Biaya Sekolah di Charis National Academy Malang

Kota Malang dikenal sebagai Kota Pendidikan. Hal tersebut ditandai dengan adanya berbagai /lembaga pendidikan. Tempat menempuh pendidikan tersebut juga telah dikenal di seluruh , bahkan juga sudah ada yang berada pada peringkat internasional.

biaya, sekolah, di, Charis, National, Academy, Jalan, Teluk, Bodas, Malang, yayasan, Indonesia, murid, lulusan, universitas, Amerika Serikat, Singapura, Brawijaya, TK, SD, SMP, SMA, sekolah, nama, nilai, dasar

Charis National Academy (www.kemdikbud.go.id)

Selain kampus-kampus negeri, Malang juga memiliki lembaga pendidikan lain non-negeri (). Salah satunya adalah Charis National Academy. tersebut pertama kali didirikan oleh Paul Richardson di tahun 2001. itu didirikan untuk mendidik murid penganut agama Kristen supaya menjadi manusia yang nantinya dapat menjadi bagian masyarakat atau pribadi yang baik.

Pendirinya, Paul, bekerjasama dengan beberapa anggota dari Wesley International School untuk membentuk Yayasan di Indonesia yang akan membantu membentuk Charis National Academy. Awalnya, di tahun 2002-2003, sekolah tersebut hanya tersedia untuk kelas 1-4 (SD). Charis merayakan kelulusan muridnya pada tahun 2005.

Lalu, di tahun berikutnya (2006), Charis membuka kelas SMP. Dan, pada Juni 2008, Charis membuka kelas SMA. Seiring berjalannya waktu, Charis semakin melengkapi sekolahnya dengan membangun laboratorium, tempat olahraga, kantin, dan lainnya.

Di tahun 2012-2013, tiga bangunan berdiri di tanah tempat Charis berada. Ketiganya di bawah Yayasan Charis. Kidsland akhirnya resmi menjadi bagian dari Yayasan Charis, dan bangunannya pindah ke bangunan baru. Kidsland merupakan tempat untuk anak-anak TK sekolah.

biaya, sekolah, di, Charis, National, Academy, Jalan, Teluk, Bodas, Malang, yayasan, Indonesia, murid, lulusan, universitas, Amerika Serikat, Singapura, Brawijaya, TK, SD, SMP, SMA, sekolah, nama, nilai, dasar

Ilustrasi siswa SD

Charis National Academy berlokasi di Kota Malang, lebih tepatnya ada di Jalan Telaga Bodas 1-3. Charis mendidik muridnya menggunakan standar nasional. Charis mengikuti hukum dan kurikulum Indonesia. Dan, semua murid mengikuti ujian nasional. Charis menggunakan strategi pendidikan dan penambahan elemen pada kurikulum mereka yang menyebabkan kualitas dan relevansinya lebih baik.

Lulusan dari Charis Academy dapat melanjutkan sekolah di yang tidak hanya di Indonesia, tetapi juga di Amerika, Singapura, Malaysia, Kanada, dan Australia. Lulusan Charis bisa berbicara, membaca, dan berkomunikasi, serta mempunyai kemampuan mengerti Bahasa Inggris dengan baik. Dengan kemampuan tersebut, mereka bisa melanjutkan sekolah yang hanya menggunakan Bahasa Inggris.

Nama Charis National Academy memiliki arti. Charis sendiri merupakan bahasa Yunani untuk ‘Grace’, yang dalam Bahasa Indonesianya adalah rahmat/karunia. Hal itu menunjukkan bahwa mereka ada karena cinta dan kebaikan Tuhan untuk mereka. ‘National’ berarti tujuan sekolah untuk membuat lulusannya tumbuh dan menjadi manusia berguna di Indonesia. Lalu, ‘Academy’ mengacu kepada  istilah yang sering berkaitan dengan sekolah militer.

Menurut Charis, mereka tidak hanya mengajarkan pendidikan formal, tetapi juga membuat anak didiknya dapat menghadapi tantangan hidup dan menciptakan kreativitasnya untuk menjadi manusia sukses di manapun mereka berada.

Lantas, berapa biaya sekolah di Charis National Academy Malang? Biaya sekolah di tempat tersebut, secara periodik meningkat. Standar biayanya terbilang kompetitif di kawasan Malang. Tidak seperti sekolah pada umumnya, Charis membayar untuk seragam, buku, bahan-bahan, perjalanan wisata, dan kegiatan sekolah.

Selain itu, bantuan keuangan (finansial) tersedia bagi murid yang dilihat dari berbagai faktor, misalnya keadaan keuangan keluarga, kualitas murid, dan komitmen keluarga terhadap visi dan misi Charis. Beasiswa tidak menjamin untuk jangka panjang, tetapi dapat diperbarui secara periodik. Jika murid yang menerima beasiswa gagal dalam menempuh pendidikan, mengganggu, tidak sopan, atau jika orangtua murid ada masalah dengan sekolah, maka beasiswa tersebut bisa dibatalkan.

Dari tahun 2007 hingga 2011, murid Charis telah menyelesaikan pendidikan dari tingkat SD, SMP, dan SMA. Lulusan mereka 100% mampu melanjutkan pendidikan ke universitas manapun. Kini, lulusan Charis sudah di berbagai , seperti Amerika Serikat, Australia, Singapura, Malaysia, dan banyak universitas ternama di Indonesia, termasuk Universitas Brawijaya dan ITB.

biaya, sekolah, di, Charis, National, Academy, Jalan, Teluk, Bodas, Malang, yayasan, Indonesia, murid, lulusan, universitas, Amerika Serikat, Singapura, Brawijaya, TK, SD, SMP, SMA, sekolah, nama, nilai, dasar

Ilustrasi prestasi nonakademik

Banyak dari lulusan tersebut yang dinilai kompetitif dan nilai mereka di atas rata-rata pada ujian nasional. Lulusan Charis secara umum mampu berbicara Bahasa Inggris dan memiliki kemampuan kepemimpinan yang kuat. Seiring berjalannya waktu, murid Charis telah melewati berbagai proyek dan presentasi. Hal tersebut menjadikan mereka memiliki kemampuan berbicara di depan publik (public speaking). Murid mereka tumbuh menjadi pemikir yang kritis. Charis juga telah memenangkan berbagai kompetisi di tingkat kota, provinsi, dan nasional, baik di sisi , maupun non-.

Charis menawarkan 3 nilai dasar, yaitu karakter, kepemimpinan, dan kreativitas. Ketiga nilai tersebut berpengaruh terhadap keseharian murid mereka. Tujuan pendidikan di Charis adalah untuk membangun nilai-nilai tersebut terhadap muridnya, yang nantinya dapat tergabung antara setiap subjek pelajaran dan aktivitas.

Charis percaya bahwa Tuhan telah membuat setiap individu itu unik dan pastinya memiliki tujuan. Charis menempatkan prioritas tertinggi pada pertumbuhan dari masing-masing individu. Charis memberikan kesempatan untuk setiap orang dalam berkembang, baik secara individual atau di dalam sebuah komunitas.

biaya, sekolah, di, Charis, National, Academy, Jalan, Teluk, Bodas, Malang, yayasan, Indonesia, murid, lulusan, universitas, Amerika Serikat, Singapura, Brawijaya, TK, SD, SMP, SMA, sekolah, nama, nilai, dasar

Ilustrasi siswi sekolah Kristen

Berbicara mengenai ekstrakurikuler, Charis menawarkan kesempatan di berbagai bidang. Di antaranya teater, kelas matematika, kelas fisika, kelas biokimia, kelas sains, tim basket, tim futsal, tim sepakbola, band, kempo, catur, hip-hop, memasak, dan orkestra. Murid SMA Charis dapat memilih untuk menekuni pelatihan bisnis, kesehatan, dan komunikasi.

Jumlah siswa di Charis mulai dari murid TK hingga SMA berjumlah sekitar 650 siswa. Sekolah diakhiri pada jam 11.00 untuk murid TK, 14.30 untuk murid SD, 14.45 untuk murid SMP, dan 15.20 untuk murid SMA.

Charis tidak dimiliki secara individual. Walaupun sekolah tersebut didirikan oleh Paul Richardson, Charis dimiliki oleh Charis Foundation Indonesia (Yayasan Charis). Yayasan tersebut juga aktif menyelenggarakan lebih dari 25 proyek dalam bidang pendidikan, komunitas, dan pelatihan guru. Charis Foundation Indonesia berbasis di Malang.

Baca juga  Biaya Kuliah di President University Kelas Karyawan
loading...

Leave a reply "Biaya Sekolah di Charis National Academy Malang"