Harga Anemon Laut Asli dan Palsu (Imitasi)

Laut memang menyimpan banyak kekayaan yang unik, salah satunya, dan mungkin belum banyak yang tahu, adalah anemon. Binatang yang masih satu kerabat dengan hewan karang tersebut digemari pencinta aquarium hias air laut karena memang punya tampilan yang cantik. Di pasaran sendiri, anemon laut yang asli memang punya harga yang cukup lumayan. Namun, jika ingin berhemat, Anda pun bisa membeli anemon palsu atau imitasi.

Apa Itu Anemon?

Anemon laut (sumber: iexplorescience.com)
Anemon laut (sumber: iexplorescience.com)

Jika Anda pernah melihat film Finding Nemo, pasti sudah tidak asing lagi dengan hewan yang selalu ada di sekitar rumah ikan badut tersebut. Yup, itu adalah anemon laut, binatang yang berkerabat dengan ubur-ubur dan terumbu karang. Ikan nemo (biasa pula disebut ikan giru, ikan badut, atau ikan klon), memang hidup bersimbiosis dengan anemon.[1]

Bacaan Lainnya

Lalu, apa sih anemon itu? Anemon laut diklasifikasikan dalam filum Cnidaria, kelas Anthozoa, dan subclass Hexacorallia. Hewan ini termasuk dalam Anthozoa karena sering ditemui memiliki polip besar,  yang memungkinkannya untuk mencerna mangsa yang lebih besar. Sementara itu, digolongkan Cnidaria, karena anemon laut sering ditemukan menempel pada karang, ubur-ubur, dan hydra.

Dikutip dari Greeners, ada lebih dari seribu spesies anemon laut di seluruh lautan dunia. Mereka bertahan hidup di kedalaman lebih dari 32 ribu kaki di bawah permukaan laut. Ada anemon laut perekat, anemon laut manik-manik, anemon laut halus, anemon laut tentakel panjang, anemon laut terompet, dan lainnya. Varietas yang terbesar dan paling beragam hidup di perairan tropis yang dangkal.

Baca juga  Update Jenis Ikan Koi Besar dan Harganya di Pasaran

Secara umum, anemon laut memiliki tubuh yang lunak dan menyerupai bunga, dengan diameter bervariasi. Ada anemon laut dengan diameter kurang dari 0,02 meter, ada pula yang punya diameter hingga 1,5 meter. Biasanya, anemon laut ini punya warna kuning, hijau, atau biru. Beberapa anemon laut berumur sangat panjang, bisa mencapai 80 tahun. Pasalnya, anemon laut mampu melakukan kloning dirinya sendiri, sehingga tidak menua dan berpotensi hidup tanpa batas waktu dengan catatan tidak dimangsa predator atau mati karena penyakit.

Untuk bertahan hidup, anemon laut mengonsumsi ikan kecil, plankton, atau krustasea yang lewat atau dekat dengan tentakel yang berada di sekitar mulut mereka. Anemon akan meluncurkan filamen seperti tombak untuk menyuntikkan racun yang melumpuhkan saraf mangsanya. Mereka kemudian menggunakan tentakel untuk mengarahkan makanan ke mulut mereka. Ada pula polip yang menyengat, yang bisa berbahaya untuk manusia.

Seperti disinggung di atas, anemon laut berperan penting untuk kehidupan ikan badut atau ikan nemo. Pasalnya, anemon laut memberikan bagi ikan badut, sedangkan ikan badut membantu mengusir ikan kupu-kupu (butterfly fish) yang mencoba memakan tentakel anemon. Selain itu, tentakel anemon laut sering dijadikan sarang perlindungan bagi ikan badut dari target predator.

Baca juga  Update Harga Ikan Palmas Orna (Berbagai Ukuran)

Bagi manusia, anemon laut punya nilai ekologis dan ekonomis, terutama untuk masyarakat pesisir. Nilai ekologis anemon laut antara lain menjadi inang berbagai anemonefishes dan sumber yang kaya akan senyawa bioaktif.[2] Sementara itu, secara ekonomi, beberapa anemon laut seperti Actiniaria equima, Anemonia sulcata, Bunodactis verrucosa, Radianthus malu, Stichodactylidae, dan Stoichactis keuti telah diekspor ke Singapura, Eropa, AS, dan Kanada sebagai anemon hias untuk aquarium air laut.[3]

Memang, anemon laut sering dicari sebagai salah satu binatang hias dalam akuarium air laut. Hewan ini biasanya dipasangkan dengan ikan badut. Jika Anda juga berniat membuat aquarium air laut di rumah dan membutuhkan anemon, tidak sulit menemukan hewan ini. Berikut kisaran harga anemon laut di pasaran dalam negeri.

Harga Anemon Laut Asli

Jenis Anemon Laut Harga
Anemon Jagung Hijau Rp219.000 – Rp250.000
Anemon Pasir Rp245.000
Anemon Tip Pink Rp250.000
Anemon Sunburst Bubble Tip Rp250.000
Anemon Gold Rp250.000 – Rp350.000
Anemon Jagung Merah Rp400.000

Memang, anemon laut saat ini belum dikategorikan sebagai hewan terancam punah. Namun, untuk menjaga kelestarian binatang tersebut, para penggemar aquarium air laut direkomendasikan untuk memakai anemon laut palsu atau artifisial untuk menghias aquarium mereka. Di pasaran sendiri, sudah banyak yang menawarkan anemon laut imitasi dengan harga lebih terjangkau daripada yang asli.

Baca juga  Info Terbaru Harga Capo Gitar (Berbagai Merk dan Model)

Harga Anemon Laut Palsu

Anemon laut imitasi (sumber: alibaba.com)
Anemon laut imitasi (sumber: alibaba.com)
Varian Anemon Laut Palsu Harga
Anemon Bahan Silikon Rp63.500
Anemon Bahan Jelly Rp72.000 – Rp83.000
Anemon Hijau Rp80.000
Anemon Putih Rp120.000
Anemon Bahan Silikon Bersinar Rp150.000 – Rp218.000

Harga anemon laut palsu atau imitasi di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk sejumlah jual beli online dalam negeri. Perlu Anda catat bahwa harga anemon artifisial tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Selain itu, harga di masing-masing penjual bisa saja berbeda meskipun produk yang ditawarkan sama.

 

 

 

[1] Tomasoa, A. Martina, et al. 2021. Pembuatan Akuarium dan Sirkulasi Air untuk Budidaya Ikan Giru Amphiprion sp. di Kampung Talengen Kecamatan Tabukan Tengah. Jurnal Ilmiah Tatengkorang, Vol. 5(1): 1-6.

[2]  Rifa’I, Muhammad Ahsin, et al. 2017. Alih Teknologi Produksi Benih Anemon Laut secara Aseksual.  Jurnal Panrita Abdi, Vol. 1(1): 33-39.

[3] Suwignyo, S, et al. 2005. Avertebrata Air. Jakarta: Penebar Swadaya, hlm. 204.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.