Update Info Harga Beras Kemasan 5 Kg di Alfamart & Indomaret

Beras, salah satu kebutuhan pokok masyarakat Indonesia ini, selain bisa diperoleh melalui pasar-pasar tradisional, juga dapat dibeli di berbagai ritel modern, seperti di Alfamart atau minimarket Indomaret. Di toko-toko waralaba terbesar di Tanah Air tersebut, beras dengan kemasan 5 kg dijual dengan harga bervariasi, tergantung mereknya.

Padi, beras, dan nasi (sumber: reviewbox.com)

Padi, beras, dan nasi (sumber: reviewbox.com)

Seperti diketahui, di Pulau Jawa terkenal dengan makanan pokoknya yaitu beras. Masyarakat di Jawa mengonsumsi beras yang sudah diolah dalam bentuk nasi.[1] Nah, Alfamart sendiri merupakan jaringan toko swalayan yang memiliki banyak cabang di Indonesia. Gerai ini umumnya menjual berbagai produk makanan, minuman, dan barang kebutuhan hidup lainnya termasuk beras. Ada lebih dari 200 produk makanan dan barang kebutuhan hidup lainnya yang dijual di Alfamart dengan harga yang bersaing. Di Indonesia, Alfamart sudah memiliki lebih dari seribu gerai yang tersebar di banyak kota dan desa.

Jenis Beras 5 Kg di Alfamart

Khusus untuk produk beras, Alfamart kini telah menyediakan beras dalam kemasan karung 5 kg. Ada banyak merek beras kemasan 5 kg yang disediakan di toko ini. Beras merek Rojolele misalnya, kemasan 5 kg ditawarkan dengan harga sekitar Rp72.900 tahun 2018 lalu, namun tahun 2019 turun jadi Rp68 ribu. Ada juga beras Rojo Premium branding Alfamart seharga Rp64 ribu saja.

Baca juga  Harga Squier Stratocaster Asli

Beras merek Rojolele sendiri memiliki bentuk yang khas, dengan bentuk yang bulat dan sebagian bijinya berwarna putih susu. Beras ini juga tidak memiliki aroma pandan seperti beras merk Pandan Wangi atau beras Sentra Ramos. Beras yang terkenal karena memiliki tekstur yang pulen lembut ini banyak tumbuh di daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Selain beras Rojolele, Alfamart juga menyediakan beras Pandan Wangi merek FS (Food Station). Jika ada promo, beras FS dalam kemasan 5 kg ditawarkan dengan harga mulai Rp66.900 sampai Rp67.900. Sayangnya harga tersebut adalah harga untuk tahun 2018 lalu dan saat ini Pandanwangi merek FS sudah tak tersedia di Alfamart. Sementara, beras merek atau produksi Alfamart sendiri, sekarang dijual dengan harga sekitar Rp87.900 untuk kemasan 5 kg, sedangkan beras Setra Ramos kemasan yang sama dijual mulai Rp64 ribu, masih sama dengan harga tahun 2018.

Di samping itu, toko waralaba ini juga sebelumnya menjual beras merek Maknyuss yang sempat menjadi perbincangan hangat di Indonesia beberapa waktu lalu. Beras produksi PT Indo Beras Unggul (PT IBU) itu tahun 2018 ditawarkan dengan harga normal Rp82.000 untuk kemasan 5 kg. Beras ini sendiri dikatakan beras jenis premium, meski klaim tersebut masih bisa diperdebatkan. Berikut daftar harga beras kemasan 5 kg yang ada di Alfamart untuk tahun 2021 yang dibandingkan dengan harga sebelumnya (tahun 2019)

Ilustrasi: beras dijual di minimarket (sumber: jawapos.com)

Harga Beras 5 Kg di Alfamart

Merek BerasHarga Sebelumnya (Rp)Harga Sekarang (Rp)
Raja Platinum Beras Super 5 kg62.50061.900
Alfamart Beras Setra Ramos 5 kg64.00064.000
FS Beras Setra Wangi Premium 5 kg64.00064.000
Kereta Kencana Beras Ramos 5 kg64.00064.000
Alfamart Beras Rojo Premium 5 kg64.00064.000
Alfamart Beras Setra Pulen 5 kg64.00060.500
Beras Super Kepala Rojolele 5 kg68.000-
Sania Beras Premium 5 kg-62.700
Alfamart Beras Kepala 5 kg-64.000
Beras Cap Gunung Emas Kotamobagu 5 kg (khusus Manado)-64.000
Beras Gudang Berkah Kotamobagu 5 kg (khusus Manado)-64.000
Harumas Beras Pandan Wangi 5 kg (khusus Batam)-65.000
Baca juga  Update Harga Urinoir TOTO Original (Semua Tipe)

Jenis Merek Beras 5 Kg di Indomaret

Tak jauh berbeda dengan Alfamart, Indomaret juga memiliki beberapa jenis beras yang dikemas dalam brandnya sendiri, yakni beras Indomaret. Selain itu, ada juga merek beras 5 kilo lainnya seperti Larisst dan yang terbaru adalah Sania. Berikut informasi lengkap harga beras 5 kg di Indomaret tahun 2021.

Ilustrasi: beras di jual di minimarket (sumber: straitstimes.com)

Ilustrasi: beras di jual di minimarket (sumber: straitstimes.com)

Harga Beras 5 Kg di Indomaret

Merek BerasHarga (Rp)
Indomaret Beras Ramos Super 5kg58.500
Indomaret Beras Pulen Wangi Premium 5 kg60.500
Indomaret Beras Kristal 5 kg63.800
Indomaret Beras Super Pandan Wangi 5 kg79.500
Larisst Beras Kepala Super 5 kg63.500
Sania Beras Premium 5 kg63.800

Layanan Alfamart & Indomaret

Selain menyediakan berbagai produk kebutuhan hidup, PT Sumber AlfariaTrijayaTbk juga terus berupaya memberikan layanan bernilai tambah (value added service) demi memenuhi kebutuhan masyarakat luas serta meningkatkan kepuasan konsumennya. Salah satu upaya yang dilakukan adalah melakukan kerja sama dengan berbagai pihak untuk menyediakan layanan pembayaran di jaringan toko Alfamart.

Baca juga  Spesifikasi dan Harga Tempat Tidur Rumah Sakit Terbaru

Saat ini, lebih dari 400 jenis layanan pembayaran telah disediakan di Alfamart. Layanan pembayaran yang disediakan di Alfamart mulai dari pembayaran listrik, air, TV berlangganan, angsuran kendaraan, dan tiket transportasi. Selain itu, konsumen juga bisa melakukan isi ulang pulsa, e-money, game voucher, sampai kirim atau transfer uang.

Sementara itu, Indomaret juga terus mengembangkan cakupan bisnisnya. Selain fokus di bisnis retail, Indomaret juga menyediakan layanan pengiriman barang lewat Indopaket yang memungkinkan pengguna jasa untuk mengirim dan mengambil paket di gerai-gerai Indomaret terdekat. Seperti halnya Alfamart, Indomaret juga menyediakan layanan delivery (pesan antar), pemesanan tiket, pembayaran tagihan, dan masih banyak lagi.

[Update: Dian]

[1] S, Lilik N. 2019. Mengenal Tanaman Makanan Pokok (hlm 2). Alfrida, editor. Semarang: Alprin.

author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Update Info Harga Beras Kemasan 5 Kg di Alfamart & Indomaret"