Info Terbaru Daftar Harga Donat Madu 1 Lusin dan Resep Rahasianya

Harga donat madu di pasaran tampaknya cukup bersaing. Apalagi untuk harga donat madu di kota-kota besar. Bagi Anda penggemar donat madu, dan ingin membeli donat madu lebih hemat, Anda bisa memilih paket 1 lusin. Karena, jika dihitung-hitung, harga donat madu per lusin lebih murah dibandingkan membeli secara satuan.

Ilustrasi Donat Madu (sumber: directmap.asia)
Ilustrasi Donat Madu (sumber: directmap.asia)

Varian Bentuk Donat Madu

Donat madu merupakan salah satu primadona bagi pencinta donat. Tidak hanya karena rasanya yang manis, tetapi juga bentuknya yang unik. Rata-rata donat madu saat ini tidak hanya memiliki bentuk bundar dengan tengah bolong. Ada banyak sekali variasi dari bentuk donat madu. Dengan kreativitas masing-masing outlet donat madu, bentuk donat madu semakin menarik.

Bacaan Lainnya

Berbagai macam bentuk, seperti bentuk hewan, angka, huruf, hingga karakter kartun yang lucu, menjadi daya tarik tersendiri. Tentu ini juga menjadi salah satu alasan mengapa donat madu kian banyak konsumennya. Tidak hanya itu, bahkan toko donat madu kian menjamur, tidak cuma di kota-kota besar, tetapi juga daerah kota yang masih berkembang.

Harga donat madu dari setiap lapak tentunya berbeda-beda, apalagi jika Anda membeli donat madu di toko terkenal. Untuk kisaran harga donat madu sendiri per dibanderol mulai Rp3 ribu hingga Rp10 ribu. Bahkan, di kota-kota besar seperti Jakarta dengan perkembangan mall yang pesat, donat madu dapat dibanderol hingga Rp20 ribu per buah.

Sebelum melihat lebih jeli mengenai harga donat madu saat ini, ada baiknya Anda mengetahui penyebab enaknya rasa donat madu. Donat madu yang lezat tentu tidak hanya manis saja rasanya. Donat madu juga memiliki rasa sedikit gurih dan renyah di bagian luarnya. Dan, perlu Anda ketahui jika donat madu yang baik memiliki pola garis di sekeliling luar bagian tengah donat.

Baca juga  Update Harga Apple Pie & Choco Pie di McD (McDonald’s)
Ilustrasi: Cara Membuat Donat Madu (credit: bestthingonthemenu)
Ilustrasi: Cara Membuat Donat Madu (credit: bestthingonthemenu)

Cara Membuat Donat Madu

Jika Anda penasaran mengapa donat madu bisa memiliki rasa lezat dengan bentuk yang cantik, maka Anda juga perlu mengetahui resepnya. Resep atau cara membuat donat madu ini juga bermanfaat bagi Anda yang ingin mencoba membuat sendiri di rumah. Dan, sebagai langkah awal, Anda perlu menyiapkan bahan-bahan dan alat terlebih dahulu.

Siapkan bahan berupa tepung terigu protein sedang 125 gr dan tepung terigu protein tinggi sebanyak 375 gram. Anda bisa menggunakan tepung terigu dengan merek apapun, namun akan lebih baik jika Anda menggunakan merek ternama. Hal ini untuk menjamin kualitas dan hasil donat madu Anda nantinya.

Setelah itu, siapkan 3 butir telur dan pisahkan bagian putihnya. Siapkan juga 6 sendok makan madu dengan merek kesukaan Anda. Sebagai penambah rasa, tambahkan 100 gr gula pasir dan garam setengah sendok teh. Jika Anda tidak terlalu suka manis, Anda bisa mengurangi takarannya. Sebagai bahan pengembang adonan, siapkan Fermipan bubuk ataupun cair.

Jangan lupa untuk menyiapkan margarin atau dengan takaran 105 gr dan air sebanyak 250 ml. Setelah semua bahan siap, saatnya Anda mulai membuat adonan donat. Sebelumnya, siapkan wadah berupa mangkuk adonan besar dan masukkan tepung, gula, Fermipan, garam, dan margarin.

Baca juga  Sejarah Bolu Napoleon Medan dan Update Harga di Pasaran

Gunakan alat atau alat pengaduk adonan untuk mencampurkan bahan-bahan tersebut hingga kalis. Setelah itu, masukkan madu dan kuning telur. Untuk mencampur bahan ini, Anda perlu melakukannya dengan tangan dan pastikan Anda mencampur hingga kalis. Sembari mengaduk, Anda bisa memasukkan air sedikit hingga sedikit.

Langkah terakhir yaitu diamkan adonan selama 1 jam hingga mengembang dan cetak menggunakan cetakan donat. Setelah semua selesai dicetak, siapkan penggorengan dengan api kecil dan biarkan hingga panas. Lalu, masukkan donat yang siap goreng ke dalam penggorengan. Untuk menggoreng donat, Anda hanya perlu membaliknya sekali saja.

Resep di atas tentu bisa Anda lakukan jika Anda memiliki waktu senggang yang cukup. Namun, jika Anda tidak memiliki waktu senggang, akan lebih praktis jika Anda membeli donat madu di toko terdekat. Apalagi untuk saat ini, ada berbagai macam aplikasi seperti Go-Jek, Shopee, Grab, dan masih banyak lagi. Aplikasi-aplikasi tersebut bisa membantu Anda untuk mendapatkan donat madu dengan lebih mudah.

Walaupun harganya memang terbilang agak mahal jika dibandingkan dengan membuat sendiri, tetapi jika dilihat dari kepraktisannya, maka sepadan. Ada beberapa outlet donat madu dengan harga sepadan di kota besar. Outlet ini juga tidak pernah sepi pengunjung. Dan, beberapa outlet tersebut di antaranya donat madu Bandung yang ada di Jln. Sarijadi Blok IV dan donat madu Jakarta di Jln. Raya Ciracas.

Untuk harga donat madu di toko-toko tersebut tampaknya cukup bersaing. Untuk donat madu di Bandung, harganya mulai Rp5 ribu, sedangkan harga donat madu di Jakarta mulai Rp10 ribu. Secara umum, donat madu memiliki beberapa varian dengan harga berbeda-beda per 1 lusinnya. Berikut perbandingan harga donat madu 1 lusin tahun 2022 dan 2021.

Baca juga  Info Terbaru Kisaran Harga Rumput Sintetis per Meter
Harga Donat Madu - kaoskuningan.com
Harga Donat Madu – kaoskuningan.com

Daftar Harga Donat Madu

Varian Donat Madu Harga 1 Lusin Sebelumnya Harga 1 Lusin Sekarang
Donat Madu Khas Mini Rp35.000 Rp45.000
Donat Madu Cihanjuang Mini Rp45.000 Rp45.000
Donat Madu Khas Bandung Mini Rp35.000 Rp55.000
Donat Madu Khas Tasikmalaya Mini Rp31.000 Rp58.000
Donat Madu Khas Bogor Mini Rp35.000 Rp60.000
Donat Madu Khas Bandung Rp55.000 Rp60.000
Donat Madu Khas Depok Mini Rp35.000 Rp60.000
Donat Madu Jagakarsa Mini Rp35.000 Rp65.000
Donat Madu Cihanjuang Paket Ulang Tahun Rp83.900 Rp83.900
Donat Madu Khas Bogor Rp55.000 Rp81.250
Donat Madu Cihanjuang Rp63.500 Rp85.000
Donat Madu Cihanjuang Karakter Rp85.000
Donat Madu Jagakarsa Rp55.000 Rp85.000
Donat Madu Khas Depok Rp55.000 Rp85.000
Donat Madu Khas Rp55.000 Rp86.000
Donat Madu Khas Tasikmalaya Rp50.000 Rp95.000

Jika dibandingkan dengan tahun 2019, beberapa jenis donat madu mengalami perubahan harga di tahun 2020, 2021, dan 2022. Misalnya untuk donat madu Cihanjuang mini yang dibanderol Rp33 ribu tahun 2019, tahun 2020 hingga 2022 naik jadi Rp45 ribu. Namun, ada juga yang harganya turun seperti donat madu paket ulang tahun yang dipatok Rp90 ribu tahun 2019, turun jadi Rp83 ribuan di tahun 2020 hingga tahun 2022. Harga donat madu di atas tidak mengikat dan dapat berubah-ubah sesuai dengan variasi yang dikembangkan dan toko masing-masing.

[Update: Almas]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.