Manfaat dan Harga Etanol (Pro Analisis, Murni, Food Grade)

Selain metanol, salah satu jenis alkohol yang juga sering dijadikan pelarut berbagai bahan-bahan kimia adalah etanol. Ini adalah yang banyak dimanfaatkan untuk parfum, obat, bahkan perasa dan pewarna makanan. Di pasaran sendiri, tidak sulit menemukan etanol dengan harga per liternya berada di kisaran Rp40 ribu hingga Rp50 ribuan untuk kadar 96 persen.

Dikutip dari laman Wikipedia, etanol dikatakan sebagai sejenis cairan yang mudah menguap, mudah terbakar, tidak berwarna, dan merupakan alkohol yang paling sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Sering juga disebut dengan etil alkohol, alkohol murni, atau alkohol saja, bahan ini termasuk dalam alkohol rantai tunggal, dengan rumus kimia C2H5OH dan rumus empiris C2H6O.

Harga Etanol - untukmilenial.blogspot.com

Harga Etanol - untukmilenial.blogspot.com

Masih menurut referensi yang sama, etanol telah digunakan manusia sejak zaman prasejarah sebagai bahan pemabuk dalam minuman beralkohol. Residu yang ditemukan pada peninggalan keramik yang berumur 9000 tahun dari China bagian utara menunjukkan bahwa minuman beralkohol telah digunakan oleh manusia prasejarah dari masa Neolitik. 

Etanol dan alkohol membentuk larutan azeotrop. Karena itu, pemurnian etanol yang mengandung air dengan cara penyulingan biasa hanya mampu menghasilkan etanol dengan kemurnian 96 persen. Etanol murni (absolut) lantas dihasilkan pertama kali pada tahun 1796 oleh Johan Tobias Lowitz, yaitu dengan cara menyaring alkohol hasil distilasi melalui arang.

Lavoisier menggambarkan bahwa etanol adalah senyawa yang terbentuk dari karbon, hidrogen, dan oksigen. Pada tahun 1808, Saussure berhasil menentukan rumus kimia etanol. Lima puluh tahun kemudian atau 1858, Couper memublikasikan rumus kimia etanol. Dengan demikian, etanol adalah salah satu senyawa kimia yang pertama kali ditemukan rumus kimianya.

Sebelumnya, pada tahun 1826, etanol pertama kali dibuat secara sintetik oleh Henry Hennel dari Britania Raya dan S.G. Sérullas dari Prancis. Dua tahun kemudian, Michael Faraday berhasil membuat etanol dari hidrasi etilena yang dikatalisis oleh asam. Proses ini mirip dengan proses sintesis etanol pada industri modern. 

Etanol telah digunakan sebagai bahan bakar lampu di Amerika Serikat sejak tahun 1840, namun pajak yang dikenakan pada alkohol industri semasa Perang Saudara Amerika membuat penggunaannya tidak ekonomis. Pajak ini lalu dihapuskan pada tahun 1906, dan sejak tahun 1908 otomobil Ford Model T telah dapat dijalankan menggunakan etanol. Namun, dengan adanya pelarangan minuman beralkohol pada tahun 1920, para penjual bahan bakar etanol dituduh berkomplot dengan penghasil minuman alkohol ilegal, dan bahan bakar etanol kemudian ditinggalkan penggunaannya sampai dengan akhir abad ke-20.

Di Amerika Serikat sendiri, etanol terutama dihasilkan dari fermentasi sari pati dalam biji jagung. Dalam industri bahan bakar, para produsen menggunakan teknologi tercanggih untuk mengubah biji-bijian, minuman dan makanan, biomassa selulosa, dan bahan baku lainnya menjadi etanol dengan bilangan oktan tinggi.

Mengenai keamanan, FDA telah memberi label etanol sebagai yang umumnya dikategorikan sebagai aman, yang berarti bahwa panel ahli yang berkualifikasi menentukan etanol aman untuk digunakan dalam produk makanan. Meski demikian, karena etanol adalah bentuk alkohol yang sangat murni, dan penggunaannya dalam makanan diatur oleh FDA dan Biro Alkohol, Tembakau, dan Senjata Api.

Manfaat Etanol

  • Etanol terutama digunakan dalam industri minuman beralkohol. Meski dikategorikan aman, namun apabila Anda mengonsumsi minuman alkohol secara berlebihan, berisiko pusing dan mengganggu saraf otak Anda.
  • Etanol digunakan untuk mempertahankan wangi parfum di dalam botol. Selain itu, etanol ini digunakan sebagai campuran agar pakaian yang diberi parfum tidak meninggalkan bekas noda. Karena itu, jika suatu parfum menggunakan etanol sebagai campurannya, maka dilengkapi peringatan larangan untuk terkena mata dan masuk ke mulut. Dan, karena sifat mudah terbakarnya, maka membawa parfum di dalam kabin pesawat pun juga dilarang.
  • Etanol sering dipakai sebagai salah satu bahan baku pembuat pewarna makanan. Pasalnya, bahan ini punya kemampuan untuk mempertajam warna pada produk pewarna makanan.
  • Salah satu pelarut yang digunakan di dalam cat adalah etanol. Sama halnya dalam pewarna makanan, pelarut etanol ini berfungsi untuk mempertajam warna pada cat sehingga jika diaplikasikan pada benda maka dapat memperindah warna benda tersebut. 
  • Etanol dapat digunakan untuk membersihkan luka, terutama luka akibat terjatuh. Meski punya sensasi perih, namun efek dingin etanol atau alkohol ini dapat membersihkan luka Anda. Dalam hal membersihkan luka, etanol yang sering dipakai berupa alkohol dengan kadar 70 persen.
  • Sudah bukan hal yang asing lagi jika etanol digunakan di dalam obat-obatan. Banyak sekali obat-obatan yang beredar di pasaran mengandung etanol di dalamnya. Hal ini tidak terlepas dari sifat etanol sebagai pelarut yang baik. Etanol yang digunakan dalam obat pun umumnya sudah disesuaikan dengan standar food grade sehingga aman jika tertelan. Di samping itu, setiap obat-obatan selalu disertai peringatan petunjuk penggunaan untuk meminimalkan risiko efek samping.
  • Karena keefektifan pembakaran pada campuran etanol dan bensin, sebuah perusahaan produsen bensin membuat gasohol dengan formula etanol 10 persen dan bensin 90 persen sebagai bahan bakar mobil. Bahkan, di negara Brazil, lebih dari 20 persen mobilnya menggunakan bahan bakar etanol hingga mencapai 100 persen. 
  • Sebagai salah satu bahan baku produk kecantikan. Etanol dapat membuat produk yang diaplikasikan bisa lebih cepat kering di kulit dan tidak terasa berminyak serta lengket. 

Tidak sulit menemukan etanol karena bahan ini sudah dijual bebas di pasaran. Anda bisa membeli cairan tersebut di berbagai toko bahan kimia maupun situs jual beli online. Harga etanol bervariasi, tergantung kadar etanol dan berat kemasan. Berikut kami sajikan informasi terbaru kisaran harga etanol di pasaran dalam negeri.

Manfaat Etanol - www.sanyangtaxconsultants.com

Manfaat Etanol - www.sanyangtaxconsultants.com

Harga Etanol

Kemasan EtanolHarga
Etanol 100 mlRp10.900
Etanol Teknis 70% 1 liter T&T ChemicalRp30.000
Etanol 70% 1 literRp34.000 
Etanol Teknis 96% 1 liter T&T Chemical Rp40.000
Etanol Teknis 96% 500 ml Shagufta Laboratory Rp43.000 – Rp50.000
Etanol Teknis 96% 1 literRp80.000
Etanol 96% Food Grade 5 literRp250.000
Etanol Pro Analisis 1 liter Merck Rp575.000
Etanol 2,5 liter Ajax Rp600.000
Etanol 4 liter Mallinckrodt Rp1.150.000

Harga etanol di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk toko bahan kimia maupun situs jual beli online. Harga etanol tersebut tidak mengikat dan dapat berbeda-beda di masing-masing tempat. Untuk memperoleh informasi lebih detail, Anda bisa mengunjungi langsung toko bahan kimia terdekat di kota Anda.

Baca juga  Update Harga Flaring Tool Set (All Merk)
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Manfaat dan Harga Etanol (Pro Analisis, Murni, Food Grade)"