah akan tumbuh subur di lahan yang gembur dan kaya bahan organik di ketinggian 25-300 mdpl dengan temperatur suhu rata-rata 25-310° Celcius. Selain itu, juga akan tumbuh baik dengan curah hujan sekitar 800 mm/tahun, 3-4 bulan kering, serta pH tanah mencapai 6-7. Lalu, bagaimana cara budidaya anggur merah?

Ilustrasi: Benih Anggur Merah dari Biji (credit: askthescientists)
Ilustrasi: Benih Anggur Merah dari Biji (credit: askthescientists)

Cara Budidaya Anggur Merah

  • Persiapan lahan. Anda dapat membersihkan, meratakan, dan menggemburkan lahan dari semak belukar dan gulma menggunakan mesin bajak lahan.
  • Membuat lubang tanam. Anda dapat membuat lubang tanam 60 x 60 x 50 cm atau 75 x 75 x 70 cm dengan jarak tanam 3 x 3 m atau 5 x 4 m. Setelah 2-4 minggu sebelum dilakukan penanaman, Anda dapat memberi pupuk kandang 5-7 kg per lubang tanam sebagai pupuk dasar di awal pertumbuhan sebelum dilakukan penanaman.
  • Penanaman anggur merah. Anda dapat mulai menanam anggur merah pada saat musim kemarau, sekitar bulan Juni dan Juli. Jarak tanam bisa diatur dengan pola 3 x 3 m2, 4 x 4 m2, 3 x 5 m2, 3 x 4 m2, 4 x 5 m2, 4 x 5 m2, 3 x 5 m2, dan 4 x 6 m2.
  • Perawatan tanaman. Anda harus rajin memeriksa kondisi anggur merah apabila terdapat tanaman yang tidak sehat atau mati. Selain itu, kegiatan penjarangan buah penting dilakukan karena anggur merah yang terlalu rapat dapat merusak perkembangan buah dan menurunkan kualitas buah.
  • Pemupukan tanaman. Dosis pupuk yang diberikan tentu berbeda-beda, tergantung usia tanaman anggur merah.
  • Panen anggur merah. Panen buah anggur merah dapat dilakukan setelah umur 8 bulan-1 tahun, dan buah berikutnya 1-2 kali setahun secara terus menerus, tergantung pangkas buah dan varietas anggur.

Apabila Anda tertarik membudidayakan buah anggur merah, sebenarnya tidak sulit mendapatkan bibit buah ini. Pasalnya, Anda sudah bisa membelinya di berbagai toko pertanian. Bahkan, Anda sekarang dapat memesannya lewat sejumlah situs jual beli online. Sebagai referensi, berikut kisaran harga bibit anggur merah saat ini di pasaran.

Buah Anggur Merah dan Bibitnya (sumber: getwallpapers.com)
Buah Anggur Merah dan Bibitnya (sumber: getwallpapers.com)

Harga Bibit Anggur Merah

Varian Bibit Anggur MerahHarga
Bibit Anggur Merah Lokal 200 grRp10.000
Bibit Anggur Merah Jupiter 1 kgRp90.000
Bibit Anggur Merah Victor 1 kgRp100.000
Bibit Anggur Merah Everest 600 grRp125.000
Bibit Anggur Merah Nizina 1 kgRp150.000
Bibit Anggur Merah Veles 1 kgRp153.000
Bibit Anggur Merah Ninel 1 kgRp200.000

Informasi harga bibit anggur merah di atas kami peroleh dari berbagai sumber. Perlu Anda catat bahwa harga bibit anggur merah tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Sebagai , tahun lalu bibit anggur merah Everest 500 gram dijual Rp125 ribu, sedangkan harga bibit anggur merah Veles 1 kg berkisar Rp181 ribuan.

Harga Buah Anggur Merah

Sementara itu, untuk buah anggur merah segar, sekarang dijual dengan harga mulai Rp70 ribu sampai Rp105 ribuan per kg, tidak jauh berbeda dari tahun lalu yang ditawarkan dengan harga rata-rata Rp88 ribuan per kg. Apabila Anda berbelanja di Superindo, anggur merah globe ditawarkan seharga Rp4.995 per 100 gram, sedikit naik dari tahun lalu yang dijual Rp4.490. Perlu diingat, harga buah anggur ini tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu, tergantung kebijakan pihak penjual. (Panca)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *