Manfaat dan Info Update Harga Pil KB Yasmin (per Box & Strip)

Bagi pasangan yang sedang tidak ingin memiliki momongan, atau mungkin merasa sudah terlalu banyak anak, salah satu cara yang bisa digunakan untuk mengurangi risiko kehamilan adalah mengonsumsi KB. Dari sekian banyak merk pil KB di pasaran, salah satu yang cukup populer adalah Yasmin. Walau punya harga per strip atau per box yang bisa dikatakan tidak murah, produk ini diklaim tidak akan meningkatkan berat badan Anda, bahkan mampu mengurangi rambut halus di wajah hingga mencegah jerawat.

Ilustrasi: wanita mengonsumsi pil KB (sumber: hotzehwc.com)
Ilustrasi: wanita mengonsumsi KB (sumber: hotzehwc.com)

Dikutip dari Alodokter.com, KB adalah metode kontrasepsi bentuk tablet yang mengandung hormon estrogen dan progesteron, atau progesteron saja. Tergantung jenisnya, metode kontrasepsi dengan pil KB terdiri dari 21 hingga 35 tablet yang diminum dalam 1 siklus dan berkelanjutan. Dalam 1 siklus, terdapat pil yang mengandung hormon (pil aktif) dan pil yang tidak mengandung hormon (pil inaktif). Karena itu, penting untuk minum pil sesuai dengan anjuran.

Bacaan Lainnya

KB dikatakan dapat mencegah kehamilan dengan cara menghentikan ovulasi (pelepasan sel telur oleh ovarium) dan menjaga kekentalan lendir servikal sehingga tidak dapat dilalui oleh sperma.[1] Kelebihan mengonsumsi ini antara lain punya efektivitas yang relatif tinggi, tidak berpengaruh pada hubungan suami-istri, dan relatif aman. Meski demikian, ada sejumlah efek samping yang ditimbulkan pil KB, seperti mual, sakit kepala, komplikasi tromboemboli, emboli paru-paru, alergi, depresi, hingga libido menurun.[2]

Baca juga  Info Harga Permen Strepsil di Indomaret Alfamart (Semua Varian)

Efek samping lainnya yang mungkin timbul akibat konsumsi KB adalah kenaikan berat badan. Sudah bukan menjadi rahasia lagi bahwa kaum Hawa cenderung lebih aware terhadap penampilan fisik mereka. Jadi, berat badan yang ideal dan proporsional adalah dambaan mereka. Karena itu, mereka sebisa mungkin menghindari segala hal yang mungkin dapat bobot tubuh meningkat, termasuk pil KB.

Namun, berdasarkan sebuah studi,[3] tidak ada pengaruh signifikan antara penggunaan pil dan alat kontrasepsi lainnya, seperti suntik, terhadap kenaikan berat badan. Sebaliknya, faktor yang mungkin dapat berpengaruh pada kenaikan berat badan antara lain herediter, suku bangsa, gangguan emosional, fisiologi, aktivitas fisik, serta pola makan.

Manfaat dan Dosis Pil KB Yasmin

Meski demikian, tetap saja, banyak perempuan, termasuk mereka yang sudah menikah, yang masih enggan untuk mengonsumsi pil KB. Nah, guna mengatasi kecemasan ini, sejumlah produsen pun melemparkan produk pil KB yang tidak hanya dapat mencegah kehamilan, tetapi juga diklaim tidak badan bertambah naik.

Baca juga  Manfaat dan Info Terbaru Harga Toner Temulawak Original Terbaru

Ada banyak produk yang membawa embel-embel demikian, salah satunya pil KB Yasmin. Menurut review salah satu lapak jual beli online, pil KB Yasmin memiliki sifat diuretik yang fungsinya membuang penumpukan cairan tubuh. Selain itu, pil ini juga dikatakan memiliki kandungan estrogen rendah sehingga risiko peningkatan berat badan dapat dicegah. Bahkan, pil KB Yasmin diklaim bisa mengurangi rambut halus di wajah hingga menekan produksi minyak yang dapat mencegah jerawat.

Pil KB Yasmin (sumber: catatanbunda.id)
Pil KB Yasmin (sumber: catatanbunda.id)

Yasmin sendiri mengandung kombinasi antara dua hormon, yaitu drospirenon (progestin) dan etinil estradiol (estrogen). Drospirenon dan etinil estradiol merupakan hormon turunan progesteron yang dapat membantu mengatur reproduksi wanita. Ketika dikombinasi, obat ini bekerja dengan menekan hormon gonadotropin supaya menghambat ovulasi dan mengurangi terjadinya implantasi pengentalan pada endometrium. Yasmin juga dapat mengentalkan cairan mukosa pada leher rahim yang sperma sulit untuk bergerak di dalam ovarium.

Layaknya obat pada umumnya, mengonsumsi pil KB pun tidak boleh sembarangan. Dosis disarankan adalah mulai pada hari pertama menstruasi, tiap hari 1 tablet selama 21 hari, kemudian dilanjutkan 7 hari tanpa tablet, dan seterusnya. Agar efektif, pengguna disarankan pil KB Yasmin pada malam hari atau menjelang tidur, karena diklaim akan bekerja lebih efektif menekan hormon yang memproduksi kehamilan, mencegah terjadinya ovulasi, hingga rahim menjadi tidak mungkin ditanami sel telur yang telah dibuahi.

Baca juga  Update Harga Susu Appeton Weight Gain untuk Wanita (450 gr dan 900 gr)

Harga Pil KB Yasmin

JenisPil KB Yasmin Harga (Rp)
Pil KB Yasmin per box isi 21 tablet di Apotek K24 264.186
Pil KB Yasmin per strip isi 21 tablet di Marketplace 216.000 – 241.250

Jika Anda tertarik mengonsumsi produk ini, tidak sulit mendapatkan pil KB Yasmin. Anda bisa membelinya di sejumlah apotek, toko obat, bahkan via situs jual beli online. Di Apotek K24 misalnya, pil KB Yasmin tahun 2021 lalu dijual dengan harga Rp264.006 per box isi 21 tablet, sedikit naik dari tahun 2020 yang ditawarkan Rp258.083. Sementara, di situs e-commerce, harganya sekitar Rp245 ribu hingga Rp396 ribuan, tergantung kebijakan masing-masing penjual.

[Update: Dian]

[1]Sari, Helen Eka Nadia, dkk. 2016. Gambaran Pengetahuan Tentang Kontrasepsi Pil kepada Akseptor KB Pil di Wilayah Puskesmas Patrang Kabupaten Jember. Jurnal Kesehatan dr. Soebandi, Vol. 4(1): 262-265.

[2]Hartanto, H. 2004. Keluarga Berencana dan Kontrasepsi. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.

[3]Farida. 2017. Penggunaan Alat Kontrasepsi Suntik dan Pil terhadap Peningkatan Berat Badan pada Ibu Pasangan Usia Subur (Di Dusun Gender Desa Karanganom Kec. Kauman Kab. Tulungagung). Jurnal Strada, Vol. 6(2): 43-47.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *