Info Terbaru Harga Cat Vinilex (1 Kg, 5 Kg, 25 Kg)

Di segmen , nama Nippon Paint bisa dikatakan sebagai salah satu pemain utama di pasar Indonesia. Ada beragam cat yang telah diluncurkan oleh tersebut, sebut saja merek Weatherbond dan Vinilex. Khusus untuk produk Vinilex, cat tembok ini tersedia dalam kemasan 1 kg, 5 kg, dan 25 kg, serta ditawarkan di kisaran harga puluhan hingga ratusan ribu rupiah.

Tentang Produk Cat

Harga, cat, Vinilex, Nippon Paint, Nippon Vinilex, ukuran, 1, 5, 25 kg, super, easy, wash, varian, produk, kompetitif, tembok, dinding, cat tembok, eksterior, interior, tahan lama, rumah, hunian, konsumen, perabotan, kawasan, iklim, tropis, kualitas, cuaca, ekstrem, hasil, produksi, Jepang, per, jenis, pasaran, tipe, warna

Mewarnai tembok dengan cat

Sebelum membahas mengenai cat Vinilex, alangkah lebih baik jika kita mengetahui sekilas tentang cat. Cat adalah produk yang digunakan untuk melindungi dan memperindah (protective & decorative) suatu objek atau permukaan dengan melapisinya menggunakan suatu lapisan berpigmen maupun tidak berwarna (pernis). Cat dapat digunakan pada hampir semua jenis objek, antara lain untuk menghasilkan karya seni (oleh pelukis untuk membuat lukisan), salutan industri (industrial coating), bantuan pengemudi (marka jalan), atau pelindung (untuk mencegah korosi atau kerusakan oleh air).

Secara umum, cat terdiri dari empat bagian, yaitu:

  • Binder, yang merupakan komponen pokok dalam cat yang berfungsi sebagai bahan perekat yang akan merekatkan lapisan cat pada media, bahan binder juga berperan membangun karakteristik lapisan cat atau coating.
  • Solvent, atau biasa disebut bahan pelarut, yang berfungsi untuk melarutkan bahan-bahan utama seperti binder, filler/pigment, dan additive. Bahan solvent juga digunakan sebagai bahan mengencerkan cat sebelum di aplikasikan ke barang.
  • Pigment atau filler, yaitu bahan pengisi yang berfungsi sebagai komponen utama pembentuk lapisan cat serta sebagai bahan pewarna untuk menciptakan tampilan warna lapisan film cat. Kombinasi jenis dan komposisi bahan filler yang baik akan menciptakan sifat daya tutup cat yang baik.
  • Additive, yaitu bahan tambahan untuk menjadikan cat mudah diaplikasikan dan hasilnya sesuai dengan keinginan.

Berdasarkan jenis binder yang digunakan, cat bisa dibagi menjadi cat epoxy, cat PU, cat melamin, cat NC, cat acrylic, cat alkyd, dan sebagainya. Sementara, berdasarkan jenis pelarut yang digunakan, cat dikelompokkan menjadi tiga kategori, yaitu cat minyak, cat thinner, dan cat air. Nah, berdasarkan jenis filler atau pigment yang dipakai, cat dibedakan menjadi cat organik, cat anorganik, cat zink chromate, dan sebagainya.

Selain pengelompokan tersebut, cat juga bisa dibedakan berdasarkan jenis permukaan yang akan dilapisi. Di pasaran, kita tentu mengenal cat , yang khusus ditujukan untuk melapisi bahan atau objek yang terbuat dari besi, dan cat tembok atau cat dinding yang umum dipakai untuk melapisi dinding . Di samping itu, ada juga cat yang bisa digunakan untuk kedua media tersebut.

Pengertian Cat Tembok

Ilustrasi: mengecat tembok dengan kuas roller

Ilustrasi: mengecat tembok dengan kuas roller

Sesuai namanya, cat tembok adalah cat yang digunakan khusus untuk tembok atau dinding dan tidak dapat dialihfungsikan untuk cat pada media lain. Cat tembok ini memiliki pengaruh yang besar terhadap keindahan dan kebersihan suatu ruangan. Ruangan yang tadinya terlihat suram akan terlihat lebih segar dan ceria jika temboknya dilapisi cat dengan warna yang fresh.

Jenis Warna Cat Tembok

  • Tipe matte atau doff. Ketika diaplikasikan pada dinding, cat ini akan meresap dan sangat menempel, serta memberikan efek kilap pada permukaan dinding namun tetap terlihat lembut. Cat dinding doff biasanya lebih tahan terhadap cuaca dan panasnya sinar matahari, sehingga cocok digunakan pada dinding luar rumah. Efeknya yang lembut juga membuat cat dinding tipe matte ini cocok digunakan untuk kamar tidur Anda.
  • Tipe eggshell. Tampilan cat ini, sesuai namanya, memang mirip kulit telur, sedikit bertekstur namun tetap halus. Dibandingkan cat tipe matte, eggshell tidak terlalu memantulkan sinar matahari dan lebih mudah dibersihkan sehingga cocok diterapkan di ruang tamu atau ruang keluarga.
  • Tipe satin. Tampilan warna cat ini cenderung mewah, namun tidak glossy, dan juga tidak terlalu menempel. Ketika Anda menyentuhnya, tipe cat satin sangat lembut di tangan. Cat ini biasanya digunakan untuk ruang galeri atau restoran dengan efek warna yang teduh.
  • Tipe glossy. Tipe ini dibagi menjadi dua, yaitu high gloss yang cenderung memantulkan cahaya sehingga terlihat berkilau namun mudah dibersihkan, dan semi-gloss yang memiliki tingkat kilap yang lebih rendah dan tidak mudah mengelupas. 

Kelebihan Cat Tembok Vinilex

Vinilex merupakan salah satu merek cat tembok yang diproduksi oleh Nippon Paint. Dalam situs resmi perusahaan, cat ini diklaim sebagai cat tembok nomor satu dan paling laris di Indonesia. Cat ini menggunakan bahan dasar resin kopolimer vinyl akrilik yang berkualitas tinggi. Cat Vinilex memiliki beberapa , di antaranya tahan disikat 1.200 kali, warna tahan lama, anti-pudar, anti-jamur, cepat kering, dan minimal cipratan ketika aplikasi.

Cat Tembok Vinilex (sumber: bukalapak)

Cat Tembok Vinilex (sumber: bukalapak)

Cat Vinilex dari Nippon Paint dapat digunakan untuk dinding interior maupun eksterior suatu bangunan, serta langit-langit berbahan dasar asbes, batako, beton, papan, mortar, dan lain sebagainya, baik yang baru atau yang sudah pernah dicat sebelumnya. Untuk mengaplikasikan cat ini, pengguna bisa menggunakan kuas, roll, atau spray dengan pengenceran menggunakan lima sampai 20 persen air bersih. Cat Vinilex sendiri memiliki durasi kering sentuh 15 menit dan kering keras sekitar satu jam.

Untuk mendapatkan cat merek Vinilex tidaklah susah. Pasalnya, cat ini sudah banyak dijual di berbagai toko bangunan maupun situs jual beli online. Seperti diutarakan sebelumnya, cat tembok Vinilex sekarang tersedia dalam tiga kemasan, yakni 1 kg, 5 kg, dan 25 kg. Berikut informasi terbaru harga cat tembok tersebut di pasaran.

Harga Cat Vinilex

KemasanHarga
Vinilex 1 kgRp35.000 – Rp45.000
Vinilex 5 kgRp118.000 – Rp148.500
Super Vinilex 5 kgRp179.300
Vinilex 25 kgRp575.000 – Rp715.000
Super Vinilex 25 kgRp869.000

Harga cat tembok Vinilex di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk toko bahan bangunan dan situs jual beli online. Jika dibandingkan tahun 2019 lalu, kemasan 1 kg dijual dengan harga sekitar Rp40 ribuan, kemasan 25 kg dilepas Rp100 ribu sampai Rp105 ribuan, sedangkan harga kemasan 25 kg sekitar Rp500 ribu sampai Rp550 ribuan per kaleng.

Baca juga  Harga Mesin Gilingan Kopi (Manual, Listrik, Otomatis)
loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Info Terbaru Harga Cat Vinilex (1 Kg, 5 Kg, 25 Kg)"