Harga Alat Slow Start Inverator, Cegah Listrik Jeglek

Menjengkelkan jika tiba-tiba padam atau istilah umumnya jeglek. Nah, untuk mencegah hal ini, Anda bisa menggunakan sebuah yang dinamakan slow start inverator. Ada banyak penjual yang menawarkan perangkat ini di pasaran, termasuk di situs jual beli online, dengan harga mulai puluhan ribu rupiah sampai ratusan ribu rupiah.

Harga, inverator, merek, listrik, jeglek, meteran, perangkat, alat, lemari, TV, mesin, arus, komputer, padam, rumah, elektronik, jumper

dan sirkuit dalam slow start inverter (youtube: John B)

Jeglek merupakan kondisi ketika listrik di atau hunian tiba-tiba padam. Ada beberapa yang bisa menyebabkan listrik tiba-tiba jeglek. pertama adalah terlalu banyak beban sehingga tidak sanggup ditanggung oleh listrik di . Pemakaian seterika, TV, cuci, serta lemari es yang berbarengan misalnya, bisa menyebabkan listrik padam secara tiba-tiba.

Penyebab jeglek berikutnya adalah kerusakan pada MCB. Perlu diketahui, seiring dengan waktu, kondisi MCB memang bisa mengalami kerusakan. Jumper yang melengkapi MCB tersebut menjadi tidak normal dan mudah jeglek meski Anda menggunakan sedikit perangkat . Ciri-ciri MCB yang rusak antara lain suhu panas, ada bagian yang gosong, dan tercium bau khas kabel terbakar.

Baca juga  Info Terbaru Harga Lampu Merek Hannochs di Pasaran (All Varian)

Selain itu, jeglek juga bisa disebabkan oleh hubungan arus pendek atau korsleting. Jika ada korsleting, maka arus listrik akan terputus. Karena itu, penggunaan jumper diperlukan untuk mencegah bahaya kebakaran akibat percikan bunga api dari listrik. Untuk mengetahui perangkat mana yang menyebabkan korsleting, Anda bisa mengecek kabelnya secara langsung. Korsleting sendiri biasanya terjadi pada sambungan dan belokan kabel.

Selain dari instalasi listriknya, kasus korsleting juga bisa terjadi akibat perangkat elektronik Anda yang bermasalah. Mungkin saja alat elektrik tersebut sudah rusak, terkena air, atau ada komponen yang terputus. Akibatnya, aliran listrik di dalamnya menjadi tidak teratur. Anda bisa melepaskan semua perangkat elektronik terlebih dahulu. Setelah itu, sambungkan lagi perangkat tersebut satu per satu dengan listrik untuk mengetahui mana yang rusak.

Untuk memperhalus lonjakan arus start atau inrush current dari beban listrik, Anda bisa menggunakan alat yang disebut inverator. Alat ini menunda sesaat kebutuhan listrik yang dikonsumsi ketika perangkat elektronik, seperti komputer atau televisi, dinyalakan. Sekadar informasi, ketika perangkat elektronik dinyalakan, terjadi tarikan arus listrik yang besar yang mengisi kekosongan muatan listrik yang ada di dalam kapasitor elektrolit. Jika arus listrik yang tersedot melebihi beban listrik yang terpasang di meteran, akan mengakibatkan MCB trip atau jeglek.

Baca juga  Info Harga & Spesifikasi Kipas Angin Tornado Embun

Saat ini, tidak sulit menemukan slow start inverator karena sudah dijual bebas di pasaran. Di salah satu situs jual beli online, slow start inverator Nisson NS-1500 ditawarkan dengan harga Rp87.000 hingga Rp115.000, sedangkan alat serupa dengan Nonix AP-200W dijual dengan harga cuma Rp65.000. lainnya, Vectra 1500W dipasarkan Rp75.900, Vectra 1000W dijual Rp30.000, dan inverator Yobi 3,5A ditawarkan dengan harga Rp96.000.

loading...
author
Anak band yang gak suka nonton boyband. Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Pernah dipaksa baca berita infotainmen tiap hari sampai akhirnya memutuskan lebih suka info teknologi yang lebih sedikit gosip.

Leave a reply "Harga Alat Slow Start Inverator, Cegah Listrik Jeglek"