Harga Cetak Stiker Label Makanan (Chromo, Vinyl, Transparan)

Ada banyak cara untuk mempromosikan sebuah produk. Jika Anda kebetulan sedang berbisnis makanan, termasuk ringan, Anda bisa menempelkan stiker nama atau brand dalam kemasan produk Anda. Tidak sulit membuat stiker semacam ini, karena sudah ada banyak penyedia jasa stiker label makanan dengan yang murah. Anda pun bisa membeli bahannya sendiri dengan harga yang juga terjangkau.

Ilustrasi: Stiker dalam Produk Makanan (credit: wondrouspromotion)

Ilustrasi: Stiker dalam Produk Makanan (credit: wondrouspromotion)

Dalam berbisnis, media promosi memegang peranan penting dalam rangka menarik atensi konsumen atau luas. Media sendiri adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirim kepada penerima sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan minat sedemikian rupa.[1] Sementara, promosi adalah suatu komunikasi informasi yang bertujuan untuk mengubah sikap dan tingkah laku konsumen, yang sebelumnya tidak mengenal menjadi mengenal sehingga mengingat produk tersebut.[2]

Tujuan yang hendak dicapai dengan melakukan promosi antara lain menumbuhkan persepsi pelanggan terhadap suatu kebutuhan (category need), memperkenalkan dan memberikan pemahaman tentang suatu produk kepada konsumen (brand awareness), mendorong pemilihan terhadap suatu produk (brand attitude), membujuk pelanggan untuk membeli suatu produk (brand purchase intention), mengimbangi kelemahan unsur bauran pemasaran lain (purchase information), dan menanamkan citra produk dan perusahaan (positioning).[3]

Baca juga  Update Tarif Layanan Pijat Go-Massage

Media promosi yang lazim digunakan pada pebisnis antara lain brosur, leaflet, poster, name card, billboard, spanduk, hingga banner. Kemudian, seiring kemajuan digital, promosi sekarang juga dapat dilakukan via , termasuk Twitter, Facebook, Instagram, channel YouTube, bahkan melalui group chatting di WhatsApp.

Mesin Cetak Stiker (credit: kergraphics)

Mesin Cetak Stiker (credit: kergraphics)

Fungsi Stiker Label

Nah, untuk produk kuliner, seperti makanan dan minuman, tentu tidak lengkap jika tidak menyertakan stiker atau label pada produk. Stiker sendiri adalah media promosi yang ditempelkan pada produk sebagai sebuah merk agar mudah dikenali oleh target market dan membedakan dengan pesaing. Stiker yang bagus hendaknya mudah diingat dari segi bentuk dan visual grafis. Salah satu acuan dalam pemilihan gambar adalah berdasarkan benchmark dengan produk sejenis.[4]

Stiker label kemasan telah menjadi salah satu media promosi yang cukup efektif sejak lama. Tidak hanya sebagai atribut estetika, stiker label kemasan juga memiliki banyak fungsi lain, termasuk sebagai alat identifikasi produk, memberikan kandungan nutrisi, memberikan informasi pembuatan dan tanggal kedaluwarsa, kontak yang bisa dihubungi untuk melakukan pemesanan, dan lain-lain.

Tips Membuat Stiker Label

  • Menonjolkan yang menarik, disesuaikan dengan target pasar bisnis Anda. Jika produk yang Anda jual menyasar pangsa pasar anak-anak, usahakan untuk membuat stiker label kemasan yang lucu dan menggemaskan. Begitu pula jika produk yang Anda jual menyasar target orang dewasa. Anda juga harus menyesuaikan stiker label yang akan digunakan dengan tampilan yang lebih sederhana namun tetap eye-catching.
  • Karena fungsi stiker label salah satunya adalah sebagai media branding, Anda pun harus menyesuaikan pemilihan warnanya sesuai dengan yang digunakan atau identik dengan brand Anda. Hal ini akan memudahkan konsumen untuk terus mengingat bahwa merk Andalah yang muncul di pikiran mereka saat melihat warna tersebut.
  • Anda juga perlu memperhatikan pesan apa yang ingin Anda sampaikan pada calon pelanggan. Pastikan Anda membuat pesan singkat yang menarik agar dapat membekas dan lebih mudah untuk diingat. Tak hanya harus menyiapkan kalimat pesan yang sesuai. Anda juga harus memperhatikan pemilihan font dan ukuran yang akan digunakan. Sebab, bagaimanapun, desain yang baik adalah yang seluruhnya proporsional dan serasi saat digabungkan.
  • Anda juga dapat memaksimalkan fungsi stiker label kemasan dengan hal-hal menarik yang membuat konsumen tertarik untuk membeli produk Anda. Misalnya, dengan menambahkan kalimat “Beli 1 Gratis 1”.
Baca juga  Update Biaya Perpanjangan SIO (Surat Izin Operator)

Stiker label kemasan ini dapat Anda buat dari beberapa bahan. Material yang kerap digunakan antara lain chromo atau kertas licin yang biasanya dicetak full color, kemudian bahan vinyl dengan warna bening atau transparan, serta kertas HVS yang cocok untuk produk travel, , barcode, dan sejenisnya. Sebagai referensi, berikut kami sajikan kisaran harga cetak stiker label makanan.

Ilustrasi: Stiker Label Makanan (credit: primagraphia)

Ilustrasi: Stiker Label Makanan (credit: primagraphia)

Harga Cetak Stiker Label

Bahan Stiker LabelUkuranHarga
Chromo45  x 31 cmRp8.000 per lembar
Vinyl45  x 31 cmRp13.000 per lembar
Transparan45  x 31 cmRp14.000 per lembar

Harga cetak stiker label di atas belum termasuk ongkos potong. Biasanya, jasa percetakan mematok biaya berkisar Rp5.000 per lembar untuk ongkos potong kotak atau Rp10 ribu per lembar untuk ongkos potong bulat. Perlu dicatat bahwa harga cetak stiker label kemasan makanan tersebut tidak mengikat dan dapat berbeda-beda di masing-masing tempat. Selain itu, ada pula yang menawarkan paket yang dibanderol mulai Rp25 ribuan untuk pemesanan minimal 100 stiker.

Baca juga  Update Tarif dan Tips Sukses Raup Untung dari Bisnis Jasa Titip

[1] Purnamawati dan Eldarni. 2001. Media Pembelajaran. Jakarta: CV Rajawali, hlm. 4.

[2] Saladin, Djaslim dan Yevis Marty Oesman. 2002. Intisari Pemasaran dan Unsur-Unsur Pemasaran. Bandung: Linda Karya, hlm. 123.

[3] Tjiptono, Fandy. 2002. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Penerbit Andi, hlm. 222.

[4] Alisa, Krinta, dkk. Usulan Perbaikan Desain Kemasan Stick Strawberry Kencana Mas Menggunakan Metode Quality Function Deployment. Jurnal Rekayasa Sistem & Industri, Vol. 2(1): 52.-59.

loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Harga Cetak Stiker Label Makanan (Chromo, Vinyl, Transparan)"