Update Harga Freezer Box Mini Portable Murah

Freezer selama ini identik dengan salah satu kompartemen yang ada di dalam lemari es berukuran besar. Namun, kendala freezer yang tersedia di lemari es pada umumnya adalah memiliki ukuran besar dan berat, sehingga menyulitkan untuk dipindah atau dibawa. Nah, untuk mengatasi hal tersebut, saat ini sudah tersedia beragam freezer mini portable yang dijual di kisaran harga ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

Minuman dalam freezer (sumber: my-best.id)
Minuman dalam freezer (sumber: my-best.id)

Umumnya, masyarakat bakal menyebut freezer dengan lemari es atau kulkas. Namun, kedua perangkat elektronik tersebut ternyata berbeda meski sama-sama berfungsi sebagai pendingin. Kulkas, seperti namanya, merupakan perangkat elektronik yang berfungsi sebagai lemari pendingin. Sementara, freezer lebih mengarah sebagai lemari pembeku (bahkan hingga mencapai titik beku). Dilansir dapurmodern.org, berikut beberapa perbedaan antara lemari es dan freezer.

Bacaan Lainnya

Perbedaan Kulkas dan Freezer

  • Perbedaan pertama antara kulkas dan freezer adalah fungsinya. Kulkas biasa atau kulkas fridge memiliki fungsi sekadar untuk menyimpan makanan dan minuman agar memiliki daya tahan yang lama, termasuk sayuran dan buah-buahan. Lemari pendingin biasa ini tidak dapat memadatkan atau membekukan makanan dan minuman. Sementara, freezer memiliki fungsi untuk menyimpan sekaligus membekukan makanan atau minuman, misalnya daging dan membuat es batu.
  • Untuk fisik, sebenarnya bisa dikatakan tidak ada perbedaan yang cukup mencolok antara lemari es dan freezer. Kulkas biasa dalam pembuatannya dirancang dengan memiliki bentuk satu pintu atau dua pintu. Begitu juga halnya dengan freezer yang dibuat dalam dua model, yaitu chest freezer dan deep freezer. Namun, seperti yang kita ketahui, model kulkas saat ini sudah menyatukan kulkas fridge dan freezer menjadi satu unit.
  • Untuk suhu maksimal pendinginan, freezer lebih unggul karena mampu memberikan suhu dingin hingga mencapai minus 28 derajat Celcius, terutama untuk lemari pembeku jenis chest freezer. Sementara, suhu dingin maksimal untuk lemari es biasanya hanya mencapai 0 derajat Celcius.
  • Lemari pembeku atau freezer biasanya dirancang dengan desain atau bentuk yang melebar sehingga dapat menata makanan atau minuman ke dalamnya secara horizontal. Sementara, kulkas fridge dibuat dengan dilengkapi beberapa rak. Konsumen pun bisa menata bahan makanan dan minuman sesuai kelompoknya agar mudah ditemukan secara lebih efisien.
  • Untuk konsumsi daya listrik, freezer secara umum memiliki pemakaian listrik yang paling hemat, sedangkan kulkas adalah sebaliknya. Namun, yang perlu Anda ketahui bahwa kebutuhan pemakaian energi listrik juga mendapatkan pengaruh dari intensitas Anda membuka dan menutup kulkas atau freezer.
  • Harga kulkas dan freezer sebenarnya hampir setara, tergantung desain, merek, dan teknologi yang telah diusung. Harga lemari es biasa atau fridge satu pintu saat ini berkisar Rp1,2 juta sampai Rp2 jutaan per unit, sedangkan harga freezer berkisar Rp2 juta sampai Rp5 jutaan per unit.
Baca juga  Info Terbaru Harga Granit Indogress (Semua Tipe dan Ukuran)

Di pasaran, freezer telah tersedia dalam beragam jenis atau tipe. Tipe paling populer adalah chest freezer dan deep freezer. Selain itu, ada juga tipe lainnya, seperti cold stores, blast freezer, belt freezer, dan lain-lain. Berikut kami sajikan uraian singkat mengenai beberapa tipe freezer, seperti yang kami rangkum dari berbagai sumber.

Freezer box mini portable murah (sumber: improb.com)
Freezer box mini portable murah (sumber: improb.com)

Jenis Freezer

  • Chest freezer, adalah tipe yang berguna untuk membekukan makanan dengan sirkulasi alami dari udara antara 20 derajat sampai 30 derajat Celcius. Pembeku ini tidak digunakan secara luas karena laju pembekuannya yang lambat (3-72 jam) sehingga tidak efektif secara ekonomi dan dapat merusak kualitas dari makanan.
  • Cold stores, sering digunakan untuk membekukan daging, menyimpan makanan yang telah dibekukan dengan metode lain, hingga memperkeras es krim. Masalah yang sering terjadi pada cold stores ini adalah terbentuknya timbunan es pada -dindingnya, yang mengakibatkan berkurangnya efisiensi dari freezer.
  • Blast freezer, ini adalah freezer yang menggunakan dua metode pembekuan, yaitu partaian dan continue. Pada metode partaian, makanan disimpan pada rak di dalam ruang pendingin. Sementara, pada metode continue, makanan bergerak pada conveyor belt melalui ruang yang diinsulasi.
  • Belt freezer, memiliki belt yang fleksibel dan bertautan satu sama lain dan membentuk deretan bertingkat berbentuk spiral dan membawa makanan melewati ruang pendingin. Spiral freezer memerlukan ruang yang relatif kecil dan memiliki kapasitas yang besar. Keuntungan lain adalah pemuatan dan bongkar muat secara otomatis, biaya perawatan yang murah, serta mampu membekukan berbagai jenis bahan makanan.
  • Fluidized bed freezer, cocok untuk makanan yang berbentuk butiran. Makanan yang dibekukan dengan fluidized bed freezer melakukan kontak lebih baik dengan udara pendingin daripada pada blast freezer dan semua permukaannya beku secara bersamaan dan merata.
  • Immersion freezer, makanan yang dikemas dilewatkan ke propilen glikol, air asin, gliserol, atau kalsium klorida yang di-refrigersi menggunakan conveyor yang dilewatkan pada lubang sehingga bahan makanan tersebut ‘terendam’ dalam refrigerant.
  • Plate freezing, terdiri dari beberapa plat berlubang dengan orientasi vertikal atau horisontal. Keuntungan dari pembeku jenis ini adalah nilai ekonomi yang baik dan efisiensi tempat, biaya operasi yang rendah, dehidrasi rendah, defrosting terjadi pada tingkat yang minimal, dan perpindahan panas yang tinggi.
Baca juga  Update Harga DVR CCTV (2, 4, 8, 16 Channel)

Saat ini, tidak susah mendapatkan freezer. Anda bisa membelinya di berbagai toko elektronik maupun jual beli online. Namun, bagi Anda yang mementingkan kepraktisan, freezer mini dan portable bisa menjadi opsi yang menarik. Nah, berikut kami sajikan informasi terbaru kisaran harga freezer mini portable di Tanah Air.

Freezer box mini portable (sumber: temu.com)
Freezer box mini portable (sumber: temu.com)

Harga Freezer Mini Portable

Merk Freezer Mini Harga
MOBICOOL DC U06 Rp599.000
Portable Electronic 6L Cooling & Warming Rp637.000
Gea Mini Bar RS-06 Rp1.195.000
Midea HS-65L Rp1.390.000
Changhong CBC-50 Rp1.399.000
Sanyo Aqua AQRD50F Rp1.419.000
Mini 4L Freezer Portable Cooler Warmer Rp1.500.000
Sanyo Aqua AQRD50F Rp1.349.000
Frigigate CFR 100 Chest Freezer Rp1.985.000
Toshiba Glacio XD7 GR-N9P Rp2.500.000
Alpicool C15 Rp2.690.000

Daftar harga freezer mini portable di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk toko elektronik dan jual beli online di Indonesia. Harga freezer mini portable tersebut tidak mengikat dan bisa berbeda-beda di masing-masing wilayah. Sebagai perbandingan, tahun lalu Alpicool C15 dijual Rp4,8 jutaan, sedangkan harga Mini 4L Freezer Portable Cooler Warmer Rp1,083 jutaan. 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *