Update Harga Apple Pie & Choco Pie di McD (McDonald’s)

Bagi Anda yang menyukai makanan cepat saji, tentunya sangat mengenal salah satu restoran yang tercatat sebagai restoran paling terkenal dan telah sukses menyajikan makanan cepat saji modern di dunia, McDonald’s. Sering disebut McD, restoran ini menjual beragam menu seperti ayam, es krim, hingga dessert seperti apple dan choco pie dengan harga relatif terjangkau.

Ilustrasi: Gerai McDonald's (credit: jakartakita)
Ilustrasi: Gerai McDonald’s (credit: jakartakita)

Bisnis restoran ini dimulai pada tahun 1940 dengan dibukanya restoran sederhana oleh dua bersaudara, Richard dan Maurice, di San Bernardino, California. Kemudian, restoran berjalan selama enam tahun, hingga McDonald’s dibeli dan diambil alih oleh seorang bernama Ray Kroc dari pendirinya sebesar USD 2.700.000 atau setara dengan Rp40,5 miliar.

Bacaan Lainnya

Di tangan Ray Kroc, McD menjadi restoran makanan cepat saji terbesar di dunia. Setelah diambil alih oleh Ray Kroc, dibukalah pertama McD pada tahun 1955 di Des Plaines, Illinois. Pada tahun 1965, lebih dari 700 restoran ada di seluruh Amerika Serikat, dengan sistem franchise dengan mempertahankan kualitas dan layanan.

Kroc juga telah menentukan standar McDonald’s, termasuk ukuran porsi, sajian makanan, kemasan dan bahan-bahan lainnya. Pada tahun 2013, sudah lebih dari 31 ribu restoran McD yang tersebar di 119 negara di seluruh dunia. Sebanyak 40 juta orang dilayani setiap hari, dengan penjualan kisaran 17 miliar dolar AS.

Perkembangan McD Indonesia

Hingga saat ini, McDonald’s telah memiliki 168 restoran di 32 kota di seluruh Indonesia, dan masih akan terus mengembangkan layanan dengan membuka gerai-gerai baru di berbagai wilayah di Indonesia. Bagi McDonald’s, pembukaan gerai baru adalah bukti komitmen untuk memberikan kontribusi kepada daerah.

Dalam memberikan kepuasan dan kemudahan bagi pelanggan, McDonald’s juga terus mempertahankan kualitas yang disajikan kepada konsumen, dan senantiasa melakukan inovasi produk dengan menghadirkan menu-menu baru, baik yang bersifat sementara (limited time offer) maupun permanen. Salah satu hasil inovasi terbaru dari McD adalah dengan hadirnya ayam spicy.

Ilsutrasi: Menu Apple Pie McDonalds (credit: dailyculinarybdg)
Ilsutrasi: Menu Apple Pie McDonalds (credit: dailyculinarybdg)

Selama ini, McD identik dengan ayam goreng crispy. Namun, McD Indonesia saat ini tengah melakukan inovasi dengan mengeluarkan beberapa menu baru, salah satunya McD Apple Pie. Pie merupakan salah satu jenis produk pastry yang terdiri dari adonan kulit (pie shells), dan topping, biasanya berbentuk lembaran, bulat, mangkuk, bunga teratai, dan sebagainya. Kulit pie berbahan dasar tepung terigu dan memiliki karakteristik renyah, kering, dan gurih.[1]

Menelisik sejarahnya, apple pie pertama kali disebutkan dalam dokumen sejarah yang ditulis penyair Inggris, Robert Greene. Sejak itu, buah dikombinasikan dengan kue pie dan rasanya cocok, hingga populer di seluruh dunia.[2]

Review Pie McD

Berbeda dari apple pie lainnya, hidangan penutup yang pertama kali ditemukan oleh Litton Cochran, pemilik McD pertama di Knoxville, Tennessee, AS, ini begitu garing, lembut, dan gurih. Dari segi tampilan, tak sedikit yang menilainya mirip risoles, apalagi ukurannya yang terbilang kecil. Kabarnya, apple pie McD di beberapa negara lain dipanggang, sedangkan apple pie McD di Indonesia digoreng. Seperti namanya, pie ini memiliki isian berupa dengan potongan buah apel yang manis dan juicy. Apel tersebut berpadu dengan selai beraroma kayu manis.

Pihak McD mengatakan bahwa potongan apel yang digunakan untuk menu Apple Pie di McD Indonesia menggunakan apel jenis ‘Pink Lady’ asal australia. Adonan Apple Pie-nya juga diimpor langsung dari Australia. Jadi, dibawa ke Indonesia dalam kondisi beku, lalu tinggal digoreng di sini.

Untuk menyiapkan satu buah Apple Pie, pelayan McD membutuhkan waktu sekitar 26 menit. Ini dikarenakan, Apple Pie harus digoreng dengan suhu yang sangat panas, mengingat kondisinya yang masih beku, dengan 20 menit untuk menggoreng dan 6 menit untuk proses pendinginan. Mengenai rasa, taste dari Apple Pie ini juga sudah disesuaikan dengan lidah orang Indonesia, sehingga rasa kayu manisnya tidak terlalu kuat dan apelnya tidak terlalu asam. Porsinya pun, diakuinya lebih kecil dibandingkan di negara lain.

Choco Pie McDonalds - (libertymagz.com)
Choco Pie McDonalds – (libertymagz.com)

Harga Pie McD

Pilihan Pie McD Harga
Apple Pie McD Rp12.500
Double Choco Pie Rp17.000
Choco Strawberry Pie Rp17.000
Mixed Berries Pie Rp17.000
Double Choco Pie A la Mode Chocolate Rp23.500

Jika dibandingkan penawaran sebelumnya, harga pie McD saat ini memang cenderung naik. Misalnya, Apple Pie McD yang semula dijual dengan harga mulai Rp11.500, kini menjadi Rp12.500. Sama halnya dengan harga Double Choco Pie McD yang naik dari Rp14.000 menjadi Rp17.000.

Sementara itu, choco strawberry pie dan mixed berries pie termasuk dalam menu Limited Time Offer (LTO). Sebagai menu LTO, produk tersebut dijual dalam waktu terbatas. Namun, kini Anda bisa menemukan produk terbaru McD, yakni Double Choco Pie A la Mode Chocolate. Selain pie, ada pula pilihan snack McD yang sayang jika dilewatkan. Berikut beberapa harga snack McD yang dapat Anda pesan.

Harga Snack McD

Pilihan Snack McD Harga
Sweet Corn Rp11.500
Spicy Chicken Bites Rp11.500
Chicken Fingers Rp13.500
Fish Snack Wrap Rp17.500
French Fries Medium Rp19.000
French Fries Large Rp24.000
McNuggets 4 pcs Rp26.000
McNuggets 6 pcs Rp38.500
McNuggets 9 pcs Rp53.500
Share Box with Spicy Rp42.500

Jika dibandingkan dengan penawaran sebelumnya, harga beberapa snack McD saat ini terpantau naik. Sebagai contoh, McNuggets 4 pcs yang awalnya ditawarkan dengan harga mulai Rp22 ribu, sekarang menjadi Rp26 ribu. Perlu diingat, harga menu snack McD di atas tentu dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu. Anda dapat memesan aneka menu McD melalui dine in, take away, Delivery, McCafe, Drive-Thru, dan GoFood.

[Update: Ditta]

[1] Wenny, dkk. 2020. Olahan Apel dan Stroberi (Pastry dan Pie) serta Pengemasannya. Modul Teknologi Tepat Guna. Malang: Media Nusa Creative, hlm 3.

[2] Ibid, hlm. 5.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *