Update Biaya Sekolah Pilot (Penerbang) di STPI Curug

No comment5893 views

Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI) Curug, seperti namanya, merupakan setingkat perguruan tinggi yang bertujuan mencetak pilot-pilot yang andal, dan staf penerbangan lainnya. Berlokasi di Jalan Raya PLP Curug, Serdang Wetan, Legok, Tangerang, Provinsi Banten, sekolah atau pendidikan di tempat ini memang tidak bisa dikatakan murah.

Profil STPI Curug

STPI Curug merupakan salah satu perguruan tinggi kedinasan yang berada di bawah Kementerian Perhubungan Indonesia. Didirikan di , tepatnya di Gempol-Kemayoran pada tahun 1952 silam, institusi pendidikan ini awalnya diberi nama Penerbangan Indonesia (API). Kemudian, pada tahun 1954, Kampus API dipindahkan dari Jakarta ke wilayah Kecamatan Legok, Tangerang, dan akhirnya lebih dikenal sebagai Sekolah Pilot Curug.

Sekolah Pilot (Penerbang) STPI Curug - stpicurug.ac.id

Sekolah Pilot (Penerbang) STPI Curug - stpicurug.ac.id

Jika dirunut, pada tahun 1954, API pindah ke Curug, Tangerang, dan selang 15 tahun kemudian, API berubah nama menjadi Lembaga Pendidikan Perhubungan Udara (LPPU) di bawah Direktorat Jenderal Perhubungan Udara. Lalu, pada tahun 1978, LPPU kembali berubah nama menjadi Pendidikan dan Pelatihan Penerbangan (PLP) di bawah pengelolaan Badan Pendidikan dan Pelatihan Perhubungan. Setelah itu, pada tanggal 10 Maret 2000, berdasarkan Keputusan Presiden No. 43 Tahun 2010, PLP berubah nama menjadi Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STP) hingga sekarang.

Untuk mencetak pilot-pilot yang andal, selain materi seputar dunia penerbangan, STPI Curug juga telah didukung dengan yang dapat digunakan oleh peserta didik maupun para pegawai. yang ada di lingkungan Kampus STPI Curug relatif lengkap, dan tidak menutup kemungkinan dapat digunakan oleh masyarakat umum, mengingat STPI sekarang sudah berstatus PK-BLU. -fasilitas yang ada di tempat ini antara lain:

  • Alat transportasi, yang terdiri dari beberapa kendaraan operasional, mulai kendaraan dinas berpenumpang sedikit sampai kendaraan dinas berpenumpang banyak seperti bus. Bus-bus tersebut digunakan sebagai sarana transportasi peserta diklat dari dan menuju ke pendidikan atau lokasi yang lain.
  • Asrama, yang diperuntukkan tempat tinggal peserta diklat. Asrama tersebut berlokasi di area Curug 1 dan Curug 2. Kapasitas Curug 1 dapat menampung lebih dari seribu orang taruna, yang diharapkan semua peserta diklat dapat menggunakan fasilitas tersebut secara maksimal.
  • Kesehatan, meliputi klinik kesehatan yang didukung fasilitas yang sesuai dengan kelasnya serta tenaga medis, seperti dokter umum, dokter gigi, dan tenaga kesehatan lainnya. Layanan kesehatan ini diperuntukkan bagi seluruh peserta diklat, pegawai, dan juga menerima pasien atau masyarakat umum yang berdomisili di sekitar kampus.
  • Olahraga, diperuntukkan sebagai sarana untuk meningkatkan dan menjaga kebugaran para peserta diklat. Fasilitas olahraga di STPI Curug mencakup lapangan sepakbola, kolam renang, lapangan basket, lapangan bola voli, dan lapangan badminton.

Di samping fasilitas penunjang pendidikan seperti di atas, STPI Curug juga telah dilengkapi dengan fasilitas utama yang bertujuan menunjang kegiatan belajar dan mengajar. Fasilitas utama yang terdapat di tempat ini mencakup ruang kelas, laboratorium komputer, laboratorium terbuka (Bandara Budiarto), laboratorium bahasa, latih, hingga perpustakaan.

Studi di STPI Curug

Saat ini, STPI Curug menyelenggarakan jenjang pendidikan mulai Diploma II, Diploma III, hingga Diploma IV, yang terbagi menjadi empat jurusan atau program studi, yaitu Keselamatan Penerbangan, Manajemen Penerbangan, Penerbang, dan Teknik Penerbangan. Berikut rincian konsentrasi studi di STPI Curug.

Program StudiKonsentrasi
Keselamatan PenerbanganD3 Penerbangan, D4 Lalu Lintas Udara, D3 Pemanduan Lalu Lintas Udara, D3 Penerangan Aeronautika, D3, Pertolongan Kecelakaan Pesawat
Manajemen PenerbanganD3 Operasi Bandar Udara
PenerbangD2 Penerbang Sayap Putar, D2 Penerbang Sayap Tetap
Teknik PenerbanganD3 Teknik Bangunan & Landasan, D3 Teknik Listrik Bandar Udara, D4 Teknik Listrik Bandar Udara, D3 Teknik Mekanik Bandar Udara, D4 Teknik Navigasi Udara, D4 Teknik Pesawat Udara, D3 Teknik Pesawat Udara

Sayangnya, untuk tahun akademik 2019/2020, STPI Curug belum memberikan rincian resmi biaya pendidikan di sekolah ini. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena kami akan memberikan informasi biaya pendidikan tahun ajaran sebelumnya, yang tentunya bisa menjadi referensi sebelum mendaftarkan diri di tempat ini.

Sekolah Pilot (Penerbang) STPI - (Youtube: Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia Curug)

Sekolah Pilot (Penerbang) STPI - (Youtube: Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia Curug)

Biaya STPI Curug

Program StudiBiaya Total
D4 TNURp88.350.000
D4 TLBRp88.350.000
D4 LLURp86.360.000
D3 TMBRp66.650.000
D3 TBLRp66.650.000
D3 PKPRp66.650.000
D3 OBURp65.150.000
  • Biaya di atas total untuk delapan semester bagi Program D4 dan enam semester bagi Program D3.
  • Biaya di atas sudah termasuk biaya akademik, biaya perlengkapan, biaya permakanan, biaya asrama, dan biaya wisuda.

Syarat Pendaftaran STPI Curug

Dikutip dari situs resminya, STPI Curug membuka pendaftaran siswa baru melalui tiga jalur, yaitu Jalur Swadana, Jalur SIPENCATAR, dan Diklat Pendek. Secara umum, syarat pendaftaran melalui Jalur Swadana dan Jalur SIPENCATAR relatif sama, di antaranya:

  • maksimal 23 tahun pada saat mendaftar.
  • Terbuka bagi pria maupun wanita.
  • Belum menikah dan sanggup tidak menikah selama masa pendidikan, dibuktikan dengan Surat Pernyataan.
  • Tinggi badan pria minimal 165 cm dan wanita minimal 155 cm.
  • Melampirkan pasfoto terbaru ukuran 4 x 6 berwarna dengan latar belakang merah, fotokopi ijazah terakhir dan nilai UN, fotokopi Akta Kelahiran, fotokopi Kartu Keluarga, fotokopi KTP, dan Surat Keterangan Belum Menikah dari desa atau kelurahan.
  • Bagi yang masih duduk di kelas XII SMA, dibuktikan dengan Surat Keterangan dari kepala sekolah sebagai peserta UN.
  • Sehat jasmani dan rohani, tidak buta warna, dan tidak menggunakan kacamata atau lensa kontak.
  • Membayar biaya pendaftaran sebesar Rp150.000 dan biaya TPA sebesar Rp150.000.
  • Khusus untuk Jalur Swadana, juga membayar biaya psikotes sebesar Rp300.000, tes kesehatan sebesar Rp800.000 (belum termasuk tes bebas narkoba), tes kesamaptaan sebesar Rp300.000, dan tes wawancara sebesar Rp150.000.

Jadwal Pendaftaran STPI Curug

Menurut panduan pendaftaran SIPENCATAR, pendaftaran sekolah kedinasan untuk tahun akademik dibagi menjadi dua jalur, yaitu Pola Pembibitan dan Jalur Reguler, yang biasanya dimulai pada bulan April. Sementara, untuk Jalur Swadana atau Jalur Mandiri, masih belum diumumkan (biasanya sekitar bulan Juli hingga Agustus). Untuk informasi lebih lanjut, silakan menghubungi nomor telepon (021) 5982204 atau email di alamat [email protected]

(Panca)

Baca juga  Info Biaya Homeschooling di Ganesha Academy
loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Update Biaya Sekolah Pilot (Penerbang) di STPI Curug"