Info Terbaru Harga Bata Congkak (Conblock Dinding) Berbagai Ukuran

Dalam proses membangun rumah, apartemen, gedung, atau bangunan lainnya, pemilihan material atau bahan bangunan memang tergolong rumit. Pasalnya, Anda perlu mempertimbangkan banyak hal, mulai dari segi harga, kebutuhan, dan anggaran yang Anda miliki. Jangan sampai Anda memaksakan diri untuk membeli material-material dengan kualitas teratas yang harga jualnya mahal. Jika ingin berhemat, ada beberapa material yang bisa Anda pilih, salah satunya bata congkak atau conblock dinding.

Varian Bata Congkak (Conblock Dinding) - www.tokopedia.com
Varian Bata Congkak (Conblock Dinding) – www.tokopedia.com

Bata beton adalah suatu jenis unsur bangunan berbentuk bata yang dibuat dari bahan utama semen portland, air, dan agregat yang dipergunakan untuk pasangan dinding. Sementara itu, bata beton berlubang atau conblock dinding adalah bata yang memiliki luas penampang lubang lebih dari 25% luas penampang batanya dan volume lubang lebih dari 25% volume bata seluruhnya.[1]

Bacaan Lainnya

Jenis Bata Congkak (Conblock Dinding)

  • Bata congkak tingkat I, digunakan untuk dinding struktural yang tidak terlindungi.
  • Bata congkak tingkat II, digunakan untuk dinding struktural yang terlindungi.
  • Bata congkak tingkat III, digunakan untuk dinding non-struktural yang tidak terlindungi.
  • Bata congkak tingkat IV, digunakan untuk dinding non-struktural yang terlindungi.[2]
Baca juga  Perbedaan Tembaga Baru dan Bekas

Setiap jenis batu bata memiliki kelebihan dan kelemahannya masing-masing. Namun bagi Anda yang beranggaran terbatas dan tetap berangan-angan untuk membangun atau merenovasi rumah dengan biaya seminimal mungkin, maka Anda bisa mempertimbangkan untuk menggunakan bata congkak. Harga bata congkak umumnya relatif lebih daripada bata merah karena terbuat dari campuran semen dan pasir kasar yang dicetak padat atau di-press. Ada juga yang membuat bata congkak dengan campuran batu tras, kapur, dan air.

Bata Congkak dan Bata Merah

  • Bahan baku bata congkak adalah semen, pasir, kerikil, dan air, sedangkan bata merah adalah lime clay atau alumina, pasir, oksida besi, dan magnesia.
  • Pada bata merah, kekuatan kompresi yang dimiliki diperkirakan terletak di antara 3,5 hingga 35N/mm2. Berbeda dengan conblock yang kekuatan kompresinya terletak di antara 4 hingga 5N/mm2.
  • Penyerapan air pada bata merah dianjurkan hanya sebesar 20 persen dari beratnya, sedangkan pada conblock, material tersebut tidak boleh memiliki nilai penyerapan air lebih besar dari 10 persen beratnya.
  • Bata merah bisa digunakan sebagai bahan struktur untuk konstruksi bangunan, , lengkungan, trotoar, hingga jembatan, sedangkan conblock dapat digunakan sebagai bantalan beban dan bantalan non-beban di dinding, dinding panel, dan dinding partisi.
  • Bata congkak dinilai lebih ramah lingkungan karena jumlah karbon dioksida yang dikeluarkan selama pembuatannya terhitung lebih sedikit. Berbeda dengan bata merah yang mengeluarkan lebih banyak karbon dioksida selama pembuatannya.
Baca juga  Perbedaan Tembaga Baru dan Bekas

Kelebihan Bata Congkak (Conblock Dinding)

  • Conblock berfungsi untuk yang banyak digunakan di luar bangunan serta tidak boleh retak-retak dan cacat.
  • Conblock merupakan solusi terbaik untuk lahan resapan saat hujan dan banjir.
  • Conblock yang dipasang pada halaman rumah berguna untuk mencegah genangan air karena sifatnya yang menyerap air hingga 60%.
  • Conblock menjaga ketersediaan air tanah yang bisa Anda manfaatkan untuk keperluan sehari-hari.
  • Penggunaan conblock pada jalan di perkampungan dapat menekan biaya produksi dan perawatan.

Pengerjaan dinding menggunakan bata congkak biasanya lebih cepat dibandingkan dengan bata merah, sehingga Anda bisa lebih menghemat biaya. Walau begitu, Anda tetap memerlukan material tambahan seperti semen dan pasir, sebab umumnya bata congkak memiliki lubang atau ruang kosong di bagian tengah yang perlu Anda isi dengan semen supaya lebih kuat.

Meski murah, bata congkak ternyata punya sederet kelemahan, yakni lebih rapuh dan berpotensi menyebabkan adanya retak rambut pada dinding. Selain itu, dinding dari batako juga cukup sulit saat hendak dipaku. Namun, jika Anda masih berminat dengan material ini, Anda bisa menyimak daftar harga bata congkak di bawah ini untuk referensi.

Baca juga  Perbedaan Tembaga Baru dan Bekas
Jenis Bata Congkak - (www.tokopedia.com)
Jenis Bata Congkak – (www.tokopedia.com)

Harga Bata Congkak (Conblock Dinding)

Jenis/Ukuran Bata Congkak Harga
Bata congkak 6 x 10 x 24 cm Rp700 – Rp950 per pcs
Bata congkak 8 x 10 x 24 cm Rp800 – Rp1.100 per pcs
Bata congkak 2 lubang 9 x 20 x 40 cm Rp2.750 – Rp5.000 per pcs
Bata congkak 3 lubang 10 x 20 x 40 cm Rp6.500 – Rp8.000 per pcs
Bata congkak 3 lubang tebal 14 x 20 x 40 cm Rp12.500 – Rp15.000 per pcs
Bata congkak dekoratif 10 x 20 x 40 cm Rp10.000 per pcs

Daftar harga bata congkak di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk toko bahan bangunan dan sejumlah situs beli online. Perlu Anda catat bahwa harga material ini tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu. Sebagai perbandingan, tahun lalu bata congkak press ukuran 10 x 20 x 40 cm dijual dengan harga mulai Rp5.500 per pcs, sedangkan harga ukuran 10 x 20 x 40 cm KW 1 berkisar Rp4.500 per pcs.

(Panca)

[1] Taviana, dkk. 2020. Material Gunung Sinabung sebagai Bahan Konstruksi. Jakarta: Penerbit Andi, hlm. 30.

[2] Ibid.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *