Update Harga Air Cooler Panasonic

 

Selain AC atau air conditioner, air cooler bisa menjadi solusi yang menarik bagi Anda yang mengalami kegerahan ketika berada di dalam ruangan. Sudah banyak merek yang menyediakan air cooler ini, seperti Midea, Krisbow (Kris), Sharp, Sanken, Gree, hingga Panasonic. Harga air cooler sendiri bervariasi, tetapi biasanya lebih murah jika dibandingkan dengan AC.

Bacaan Lainnya
Ilustrasi: Mendinginkan Ruangan Dengan Air Cooler (sumber: alibaba.com)
Ilustrasi: Mendinginkan Ruangan Dengan Air Cooler (sumber: alibaba.com)

Keunggulan Air Cooler

Iklim tropis memang identik dengan udara yang cukup panas, terlebih adanya isu pemanasan global yang kian meningkat dari hari ke hari, hawa panas yang ada di suatu ruangan pun semakin terasa. Masyarakat Indonesia, umumnya yang tinggal di wilayah perkotaan, selain AC, juga kerap memanfaatkan air cooler agar suhu di rumah lebih dingin, sehingga anggota keluarga akan lebih nyaman.

Air cooler sendiri merupakan sebuah pendingin berbentuk kotak yang di dalamnya berisi kipas, tempat air/es, dan pompa. Cara kerjanya cukup sederhana, pengguna hanya tinggal memasukkan air atau es batu ke dalam kotak pendingin, kemudian udara di ruangan disedot dan disalurkan melewati tempat air dingin atau es. Selanjutnya, udara yang sudah dingin diembuskan kembali ke dalam ruangan.

Meski AC secara perlahan telah menggantikan alat yang satu ini, air cooler masih tetap disukai karena dalam beberapa hal, salah satunya penggunaan air cooler dirasa lebih menguntungkan. Teknologi yang ditawarkan oleh air cooler ini memang tidak secanggih AC, tetapi juga tidak sesederhana kipas angin.

Baca juga  Keunggulan dan Update Harga Margarin Forvita (Semua Kemasan)

Jika dibandingkan dengan AC, harga air cooler pun jauh lebih murah, biaya pengoperasian serta perawatannya juga lebih rendah. Air cooler juga lebih hemat energi, karena daya listrik yang dibutuhkan hanya sekitar 1/10 dari yang dibutuhkan AC. Dengan demikian, bisa menghemat tagihan listrik bulanan. Selain itu, air cooler bisa bekerja pada listrik bertegangan rendah.

Keunggulan lain perangkat ini adalah relatif aman serta tidak menimbulkan kerugian bagi lingkungan, dengan kata lain pemakaian air cooler lebih ramah lingkungan. Masalah portabilitas, air cooler juga lebih mudah untuk dibawa atau dipindahkan. Berbeda halnya dengan AC yang harus diletakkan pada satu titik saja.

Namun, di balik semua kelebihannya, penggunaan air cooler juga tidak terlepas dari kekurangan. Beberapa kekurangan air cooler adalah tidak cocok untuk iklim subtropis, karena terlalu banyak kelembapan di udara luar akan membuat kinerjanya tidak efisien. Alat ini juga tidak cocok untuk orang yang menderita asma atau masalah pernapasan lainnya. Air cooler pun membutuhkan pemeliharaan yang konstan agar bisa beroperasi dengan efisien, serta harus rutin memasok air es untuk mendinginkan udara. Kekurangan lainnya adalah tidak bisa mengontrol udara.

Di pasaran, jenis pendingin udara atau air cooler yang dijual adalah pendingin udara evaporative dan pendingin udara portable. Jika digunakan dalam ruangan yang besar, maka lebih baik menggunakan evaporative air cooler. Namun, jenis ini juga memerlukan daya listrik dan ruang yang besar, serta membutuhkan lebih banyak air. Meski begitu, alat ini mampu menghasilkan pendinginan yang lebih baik.

Baca juga  Update Harga Timbangan Buah Digital 10 Kg

Sementara, untuk penggunaan pribadi atau ruangan yang lebih kecil, menggunakan air cooler portable diklaim sudah cukup mumpuni. Anda bisa memilih kedua jenis ini sesuai dengan kebutuhan dan luas ruangan. Selain luas ruangan, ada baiknya mempertimbangkan ketinggian ruangan saat memilih alat pendingin ini.

Ilustrasi: Fitur Air Cooler (credit: onsitego)
Ilustrasi: Fitur Air Cooler (credit: onsitego)

Fitur Air Cooler

  • Speed controller, berguna untuk mengatur kecepatan kipas.
  • Automatic water level controller, berfungsi untuk mengontrol level air secara otomatis sehingga dapat mempertahankan air yang telah ditentukan serta mencegah air meluber.
  • Automatic shut off dampers, berguna untuk membuka atau menutup flap jika kipas hidup/mati, agar udara dingin tidak terbuang percuma.
  • Remote control.

Ketika hendak membeli sebuah air cooler, salah satu faktor yang penting adalah pilihlah merek air cooler yang cukup dikenal, serta jaringannya luas. Jadi, jika Anda membutuhkan perbaikan, tidak terlalu sulit untuk mencari spare part. Nah, salah satu brand air cooler yang cukup terkenal adalah Panasonic, dan berikut daftar harga air cooler Panasonic yang tersedia di pasaran.

Ilustrasi: Panasonic AC Mini Cassette (credit: Youtube/Kai Mun)
Ilustrasi: Panasonic AC Mini Cassette (credit: Youtube/Kai Mun)

Harga Air Cooler Panasonic

Tipe Produk Harga Sebelumnya Harga Sekarang
Panasonic AC Mini Panasonic Floor 2 PK CS-C18FFP Rp11.750.000 Rp11.750.000
Panasonic AC Mini Cassette 2 PK CS-PV18RB4P Rp13.899.000 Rp14.999.000
Panasonic Floor Standing AC J28FFP8 Rp19.120.000 Rp19.294.000
Panasonic AC Mini Panasonic Floor 5 PK CS-J45FFP8 Rp25.249.000 Rp27.999.000

Harga air cooler Panasonic di atas telah kami rangkum dari berbagai sumber di internet. Jika dibandingkan dengan tahun 2020 dan 2021, harga air cooler Panasonic tahun 2022 ada yang mengalami perubahan. Sebagai contoh, Panasonic AC Mini Panasonic Floor 5 PK CS-J45FFP8 yang dibanderol Rp26,4 jutaan tahun 2020, turun menjadi Rp25,2 jutaan tahun 2021, tetapi naik lagi menjadi Rp27,9 jutaan tahun 2022.

Baca juga  Indikasi, Dosis, Manfaat, dan Update Harga Kalpanax Cream 5 gr

Harga air cooler Panasonic tersebut dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Selain itu, harga yang berlaku di setiap tempat juga bisa berbeda-beda, tergantung dari promo atau penawaran pihak penjual.

Meski bisa diletakkan di berbagai tempat, tetapi menggunakan air cooler sembarangan hanya akan membuatnya cepat rusak. Karena itu, agar air cooler yang Anda miliki bisa awet dan bermanfaat, harus digunakan dengan benar dan tepat. Anda sebaiknya meletakkan air cooler di pojok ruangan yang jauh dari barang elektronik rumah tangga, pasalnya barang elektronik seperti komputer dan radio rawan rusak karena udara menjadi lembap.

Air cooler juga harus rutin dibersihkan, setidaknya sebulan sekali. Untuk membersihkannya, cukup sederhana, bagian yang perlu diperhatikan adalah tangki air dan filter. Untuk tangki air, cukup cuci bersih, lalu keringkan. Sementara, bagian filter disemprot dengan air, sampai debu dan kotoran hilang. Debu yang menempel di bagian luar juga bisa dibersihkan dengan vacuum cleaner, atau dilap dengan kain setengah basah, lalu keringkan. Apabila debu sudah terlalu banyak dan masuk ke bagian dalam, maka harus dibongkar.

[Update: Almas]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *