Ongkos Kirim (Ongkir) Pos Indonesia, TiKi, JNE Terbaru

Saat ini, pengiriman barang sudah menjadi bisnis yang menjamur di Indonesia. Ada banyak penyedia jasa kirim barang yang hadir demi memenuhi kebutuhan masyarakat dalam bisnis e-commerce yang kian ramai. Dari sekian banyak perusahaan, ada beberapa pilihan ekspedisi yang sering dipilih masyarakat karena kualitas serta kecepatan pengirimannya, yakni , TiKi, dan JNE dengan ongkos kirim berbeda-beda.

Ilustrasi Layanan Kirim Antar (sumber: havokjournal.com)
Ilustrasi Layanan Kirim Antar (sumber: havokjournal.com)

Jasa Ekspedisi POS INDONESIA

Tidak salah jika kita menyebut POS INDONESIA sebagai pelopor jasa ekspedisi di Indonesia. Awalnya, POS INDONESIA menyediakan jasa kirim surat maupun dokumen penting pada masa kedatangan bangsa Eropa ke Indonesia pada abad ke-17 atau ke-18.

Bacaan Lainnya

POS INDONESIA pertama kali didirikan pada tanggal 26 Agustus 1746 di Batavia (sekarang Jakarta) oleh Gubernur Jendral G.W Baron Van Imhoff. Tujuannya untuk lebih menjaga keamanan surat-surat para penduduk, bagi mereka yang berdagang dari kantor-kantor yang berada di wilayah luar Jawa dan terutama bagi para bangsawan yang datang dan pergi ke negara Belanda.

POS INDONESIA beberapa kali mengalami perubahan status, dimulai dengan Jawatan PTT (Post, Telegraph, dan Telephone) yang dipimpin oleh Kepala Jawatan (tidak bersifat komersial dan dimaksudkan untuk mengadakan pelayanan publik) hingga menjadi Perusahaan Negara Pos dan Telekomunikasi (PN Postel).

Tahun 1965 berganti menjadi Perusahaan Negara Pos dan Giro (PN Pos dan Giro), dan pada tahun 1978 berubah menjadi Perum Pos dan Giro yang sejak saat itu ditegaskan menjadi Badan Usaha Tunggal dalam menyelenggarakan dinas pos dan giropos. Selama 17 tahun berstatus Perum, pada Juni 1995 berubah menjadi Perseroan Terbatas dengan nama PT POS INDONESIA (persero).

Ekspansi wilayah pelayanan POS INDONESIA tidak hanya meliputi wilayah Indonesia saja, tetapi juga sudah meliputi dunia internasional. Pelayanan dalam skala internasional ini memungkinkan POS INDONESIA untuk melaksanakan salah satu tujuannya untuk bisa go international. Ekspansi wilayah pelayanan POS INDONESIA dilakukan dengan menjalin kerja sama dengan badan-badan usaha di negara lain yang berskala internasional, seperti Western Union.

Andil POS INDONESIA dalam melayani pelanggannya, baik di skala nasional maupun internasional, tidak terbatas hanya dalam dunia perposan, tetapi juga dalam dunia keuangan. Fasilitas transfer uang melalui  POS INDONESIA bisa dinikmati oleh para pelanggannya. Fasilitas pembayaran tagihan listrik, air, dan telepon pun bisa dinikmati di kantor-kantor POS INDONESIA.

Ilustrasi: Pos Indonesia (sumber: jeda.id)
Ilustrasi: Pos Indonesia (sumber: jeda.id)

Mengecek Ongkos Kirim POS INDONESIA

  • Buka situs www.posindonesia.co.id.
  • Pilih menu ‘Layanan Pelanggan’.
  • Pilih Layanan Domestik (jika Anda ingin mengirim barang via pos area dalam negeri).
  • Pada form ‘Hitung Kiriman Dalam Negeri’. Anda harus mengisi Kota Asal, Kota Tujuan, Berat Barang, dan Dimensi Kiriman.
  • Klik tombol ‘Tampilkan Tarif’ setelah melengkapi data di atas.
  • Masukkan kode keamanan lalu klik ‘Cari’.

Kesuksesan POS INDONESIA yang kian melonjak, membuat beberapa perusahaan turut andil dalam meluncurkan jasa ekspedisi serupa. Terlebih saat ini bisnis atau usaha jual beli online (e-commerce) sedang ramai-ramainya, sehingga berdampak pada kebutuhan pelanggan terhadap perusahaan penyedia jasa kirim barang. Beberapa perusahaan yang sukses menarik minat pelanggannya adalah TiKi dan JNE.

Jasa Ekspedisi TiKi

Ongkos Kirim TIKI - www.tikitegal.com
Ongkos Kirim TIKI – www.tikitegal.com

TiKi adalah salah satu jasa pengiriman yang terkenal dan sudah lama berkecimpung dalam dunia pengiriman barang maupun dokumen. Dilansir dari situs resminya, TiKi adalah perusahaan jaringan pengiriman yang didirikan oleh SoepraptoSoeparno dan NurainiSoeprapto pada 1 September 1970 silam. Setelah itu, perusahaan ini semakin diperkuat dengan bergabungnyaIrawanSaputra, Gideon Wiraseputra, dan Raphael Rusmadi di tahun 1972. Diawali dengan dua cabang utama di Pangkalpinang dan Semarang, saat ini TiKi diklaim sudah memiliki lebih dari 450 cabang, lebih dari 3.000 gerai, dan melayani 453 kabupaten dan kota di seluruh Indonesia.

Cara Mengecek Ongkos Kirim TiKi

  • Masuk ke situs resmi TiKi di tiki.id/id/beranda.
  • Pilih kolom Product Inquiry untuk cek ongkos kirim.
  • Masukkan kota asal.
  • Masukkan kota tujuan.
  • Masukkan barang.
  • Klik check.

Jasa Ekspedisi JNE

Karyawan JNE (jne.co.id)
Karyawan JNE (jne.co.id)

PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir atau JNE adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang pengiriman dan logistik. Paket perusahaan tersebut antara lain JNE Express, JNE Logistic, dan JNE Freight. Paket yang paling sering digunakan konsumen di seluruh Indonesia adalah JNE Express. Layanan tersebut terdiri dari bermacam-macam jenis, mulai dari JNE Express Super Speed, PESONA (Pesanan Oleh-oleh Nusantara), YES (Yakin Esok Sampai), REG (Regular), OKE (Ongkos Kirim Ekonomis), dan lainnya.

Cara Mengecek Ongkos Kirim Via JNE

  • Akses situs resmi JNE di www.jne.co.id/id/beranda dan isi form ‘Tarif Kiriman’.
  • Klik ‘Origin Shipment’ dan masukkan kota asal.
  • Klik ‘Destination Shipment’ dan masukkan kota tujuan.
  • Lengkapi form berat paket dengan satuan kg.
  • Tuliskan security code dengan benar.
  • Tekan tombol check setelah seluruh data diisi lengkap.

Sebagai informasi sekaligus pembanding, berikut adalah rangkuman ongkos kirim dari Jakarta ke Surabaya melalui jasa pengiriman POS INDONESIA, TiKi, dan JNE dengan berat barang sebesar 1 kg.

Ongkir Jakarta-Surabaya

POS INDONESIATiKiJNE
Pos Next Day (barang): Rp29.000Paket REG: Rp19.000Paket REG: Rp20.000
Pos Kargo barang: Rp50.000Paket ECO: Rp17.000Paket OKE: Rp17.000
Paket Reguler: Rp18.000Paket ONS: Rp36.000Paket YES: Rp37.000
Paket SDS: Rp45.000Paket JTR: Rp65.000
Paket TRC: Rp50.000Paket SPS: Rp483.000

Jika dibandingkan penawaran sebelumnya, tarif kirim POS INDONESIA dari Jakarta ke Surabaya saat ini cenderung turun. Misalnya, untuk layanan pengiriman Express Next Day yang semula dikenai tarif mulai Rp37 ribu, sekarang menjadi Rp29 ribu. Berbeda dengan tarif ongkir JNE dan TiKi yang terpantau tidak mengalami perubahan pada 2022.

Namun, pada 2023 ongkir JNE Jakarta-Surabaya untuk layanan REG naik dari Rp19 ribu jadi Rp20 ribu. Kemudian, untuk JTR (JNE Trucking) juga naik dari Rp50 ribu jadi Rp65 ribu. Perlu diingat, tarif atau ongkos kirim di atas bisa berubah sewaktu-waktu. Silakan cek melalui ketiga situs resmi ekspedisi tersebut untuk harga yang lebih akurat.

[Update: Dian]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3 Komentar