Update Biaya Layanan Pengiriman Go-Send

Popularitas layanan ojek online, Go-Jek, di Indonesia kian hari kian meroket saja. Pasalnya, layanan ini dinilai menjadi solusi alternatif bagi masyarakat perkotaan yang membutuhkan moda transportasi umum di tengah kemacetan atau ketika ada kebutuhan mendadak. Go-Jek pun perlahan tetapi pasti ‘menyingkirkan’ moda transportasi umum lainnya yang terlebih dulu mengaspal, seperti angkutan kota, bus umum, maupun taksi konvensional. Dari banyaknya layanan yang ditawarkan, Go Send cukup menarik minat masyarakat dengan biaya jasa yang cukup terjangkau.

Ilustrasi: layanan GoSend (sumber: canggih.id)
Ilustrasi: layanan GoSend (sumber: canggih.id)

Sebagian orang yang kerap menggunakan layanan Go-Jek, pasti sudah paham bahwa layanan ini tidak hanya menyediakan fitur antar jemput saja. Go-Jek juga menghadirkan berbagai fitur menarik lainnya untuk kepuasan pelanggan, salah satunya Go-Send. Go-Send merupakan layanan kurir instan untuk pengiriman barang dan dokumen dengan cepat tanpa batasan jarak.

Bacaan Lainnya

Sebagai layanan pengiriman barang, Go Send kini telah hadir di 15 area atau kota besar di Indonesia, seperti Jabodetabek, Bandung, Yogyakarta, Semarang, Surabaya, Denpasar, Medan, Palembang, Balikpapan, Makassar, Malang, Samarinda, Solo, Manado, dan Batam. Dengan semakin populernya aplikasi ini, bukan tidak mungkin GoSend melebarkan sayapnya ke kota-kota lain.

Layanan Go-Send layak dipilih mereka yang ingin mengirimkan barang atau dokumen karena selain instan dan praktis, juga terlacak dan tanpa batasan jarak. Selain itu, pengiriman barang melalui Go-Send juga dijamin lebih aman karena semua pengendara yang mengantarkan paket pelanggan sudah diseleksi secara saksama.

Keuntungan lainnya menggunakan layanan ini adalah terlacak dengan yang canggih sehingga membuat pelanggan tenang. Go-Send juga memiliki layanan customer service 24 jam dan call center untuk menerima pengaduan atau keluhan terkait layanan. Di samping itu, Go-Send menyediakan asuransi hingga maksimal Rp1.000.000 yang mengacu kepada harga normal barang di pasaran, jika terjadi kehilangan atau kerusakan barang saat pengiriman.

Baca juga  Info Syarat & Biaya Duolingo English Test

Panduan Menggunakan Go-Send

  • Download aplikasi Go-Jek Indonesia.
  • Masuk ke dalam aplikasi dan tekan Go-Send.
  • Ketik lokasi pengiriman (penjemputan dan pengantaran barang).
  • Input detail pengiriman: jenis barang, nama dan nomor telepon pengiriman serta penerima.
  • Pilih metode pembayaran, uang tunai (cash) atau menggunakan kredit prabayar (Go-Pay).
  • akan mencarikan driver untuk mengirimkan paket Anda, dan pastikan driver yang menerima barang sama dengan yang ditampilkan di aplikasi.
  • Pastikan driver telah menekan tombol ‘pickup’ sehingga Anda mendapat melihat perubahan status dari ‘Arriving’ menjadi ‘On The Way’.

Menggunakan layanan Go-Send, tentunya tidak gratis. Anda perlu membayar biaya layanan sesuai dengan aplikasi. Lalu, berapa biaya atau tarif menggunakan jasa Go-Send tahun ini? Berikut perhitungan tarif Go-Send terbaru.

Aplikasi Go-jek di smartphone (sumber: tirto.id)
Aplikasi Go-jek di smartphone (sumber: tirto.id)

Kisaran Biaya Go-Send

Area Tarif (Rp)
Jabodetabek 0-10 km= Rp2.815/km; >10 km= Rp3.000/km dari km pertama, dengan tarif minimum Rp1.000
Bandung, Bali, Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Makassar, Palembang, Medan, Balikpapan, Yogyakarta, Semarang, Manado, Solo, Samarinda, Malang, dan Batam Rp2.000/km, dari km pertama, dengan tarif minimum Rp10.000
Sukabumi, Pekanbaru, Banjarmasin, Mataram, Jambi, Serang, Cirebon, Pematangsiantar, Karawang, Pasuruan, Mojokerto, Banda Aceh, Sumedang, Belitung, Madura, Probolinggo, Purwakarta, dan Banyuwangi Rp2.000/km, dari km pertama, dengan tarif minimum Rp6.000
Lampung, Pontianak, Padang, Tasikmalaya, Purwokerto, Madiun, Salatiga, Kediri, Magelang, Tegal, Jember, Pekalongan, Bukittinggi, Cilacap, dan Garut Rp2.000/km, dari km pertama, dengan tarif minimum Rp10.000
Baca juga  Info Terbaru Tarif/Ongkos Kirim Kartu Pos ke Luar Negeri

Keterangan:

  • Di seluruh area Jabodetabek, Bandung, Bali, Surabaya, Makassar, Palembang, Medan, Balikpapan, Yogyakarta, Semarang, Manado, Solo, Samarinda, Malang, Batam, Bandar Lampung, Serang, Padang, Sukabumi, Pematangsiantar, Pekanbaru, Tegal, Jambi, dan Pontianak berlaku Harga Ramai yang tergantung pada banyaknya jumlah order dan ketersediaan driver di sekitar lokasi pengambilan barang. Tidak ada jam tertentu untuk Harga Ramai.
  • Biaya tambahan (berlaku di semua kota kecuali Jabodetabek), yakni order dengan jarak 10-20 km dikenakan biaya tambahan Rp3.000 dan order dengan jarak lebih dari 20 km dikenakan biaya tambahan Rp6.000.
  • Biaya tambahan (berlaku di semua kota), order pada 2.00-05.00 dikenakan biaya tambahan Rp3.000.

Pada tahun 2019 lalu, biaya Go-Send berkisar Rp1.500/km hingga Rp20 ribu/km, tergantung dari jarak pengiriman. Tarif tersebut mengalami kenaikan harga menjadi Rp2.000 per km hingga Rp20 ribu/km. Kenaikan tarif layanan Go-Send kembali terjadi pada 2021 untuk beberapa area.

Misalnya, untuk wilayah Jabodetabek yang awalnya pengiriman dengan jarak 0-10 km dikenakan tarif Rp2.500/km, sekarang naik sedikit menjadi Rp2.815/km. Meski begitu, tarif minimum pengiriman Go Send wilayah Jabodetabek justru mengalami penurunan harga dari Rp20 ribu, sekarang hanya Rp1 ribu. Tak jauh berbeda di wilayah Lampung yang mengalami kenaikan untuk tarif minimum pengiriman Go Send, dari Rp5 ribu menjadi Rp10 ribu. Sampai dengan tahun 2022 ini tarif Go-Send masih belum banyak berubah dari tahun lalu.

Layanan GoSend (sumber: grid)
Layanan GoSend (sumber: grid)

Layanan Go-Send Same Day

Perusahaan transportasi berbasis aplikasi Go-Jek ini juga menghadirkan inovasi baru produk layanan Go-Send, dengan menghadirkan layanan baru yang diberi nama Go-Send Same Day. Go-Send Same Day merupakan pengembangan dari produk Go-Send reguler yang sudah diluncurkan ke pasar beberapa waktu lalu.

Baca juga  Info Terbaru Harga Bagasi Jetstar (Kabin dan Terdaftar)

Layanan ini menggandeng lima perusahaan e-commerce. Keunggulan layanan ini adalah customer yang membeli barang di situs e-commerce mitra Go-Send Same Day, akan bisa menerima barang pesanannya di hari yang sama. Layanan Go-Send Same Day tersedia di 15 kota di Tanah Air, meliputi Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Malang, Jogja, Solo, Semarang, Batam, Medan, Palembang, Makassar, Manado, Balikpapan, Denpasar, dan Samarinda.

Cakupan kota untuk layanan pengiriman hari yang sama untuk pelanggan ini tergantung pada masing-masing situs e-commerce. Go-Send Same Day memberlakukan tarif flat, sepanjang alamat tujuan antaran masih dalam satu area. Dari layanan yang disediakan di 15 kota, khusus wilayah Jabodetabek, dianggap sebagai satu area.

Layanan ini menjadi terobosan perusahaan karena selama ini mereka yang berbelanja barang di e-commerce, barang baru diterima beberapa hari kemudian. Dengan layanan ini, konsumen bisa menerima barang yang dibeli hanya dalam beberapa jam saja sudah tiba di alamat tujuan tanpa harus dibebani biaya parkir.

Namun, kekurangan layanan Go-Send Same Day ini adalah baru sebatas kerjasama dengan situs e-commerce saja, belum tersedia di aplikasi mobile Go-Jek. Menurut Peter Choi, Product Owner Go-Send, situs e-commerce yang bekerja sama dengan Go-Send Same Day ini antara lain Tokopedia, Shopee, Bukalapak, Blibli.com, dan Lazada.

Untuk paket barang di layanan Go-Send Same Day ini, volumenya dibatasi maksimal dengan dimensi 40x40x17 cm atau seukuran boks karton kemasan air mineral dengan berat maksimal 7 kg. Layanan Go-Send Same Day ini didukung oleh sekitar 250.000 driver Go-Jek. Selama ini, layanan antaran produk e-commerce yang dilayani Go-Send reguler didominasi produk gadget, fashion, serta makanan dan minuman.

[Update: Dian]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.