Harga Asam Nitrat (Eceran dan per Liter)

No comment469 views

nitrat mungkin merupakan yang bersifat korosif dan beracun, tetapi memiliki banyak manfaat, terutama di bidang industri. nitrat salah satunya digunakan pada proses pembuatan pupu amonium nitrat serta pembuatan pewarna. Di pasaran, nitrat biasanya dijual dalam bentuk larutan dengan konsentrasi antara 52 persen sampai 68 persen, dengan bervariasi.

Dikutip dari Wikipedia, senyawa kimia asam nitrat atau HNO3 adalah sejenis cairan korosif yang tidak berwarna dan merupakan asam beracun yang dapat menyebabkan luka bakar. Larutan asam nitrat dengan kandungan asam nitrat lebih dari 86 persen disebut sebagai asam nitrat berasap dan dapat dibagi menjadi dua jenis asam, yakni asam nitrat berasap putih dan asam nitrat berasap merah.

Masih menurut sumber yang sama, asam nitrat adalah larutan asam kuat yang mempunyai nilai pKa sebesar -2. Di dalam air, asam ini terdisosiasi menjadi ion-ionnya, yaitu ion nitrat NO3− dan ion hidronium (H3O+). Garam dari asam nitrat disebut sebagai garam nitrat (contohnya seperti kalsium nitrat atau barium nitrat). Dalam temperatur ruangan, asam nitrat berbentuk uap berwarna merah atau kuning.

Sebagaimana asam pada umumnya, asam nitrat bereaksi dengan alkali, oksida basa, dan karbonat untuk membentuk garam, seperti amonium nitrat. Karena memiliki sifat mengoksidasi, asam nitrat pada umumnya tidak menyumbangkan protonnya (ia tidak membebaskan hidrogen) pada dengan logam dan garam yang dihasilkan biasanya berada dalam keadaan teroksidasi yang lebih tinggi. Karenanya, perkaratan (korosi) tingkat berat bisa terjadi. Perkaratan bisa dicegah dengan penggunaan logam ataupun aloi anti karat yang tepat.

Dalam kondisi , ia adalah cairan jernih, dengan densitas lebih tinggi dibandingkan dengan air. Akan tetapi, jika disimpan dalam waktu yang lama, warnanya akan sedikit kekuning-kuningan karena pengaruh oksida nitrogen yang terbentuk. Asam nitrat sendiri merupakan asam kuat serta salah satu oksidator terkuat.

Meski begitu, cairan ini memiliki banyak manfaat, terutama untuk bidang industri. Kegunaan asam nitrat antara lain:

  • Digunakan pada proses pembuatan pupuk, misalnya pupuk amonium nitrat.
  • Digunakan pada proses pembuatan bahan peledak TNT (trinitrotoluene), selain sebagai bahan baku pembuatan peledak nitrogliserin.
  • Asam nitrat berperan penting sebagai bahan baku pembuatan bahan kimia seperti pembuatan pewarna.
  • Pembuatan polyamides juga menggunakan asam nitrat sebagai bahan bakunya. Polyamides sendiri adalah bahan pembuat karpet dan pakaian.
  • Selain polyamides, polimer lain yang membutuhkan asam nitrat dalam proses pembuatannya adalah polyurethanes. Polyurethanes adalah polimer yang digunakan dalam pembuatan peralatan listrik, sol sepatu, matras, lem, dan lain-lain.
  • Sebagai bahan pembuatan aqua regia, yaitu larutan yang biasa digunakan untuk melarutkan emas dan platina.
  • Digunakan pada calorimetric test untuk membedakan heroin dan morfin.

Harga Asam Nitrat

Tidak susah mendapatkan asam nitrat, pasalnya ini sudah dijual bebas di pasaran. Di beberapa situs jual beli online, asam nitrat 1 liter sekarang ditawarkan di kisaran harga Rp70.000 hingga Rp125.000 per botol. Sementara, 1 kg yang diklaim ex Korea dijual dengan harga Rp35.000, dan asam nitrat 1 kg ex Belgia ditawarkan dengan harga Rp33.000. Ada juga yang menjual asam nitrat MERCK 2,5 liter dengan harga Rp1.115.000.

Baca juga  Daftar Harga Gula Halus yang Ada di Pasaran
loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Harga Asam Nitrat (Eceran dan per Liter)"