Info Harga Anelat per Strip & per Box

Asam folat termasuk salah satu nutrisi yang sangat dibutuhkan di masa kehamilan. Kebutuhan asam folat bisa dipenuhi dari asupan makanan sehari-hari maupun konsumsi suplemen seperti Anelat. Anelat mudah ditemukan di toko obat atau apotik mana saja dengan harga yang cukup murah.

Ilustrasi: konsumsi suplemen ibu hamil (sumber: humnutrition.org)
Ilustrasi: konsumsi suplemen ibu hamil (sumber: humnutrition.org)

Pentingnya Asam Folat untuk Ibu Hamil

Asam folat mempunyai peran yang sangat vital dalam pencegahan cacat bawaan. Selain itu juga berperan dalam neuro kognitif. Asam folat sangat penting untuk mencegah terjadinya cacat janin, menghindari anemia. Pertumbuhan dalam dipengaruhi oleh empat zat gizi yaitu: asam folat dengan besar kebutuhan 600µg per hari dan ini akan mempengaruhi pertumbuhan otak sebesar 70 persen dibandingkan zat gizi yang lainnya.

Bacaan Lainnya

Folat dibutuhkan sebagai pencegahan anemia pada saat kehamilan. Kadar asam folat dan hemoglobin ibu hamil secara bersama-sama akan memengaruhi pertumbuhan janin.Pada ibu yang mendapatkan suplementasi asam folat yang cukup akan menghasilkan peningkatan Berat Badan dan skor appearance, pulse, grasp, activity, respiration (APGAR). Selain itu juga akan menurunkan insiden retardasi mental dan infeksi maternal, sebaliknya pada ibu dengan kadar folat dalam darah yang kurang dari 240 µg/dl risiko melahirkan bayi BBLR dan prematur meningkat lebih dari 200 persen.

Baca juga  Update Harga Natur-E di Apotek K24

Oleh sebab itu, pada saat kehamilan, ibu membutuhkan kadarfolat yang cukup didalam darah ibu. Kadar asam folat dalam darah sangat dipengaruhi oleh asupanfolat pada nutrisi ibu, sayangnya kandungan folat yang tinggi dalam makanan akan hilang sampai 80% dalam proses pengolahan makanan, sehingga asupanfolat pada ibu hamil yang dianjurkan adalah dalam bentuk suplemen, sesuai dengan dosis yang dibutuhkan.[1]

Seperti yang disinggung sebelumnya, ada banyak pilihan suplemen asam folat yang tersedia di pasaran. Salah satu suplemen asam folat yang banyak dianjurkan adalah Anelat. Berikut ulasan lengkapnya.

Tentang Suplemen Anelat

Anelat merupakan suplemen makanan produksi Ifars yang mengandung zat aktif utama asam folat (folic acid) 1000 mcg. Anelat diklaim bisa membantu memenuhi kebutuhan asam folat harian untuk ibu hamil. Anelat berwujud tablet yang praktis dan aman untuk dikonsumsi karena sudah terdaftar di BPOM.

Anelat bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan asam folat harian, membantu mencegah bayi lahir cacat, menunjang kesehatan janin di periode awal kehamilan, serta mencegah penyakit anemia megaloblastik. Anelat dapat dikonsumsi dengan dosis 1 tablet sebanyak 1 kali sehari, baik diminum sebelum atau sesudah makan.

Baca juga  Info Cara Pemakaian dan Harga Wenter Terbaru di Pasaran
Anelat kemasan box (sumber: lazada)
Anelat kemasan box (sumber: lazada)

Anelat

  • Mual dan muntah
  • Penurunan nafsu makan
  • Gangguan tidur
  • kembung
  • Muncul rasa pahit di lidah
  • Reaksi alergi
  • Pruritus
  • Ruam kulit
  • Hipersensitivitas

Reaksi yang terjadi pada setiap orang setelah mengonsumsi Anelat bisa saja berbeda-beda, sehingga tiap orang belum tentu mengalami seperti yang disebutkan sebelumnya. Namun, bila Anda merasa tidak enak badan atau ada gejala lain yang mengganggu setelah konsumsi Anelat, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter.

Dilansir dari SehatQ, suplemen Anelat sebaiknya jangan diberikan pada pasien yang mengalami anemia karena kekurangan zat besi. Selain itu, hati-hati jika menggunakan obat ini pada anak-anak. Hentikan pemakaian apabila terjadi reaksi alergi. Sebagai informasi, berikut harga Anelat di pasaran saat ini.

Harga Anelat

Kuantitas Anelat Harga (Rp)
Anelat tablet per strip isi 10 kaplet 1.643 – 3.000
Anelat 1 box isi 100 tablet 14.899 – 19.800

Informasi harga Anelat di atas dirangkum dari berbagai sumber, termasuk marketplace dan juga situs resmi Apotek K24. Perlu Anda ingat bahwa harga Anelat dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Selain itu, harga Anelat yang berlaku di setiap tempat bisa saja berbeda-beda, tergantung dari penawaran pihak penjual. Apabila Anda sedang membutuhkan suplemen Anelat, Anda bisa membelinya di toko obat atau apotik terdekat. Anelat bisa dibeli tanpa resep dokter, karena termasuk golongan obat bebas.

Baca juga  Update Harga Kecap Asin Angsa (Botol, Dus, Refill)

[1]Darwanty, J & Ari A. 2012. Kontribusi Asam Folat Dan Kadar Haemoglobin Pada Ibu Hamil Terhadap Pertumbuhan Janin Di Kabupaten Karawang Tahun 2011. Jurnal Kesehatan Reproduksi. 3(2): 82-90.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.