Update Harga Tepung Terigu Segitiga Biru Bogasari (per Dus dan Eceran)

Segitiga Biru bisa dikatakan sebagai salah satu merk tepung terigu yang cukup populer di pasaran Tanah Air. Pasalnya, brand buatan Bogasari tersebut merupakan tepung terigu serbaguna yang diklaim memiliki kadar protein sedang dan cocok untuk membuat aneka makanan. Di pasaran, 1 karung tepung terigu Segitiga Biru kemasan 25 kg sekarang ditawarkan dengan harga ratusan ribu rupiah.

Ilustrasi: Tumpukan Tepung Segitiga Biru (credit: Tokopedia)
Ilustrasi: Tumpukan Tepung Segitiga Biru (credit: Tokopedia)

Bogasari sendiri merupakan salah satu perusahaan lawas karena sudah berdiri sejak tanggal 19 Mei 1969 silam sebagai Perseroan Terbatas (PT) Bogasari Flour Mills dengan fungsi sebagai pengolah yang menggiling gandum menjadi tepung terigu. Sementara, badan urusan logistik (BULOG) bertindak sebagai importir gandum dan distributor tepung terigu.

Bacaan Lainnya

Perusahaan tersebut kemudian resmi beroperasi sebagai pabrik penggilingan gandum pada tahun 1971, yang berlokasi di Tanjung Priok, Jakarta Utara dan meluncurkan tiga merek produk perdana, yaitu Cakra Kembar, Segitiga Biru, dan Kunci Biru. Selang setahun kemudian, perusahaan ini mendirikan pabrik kedua mereka di Surabaya, tepatnya berlokasi di kawasan Tanjung Perak.

Jenis Tepung Terigu Bogasari

Hingga kini, Bogasari telah memproduksi beragam jenis tepung terigu yang memiliki peruntukan berbeda-beda, antara lain tepung terigu dengan brand Taj Mahal, Lencana Merah, Kunci Biru, Segitiga Biru, Cakra Kembar, hingga Cakra Kembar Emas. Taj Mahal adalah tepung whole wheat atau gandum utuh yang didapat dari penggilingan seluruh bagian biji gandum. Tepung ini diproses secara khusus, sehingga aroma dan kandungan gizi tepung tetap terjaga.

Baca juga  Perbedaan Tembaga Baru dan Bekas

Taj Mahal diklaim sangat cocok untuk membuat makanan khas dan Timur Tengah, selain itu juga untuk membuat whole wheat cakes, cookies berserat tinggi dan sebagai campuran untuk membuat roti gandum atau whole wheat bread. Taj Mahal Atta Flour tersedia dalam ukuran 1 kilo.

Lalu, yang kedua adalah tepung terigu Lencana Merah yang merupakan produk tepung Bogasari dengan kadar protein rendah, sehingga cocok untuk aneka gorengan dan jajan pasar. Teksturnya yang tidak terlalu padat akan membuat gorengan menjadi lebih renyah dan tahan lama. Ada pula Kunci Biru, tepung terigu dengan kadar protein rendah. Tidak sulit menemukan jenis tepung ini, Anda bisa menemukannya di toko bahan-bahan kue. Bahkan, beberapa penjual ada yang menjualnya dengan kemasan repack.

Tepung Terigu Segitiga Biru di Pasaran - www.tokopedia.com
Tepung Terigu Segitiga Biru di Pasaran – www.tokopedia.com

Selanjutnya, tepung terigu Cakra Kembar, merupakan produk terigu berprotein tinggi yang diklaim cocok untuk pembuatan roti dan mie. Tepung satu ini diklaim dibuat dari gandum alami pilihan berkualitas yang mengandung protein, gluten, serta daya serap air yang tinggi. Khusus untuk varian Cakra Kembar Premium, kabarnya adalah satu-satunya tepung terigu yang mengandung vitamin A, vitamin B3, dan vitamin D3.

Sementara itu, untuk tepung terigu Cakra Kembar Emas, adalah terigu spesial dengan protein tinggi, khusus untuk pembuatan roti premium. Produk tepung terigu Cakra Kembar Emas terdiri dari beberapa varian, yakni Cakra Kembar Emas Roti Oriental, Cakra Kembar Emas Roti, dan Cakra Kembar Emas Pao & Mantao. Tepung Cakra Kembar Emas biasanya digunakan dalam pembuatan kue kering, seperti biskuit.

Terakhir adalah, varian tepung terigu yang mungkin sudah banyak dikenal dan digunakan secara luas oleh masyarakat Indonesia, yakni tepung terigu Segitiga Biru. Tepung terigu Segitiga Biru adalah terigu serbaguna produksi Bogasari dengan kadar protein sedang untuk aneka jenis makanan. Produk ini tersedia dalam beberapa pilihan ukuran, yakni kemasan eceran isi 500 gram, 1 kg, dan kemasan karung isi 25 kg.

Baca juga  Perbedaan Tembaga Baru dan Bekas

Di samping tiga merek perdana, pada tanggal 22 Desember 1999, Bogasari resmi merilis merek-merek baru, yaitu Cakra Kembar Emas, yang dilanjutkan dengan Lencana Merah dan lain-lain. Sementara, di tahun 2013, perusahaan ini meluncurkan dan produk baru berupa Tepung Premiks Cepat Saji, tepung premium Cakra Kembar Emas kemasan 5 kg, hingga karung terigu dengan kapasitas 25 kg dengan konsep degradable atau ramah lingkungan yang diawali oleh merk Segitiga Biru.

Keunggulan Tepung Terigu Segitiga Biru

Tepung terigu Segitiga Biru dari Bogasari dikatakan sebagai tepung terigu dengan kadar protein sedang. Di dalam produk ini, kadar protein yang dikandung hanya sebesar 11 persen sampai 12,5 persen. Hal tersebut membuat tepung ini cocok digunakan sebagai bahan adonan kue seperti cookies, pastry, pie, dan donat. Di samping itu, tepung tersebut juga diklaim baik untuk membuat adonan pound cake (bolu, banana cake, brownies), bolu gulung, waffle, roti manis, martabak manis, dan pao atau mantao.

Selain protein, tepung terigu Segitiga Biru juga mengandung moisture sebanyak maksimal 14,3 persen, ash maksimal 0,64 persen, water absorption  minimal 58 persen, dan wet gluten minimal 26,5 persen. Sekadar informasi, moisture adalah jumlah kadar air pada tepung terigu. Jika kadar moisture melebihi standar maksimum, maka daya simpan tepung akan menurun dan membuatnya semakin cepat rusak, berjamur, dan apek. Sementara, ash adalah kadar abu atau mineral yang terdapat dalam suatu produk tepung terigu, yang memengaruhi proses dan hasil akhir produk, misalnya dari segi warna (warna crumb pada roti, warna mi, dan sebagainya).

Tepung Terigu Segitiga Biru Bogasari - (www.lazada.co.id)
Tepung Terigu Segitiga Biru Bogasari – (www.lazada.co.id)

Harga Tepung Terigu Segitiga Biru

Kemasan Tepung Terigu Segitiga Biru Harga
Tepung Terigu Segitiga Biru 500 gr Rp5.000 – Rp8.000 per pcs
Tepung Terigu Segitiga Biru 1 kg  Rp11.000 – Rp14.500 per pcs
Tepung Terigu Segitiga Biru 500 gr x 20 pcs Rp125.000 – Rp144.000 per dus
Tepung Terigu Segitiga Biru 1 kg x 12 pcs Rp149.000 – Rp159.900 per dus
Tepung Terigu Segitiga Biru 25 kg Rp246.000 per karung
Baca juga  Perbedaan Tembaga Baru dan Bekas

Harga tepung terigu Segitiga Biru di atas telah kami rangkum dari berbagai sumber. Jika dibandingkan penawaran sebelumnya, harganya saat ini memang terpantau naik. Harga tepung terigu Segitiga Biru kemasan 25 kg misalnya, semula Rp209 ribu dan sekarang menjadi Rp246 ribu per karung, sedangkan harga kemasan 1 kg x 12 pcs naik dari Rp119 ribu menjadi Rp149 ribu per dus.

Harga Tepung Segitiga Biru di Alfamart & Indomaret

Nama Minimarket Harga
Indomaret Rp14.400 per kg
Alfamart Rp16.400 per kg

Daftar harga tepung terigu Segitiga Biru di atas telah kami kutip langsung dari situs dan aplikasi resmi masing-masing minimarket. Jika dibandingkan tahun lalu, harganya saat ini pun terpantau naik. Tepung terigu Segitiga Biru kemasan 1 kg di Indomaret misalnya, semula dijual Rp11.800 dan sekarang naik menjadi Rp14.400.

(Panca)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *