Update Harga Brasso 100 ml & 200 ml (Indomaret dan Alfamart)

Seiring waktu, produk yang terbuat dari material logam akan mengalami perubahan warna menjadi tampak kusut karena pengaruh cuaca atau pemakaian. Nah, untuk mengilapkan kembali logam yang Anda miliki sekaligus mencegahnya dari risiko berkarat, Anda dapat menggunakan Brasso. Sudah dijual bebas di pasaran, termasuk minimarket seperti Indomaret dan Alfamart, dan tersedia dalam beberapa ukuran kemasan, harga cairan ini ternyata relatif terjangkau.

Brasso untuk mengilapkan logam (sumber: instructables)
Brasso untuk mengilapkan logam (sumber: instructables)

Selain kayu, logam menjadi material yang kerap digunakan untuk membuat berbagai perabotan dan peralatan, termasuk furniture rumah tangga hingga komponen kendaraan bermotor. Pasalnya, bahan ini memiliki sifat khas, yakni berkilau, keras, punya kepadatan tinggi, dapat direnggangkan dan ditempa, memiliki titik leleh dan titik didih yang tinggi, serta menjadi konduktor panas dan listrik yang baik.[1]

Bacaan Lainnya

Meski demikian, logam tidak lepas dari kelemahan. Seiring waktu dan penggunaan, material yang terbuat dari bahan logam dapat pudar dan tidak berkilau lagi. Selain itu, logam juga rentan mengalami korosi atau karat. Bahkan, peristiwa korosi pada logam merupakan hal yang tidak dapat dielakkan lagi, yang bermula dari reaksi logam terhadap zat-zat di sekitarnya, misalnya udara dan air, sehingga menimbulkan senyawa baru yang dapat menimbulkan zat padat berwarna cokelat kemerahan yang bersifat rapuh dan berpori.[2]

Baca juga  Info Spesifikasi & Update Harga Meja Pingpong Donic (Semua Tipe)

Kegunaan Brasso

Sebenarnya, ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengembalikan kilau logam dan menurunkan risiko mengalami korosi, salah satunya melapisinya dengan Brasso. Brasso dapat dikatakan sebagai semir logam yang dirancang untuk menghilangkan noda pada kuningan, tembaga, krom, dan baja tahan karat. Produk ini tersedia baik secara langsung sebagai cairan atau sebagai bantalan gumpalan yang diresapi.

Brasso konon berasal dari Inggris dan sudah ada sejak tahun 1905 silam. Karena komponen hidrokarbon dalam itu, Brasso kala itu memiliki titik nyala 72 derajat Fahrenheit (uji Abel Close) dan akhirnya digolongkan oleh perusahaan kereta api sebagai barang berbahaya. Klasifikasi ini memungkinkan perusahaan kereta api mengenakan biaya lebih untuk mendistribusikan Brasso ke seluruh negeri.

Reckitt kemudian meminta agar polesan tersebut dikategorikan ulang dengan harapan dapat mengurangi biaya, tetapi perusahaan kereta api tidak setuju. Akibatnya, pada tahun 1913, kasus tersebut dibawa ke Railway and Canal Commissioners untuk diambil keputusan. Setelah sidang yang berlangsung selama dua hari, para komisaris memutuskan mendukung perusahaan kereta api, dan Brasso tetap digolongkan sebagai zat berbahaya untuk keperluan transportasi kereta api.

Meski demikian, cairan ini semakin populer di Inggris, menjadi tersedia secara luas, dan akhirnya menggantikan poles bergaya pasta sebelumnya. Produk mengalami sangat sedikit perubahan, baik dalam komposisi atau desain paket, selama seabad terakhir. Kaleng produk bahkan seringkali dikumpulkan sebagai contoh khas desain iklan Inggris.

Baca juga  Varian Ukuran dan Update Harga Kertas Asturo di Pasaran

Sementara itu, di AS, produk Brasso saat ini tidak sama dengan produk lawas. Pabrikan, Reckitt Benckiser, sudah bertahun-tahun tidak memproduksi versi gumpalan yang diresapi. Formula tersebut berubah pada tahun 2008 untuk mematuhi undang-undang senyawa organik volatil AS, sedangkan kemasan botol logam diganti dengan yang plastik.

Secara umum digunakan untuk memoles logam, Brasso juga telah dipakai untuk memoles CD, DVD, layar, dan kolam guna memperbaiki goresan. Karena merupakan pelarut ringan dan abrasif yang sangat halus, ketika diaplikasikan pada permukaan reflektif disk dan digosok secara radial (dalam garis lurus antara tepi dan tengah), Brasso diklaim dapat menghaluskan goresan dan mengurangi efeknya.

Ilustrasi: memoles logam (sumber: willowandstone.co.uk)
Ilustrasi: memoles logam (sumber: willowandstone.co.uk)

Saat ini, Brasso telah tersebar di berbagai negara, termasuk Indonesia. Tidak sulit mendapatkan produk pemoles ini. Anda sudah dapat membelinya di sejumlah minimarket seperti Indomaret dan Alfamart, supermarket, atau lewat situs jual beli online. Tersedia dalam berbagai ukuran, harga Brasso ternyata sangat terjangkau. Berikut informasi terbaru kisaran harganya di pasaran dalam negeri.

Harga Brasso

Tempat Pembelian Harga Brasso
Alfamart Brasso 100 ml : Rp24.900
E-commerce Brasso 100 ml : Rp21.600 – Rp29.000
Brasso 200 ml : Rp31.000 – Rp43.250
Baca juga  Keunikan dan Update Harga Songkok Recca Bugis

Harga Brasso di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk sejumlah toko bahan bangunan dan beberapa situs jual beli online. Jika dibandingkan penawaran sebelumnya, harganya saat ini cenderung stabil. Brasso 100 ml misalnya, awalnya dijual mulai Rp19 ribu dan sekarang sedikit naik menjadi Rp21 ribuan. Sementara itu, di Indomaret, ketika tulisan ini ditayangkan, minimarket tersebut kebetulan belum menyediakan Brasso. Namun, untuk info lebih detail, Anda dapat menuju Indomaret terdekat.

Cara Menggunakan Brasso

Apabila Anda ingin mengaplikasikan cairan ini, caranya tidak sulit. Misalnya untuk membersihkan noda pada jam tangan, Anda bisa mencelupkan kain bersih ke botol Brasso atau teteskan satu hingga dua tetes cairan Brasso pada kain. Setelah itu, gosok bagian jam tangan yang kotor menggunakan kain tersebut secara halus dan perlahan. Jika sudah rampung, bersihkan sisa cairan Brasso menggunakan alkohol atau thinner.

[1] Riyadi, Tri Widodo Besar, dkk. 2014. Pengaruh Waktu Tahan terhadap Nilai Kilap dan Ketebalan Lapisan Tembaga pada Proses Elektroplating Baja Karbon Tinggi. Media Mesin, Vol. 15(2): 87-92.

[2] Sari, Andarany Kartika. 2017. Studi Karakterisasi Laju Korosi Logam Aluminium dan Pelapisan dengan Menggunakan Membran Sellulosa Asetat. Jurnal Teknik Mesin Universitas Mercu Buana, Vol. 6(1): 36-40.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.