Update Harga Bayclin Botol dan Sachet

Memang menyebalkan jika pakaian terkena noda yang membandel dan sulit dibersihkan dengan detergen biasa. Untung saja, saat ini sudah hadir produk pemutih yang tidak hanya mampu membasmi noda membandel, juga diklaim efektif untuk memutihkan warna pakaian hingga membasmi jamur dan bau tidak sedap. Nah, dari sekian banyak merk pemutih yang beredar, Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan Bayclin. Merupakan produk yang sangat populer, Bayclin saat ini dijual dalam kemasan botol dan dengan harga yang relatif terjangkau.

Ilustrasi: mencuci pakaian putih (sumber: freepik)
Ilustrasi: mencuci pakaian putih (sumber: freepik)

Saat mencuci pakaian yang kotor, bahan utama yang umum digunakan, baik dalam rumah tangga maupun industri laundry, adalah detergen. Detergen sendiri dapat dikatakan sebagai salah satu produk untuk menghilangkan kotoran pada pencucian pakaian, yang umumnya mengandung surfaktan (bahan dasar atau utama detergen), builders (senyawa fosfat), serta bahan aditif (pemutih dan pewangi).[1]

Bacaan Lainnya

Karena tujuan utamanya untuk membersihkan kotoran pada pakaian, maka komposisi terbesar dalam detergen adalah surfaktan dan builders, berkisar hingga 90 persen.[2] Surfaktan adalah senyawa aktif detergen yang bekerja dengan menurunkan tegangan air untuk mengangkat kotoran (emulsifier atau bahan pengemulsi).[3] Karena terbukti ampuh mengangkat kotoran, surfaktan ini akhirnya tidak hanya digunakan pada detergen, melainkan juga bahan pencuci lain.

Sementara itu, kadar bahan aditif, biasanya pemutih dan pewangi, relatif kecil, hanya sekitar dua sampai delapan persen. Karena itu, tidak mengherankan jika kemudian banyak pakaian yang masih tampak kotor dan lusuh walaupun sudah dicuci detergen. Bahkan, tidak sedikit detergen yang membuat warna pakaian justru menjadi luntur.

Baca juga  Info Manfaat dan Update Harga Teh Chamomile Berbagai Merek

Keunggulan Bayclin

Nah, untuk mengatasi masalah tersebut, sejumlah produsen lantas meluncurkan produk pemutih, termasuk SC Johnson. Perusahaan yang memang terkenal sebagai salah satu produsen produk untuk kebutuhan rumah tangga ini, seperti obat nyamuk Baygon dan Autan, memiliki Bayclin, sebuah produk pemutih yang diklaim dapat membantu memutihkan kembali warna pakaian.

Dengan kandungan bahan aktif natrium hipoklorit, Bayclin dikatakan sebagai produk untuk kebutuhan rumah tangga yang dapat berfungsi sebagai pemutih dan peluntur noda pakaian serta bisa pula digunakan sebagai desinfektan.[4] Pada pencapan etsa, Bayclin berfungsi merusak warna dasar yang telah dicelup sebelum diproses pencapan etsa agar yang dihasilkan menjadi berwarna putih.[5]

Merupakan produk yang sudah umum digunakan oleh masyarakat Indonesia, terutama ibu-ibu rumah tangga, kandungan natrium hipoklorit dalam Bayclin dikatakan akan mengusir kusam dari pakaian putih dan mengembalikan warna cemerlangnya hingga kembali seperti baru. Produk ini sangat cocok bagi para ibu yang ingin mempertahankan putih seragam si buah hati yang umumnya memang cepat kusam karena digunakan setiap hari. Selain itu, konsumen juga dapat menggunakannya sebagai pembersih lantai, pembersih dapur, atau pembersih kamar mandi.

Dilansir dari situs perusahaan, SC Johnson menghadirkan Bayclin dalam dua varian, yakni Bayclin Regular dengan warna kemasan putih-biru serta Bayclin Lemon dengan aroma lemon. Untuk persediaan di rumah, Anda bisa membeli Bayclin dalam kemasan botol. Berikut kisaran harga Bayclin kemasan botol di dalam negeri.

Baca juga  Update Harga Lem Povinal di Pasaran (Kecil & Besar)

Harga Bayclin Botol

Bayclin kemasan botol (sumber: lazada)
Bayclin kemasan botol (sumber: lazada)
Kemasan Bayclin Botol Harga
Bayclin Regular 100 ml Eceran: Rp7.500
1 Pak: Rp29.970
1 Karton: Rp157.500 (4 lusin)
Bayclin Regular 200 ml Eceran: Rp9.000
1 Pak: Rp46.620
1 Karton: Rp247.500 (8 lusin)
Bayclin Regular 500 ml Eceran: Rp11.000
1 Karton: Rp119.880 (12 botol)
Bayclin Regular 1000 ml Eceran: Rp16.650
1 Karton: Rp142.500 (12 botol)
Bayclin Lemon 1000 ml Eceran: Rp16.650
1 Karton: Rp98.790 (12 botol)

Jika dibandingkan penawaran sebelumnya, harga Bayclin botol di saat ini cenderung naik. Misalnya, Bayclin Regular 100 ml yang semula dijual seharga Rp6.500, sekarang menjadi Rp7.500 per botol. Begitu pula dengan harga Bayclin Regular 100 ml 1 pack yang naik dari Rp26.500 sekarang menjadi Rp29.970.

Harga Bayclin

Alternatif pengganti Bayclin (sumber: lazada)
Alternatif pengganti Bayclin (sumber: lazada)

Lalu, bagaimana jika Anda cuma membutuhkan sedikit Bayclin? Dulunya, selain botol, Bayclin juga dirilis dalam kemasan sachet. Sayangnya, saat ini perusahaan sudah tidak memproduksi lagi Bayclin kemasan tersebut. Sebagai alternatif, Anda bisa membeli Proclin yang tersedia dalam kemasan isi 30 ml dengan harga mulai Rp1.500 per bungkus atau Rp18.200 per pack. Harga di atas relatif tetap dari tahun lalu.

Cara Memakai Bayclin

  • Pisahkan baju yang mudah luntur.
  • Rendam dan bilas baju dengan air dingin selama 20-30 menit.
  • Setelah itu, Anda juga bisa mencuci baju memakai deterjen bersama pemutih. Cara ini akan membantu kinerja pemutih untuk membuat baju lebih cepat bersih. Baca petunjuk pemakaian deterjen apa yang aman digunakan bersama dengan pemutih.
  • Setelah proses pemutihan, rendam baju dalam air selama 15 menit. Bilas lagi dengan air dingin mengalir.
  • Jemur di bawah sinar matahari untuk hasil yang maksimal. Semakin baju terkena sinar matahari maka hasilnya juga akan semakin baik. Sinar matahari adalah pengering terbaik untuk baju putih.
Baca juga  Update Harga Minyak Goreng Rose Brand (Pouch, Gelas, Jerigen, Dus)

Meski bermanfaat,  Anda disarankan untuk tidak pemutih terlalu sering. Pasalnya, natrium hipoklorit dalam pemutih, disebut pula sodium hipoklorit, merupakan oksidator dengan daya oksidasi tinggi dengan potensial redoks yang besar.[6] Hal ini membuat natrium hipoklorit memiliki konsekuensi untuk bereaksi dengan serat, yang akhirnya dapat menyebabkan kerusakan serat pakaian.

[Update: Ditta]

[1] Yuliani, Rifky Luvia, Elly Purwanti, Yuni Pantiwati. 2015. Pengaruh Limbah Detergen Industri Laundry terhadap Mortalitas dan Indeks Fisiologi Ikan Nila (Oreochromis niloticus). Seminar Nasional XII Pendidikan Biologi FKIP UNS 2015: 822-828.

[2] Ibid.

[3] Hendra, dkk. 2015. Photo-Degradation of Surfactant Compounds Using UV Rays with Addition of Tio2 Catalysts in Laundry Waste. Saintek: Jurnal Sains dan Teknologi, Vol. 7(1): 66-75.

[4] Muslim, Ikhwanul dan Kanthi Inayah. 2018. Penggunaan Pemutih Pakaian Komersial (Bayclin) sebagai Zat Etsa Alternatif pada Pencapan Etsa Kain Kapas yang Telah Dicelup Zat Warna Reaktif Dingin (Drimarene Blue K2-RL). Prosiding Seminar Nasional I Hasil Litbangyasa Industri: 15-20.

[5] Ibid.

[6] Ibid.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.