Keunggulan, Kekurangan dan Harga Behel Keramik

Behel atau kawat memiliki banyak , mulai dari kawat stainless steel hingga keramik yang harganya tidak bisa dibilang murah. Meskipun begitu, banyak orang yang ingin memasang kawat , khususnya varian keramik, karena bentuknya yang terbilang lebih cantik dan elegan.

Keunggulan dan Kekurangan Behel Keramik

Behel keramik (sumber: askthedentist.com)

Behel keramik (sumber: askthedentist.com)

Kawat gigi merupakan perangkat yang dipakai dalam orthodonsi untuk meluruskan gigi dan membantu memosisikan gigi sesuai dengan gigitan. Selain itu, behel berfungsi untuk mengatasi underbites, melolosi, overbites, gigitan silang, gigitan terbuka, gigitan yang mendalam, gigi bengkok, dan kelemahan lain pada gigi dan rahang.[1]

Semakin berkembangnya zaman, behel tidak hanya untuk mengatasi masalah pada gigi dan rahang. Behel juga dimanfaatkan sebagai salah satu aksesori pada gigi. Sehingga, munculah jenis behel berdasarkan bentuk dan yang dipakai. Nah, salah satu jenis behel yang sering dipakai orang sebagai fashion adalah kawat gigi keramik.

Kawat gigi keramik merupakan behel yang dibuat dengan bahan keramik yang struktur dan warnanya menyerupai gigi. Warnanya yang transparan atau menyerupai warna gigi, membuat pemakainya seolah tidak menggunakan behel. Behel keramik juga dilengkapi dengan wire atau kawat yang warnanya clear seperti gigi. Meskipun transparan dan tidak terlihat jelas, kawat gigi seperti ini terbilang modis di kalangan pencinta behel.

Baca juga  Info Komposisi, Manfaat,& Harga Pasta Gigi NASA

Behel keramik dengan desain minimalis dan elegan seperti ini lebih cocok dipakai oleh Anda yang mementingkan estetika dan gigi. Selain terkesan modis, kawat gigi keramik akan menutupi bentuk gigi Anda yang kurang sempurna dengan cara menyamakan warna behel dengan warna gigi Anda.

Dilansir dari klikdokter, behel keramik mampu merapikan gigi dengan cara perlahan. Cara kerjanya yang tidak terlalu cepat dan konstan, membuat Anda tidak merasakan di bagian rahang dan gusi saat terjadinya perubahan bentuk dan posisi gigi. Meskipun cara kerjanya terbilang agak lama, tetapi tetap efektif untuk membuat gigi Anda menjadi lebih rapi dan normal.

Keunggulan lain behel keramik adalah tidak menyebabkan Anda alergi. Bisa dibilang, behel keramik adalah pilihan tepat bagi Anda yang hipersensitif atau alergi terhadap logam. Ini karena wire pada kawat gigi keramik tidak berbahan logam. Anda tidak akan merasakan seperti ruam, nyeri, dan sariawan setelah pemasangan behel.

Baca juga  Update Terkini Biaya Tambal Gigi Geraham di Puskesmas & Rumah Sakit

Kawat gigi keramik juga tidak akan mengganggu hasil foto rontgen. Ini karena kawat gigi berwarna bening atau translucent. Sehingga, jika Anda mengalami cedera di bagian wajah dan harus melakukan foto rontgen, Anda tidak perlu melepas behel Anda sebelum foto.

Perawatan behel keramik (sumber: smileupdental.co.uk)

Perawatan behel keramik (sumber: smileupdental.co.uk)

Meskipun kawat gigi keramik memiliki banyak keunggulan, ada juga kelemahannya. Pengguna kawat gigi keramik harus sering mengunjungi dokter gigi untuk sekadar melakukan konsultasi dan perawatan. Perawatan tersebut bisa dilakukan mulai 2 minggu hingga 3 minggu sekali.

Perawatan tersebut harus dilakukan secara rutin dan teratur. Jika tidak, akan ada beberapa masalah yang bisa timbul. Hal ini juga terkait dengan keawetan dan dan kebersihan behel serta gigi Anda. Jika Anda tidak melakukannya secara teratur, behel yang kurang dirawat bisa menyebabkan risiko akibat di mulut.

Selain membutuhkan perawatan ekstra, behel keramik memiliki komponen yang lebih rapuh dibanding behel yang terbuat dari logam atau emas. Bagian wing kawat gigi keramik mudah patah dan tertelan. Untuk menghindarinya, Anda perlu memperhatikan jenis makanan yang Anda konsumsi. Sebaiknya, Anda menghindari makanan yang terlalu keras dan berserat. Gerakan gigi yang menggigit dengan terlalu keras juga dapat membuat posisi behel agak bergeser.

Baca juga  Indikasi dan Harga Buscopan (Tablet, Strip, Box)

Setelah Anda mengetahui kelebihan dan kelemahan behel keramik, apakah Anda berminat untuk memasangnya pada gigi Anda? Jika iya, Anda perlu mengetahui harga behel keramik di pasaran. Sehingga, Anda bisa memperkirakan anggaran yang harus dikeluarkan dengan mudah.

Harga Behel Keramik

Behel keramik dipasarkan dengan harga mulai Rp9.100.000 hingga Rp18.000.000, belum termasuk biaya perawatan mingguan. Harga tersebut tentu tidak terikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Selain itu, harga behel keramik di tiap gigi bisa berbeda-beda, tergantung kebijakannya. Untuk info lebih detail, Anda bisa mengunjungi dokter gigi terdekat.

[1] Solehah, Maratus. 2019. Trend Penggunaan Kawat Gigi dan Dampaknya terhadap Ekonomi Keluarga (Skripsi). Jurusan Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro.

loading...
author

Leave a reply "Keunggulan, Kekurangan dan Harga Behel Keramik"