Daftar Harga Actifed Cough (Merah, Hijau, dan Kuning) di Apotek

Meski kerap dianggap sebagai penyakit yang sederhana, namun juga dirasa sangat mengganggu penderitanya. Penyakit ini terjadi akibat infeksi virus yang menyerang saluran pernapasan. Masa di mana paling menular terjadi adalah pada saat sehari sebelum muncul dan sekitar enam hari berikutnya. Langkah pengobatan flu ini biasanya tidak perlu membutuhkan penanganan medis, karena dirasa cukup dengan mengonsumsi berbagai obat flu dengan harga terjangkau yang beredar di pasaran seperti merek obat Actifed.

Ilustrasi: menuangkan obat flu

Ilustrasi: menuangkan obat flu

Gejala-gejala flu yang biasa dirasakan oleh penderita di antaranya adalah demam, kepala, batuk, pegal, kehilangan nafsu makan, serta pada tenggorokan. Gejala ini akan bertambah parah selama 2 hingga 4 hari sebelum membaik dan sembuh.

Actifed (Pseudoefedrin) adalah obat yang digunakan untuk mengurangi demam, alergi, atau flu biasa termasuk hidung tersumbat, hidung berair, flu, gatal pada hidung dan tenggorokan, dan mata berair. Kandungan dalam Actifed adalah kombinasi dari antihistamin dan dekongestan. Antihistamin sendiri bekerja dengan menghalangi kerja histamine, yang membantu menolong gejala-gejala seperti mata berair dan bersin. Sementara dekongestan membantu pengeringan hidung dan mengurangi penyumbatan hidung.

Actifed Cough merupakan obat untuk meringankan gejala flu seperti hidung tersumbat dan bersin-bersin yang disertai batuk kering. Di pasaran, ada 3 varian Actifed Cough yang bisa dipilih sesuai keluhan dan kondisi flu seperti Actifed Merah, Actifed Hijau, dan Actifed Kuning.

Actifed Merah

Actifed Merah adalah obat untuk meringankan gejala flu akibat alergi seperti mata dan hidung berair, bersin-bersin dan batuk batuk kering. Obat ini tidak diformulasikan untuk batuk berdahak, jika dipaksakan malah dapat memperburuk kondisi batuk. Perbedaan Actifed Merah dengan Actifed Hijau ada pada kandungan bahan aktif dextromethorphan HBr, di mana yang hijau tidak memilikinya. Senyawa ini bersifat antitusif yang dapat menekan respons batuk langsung pada pusat pengendali batuk di medula otak.

Actifed merah (sumber: keywordhouse.com)

Actifed merah (sumber: keywordhouse.com)

Setiap 5 ml Actifed Cough Merah mengandung:

  • Triprolidine HCl adalah zat aktif yang digunakan untuk mengobati ¬†gejala alergi seperti rhinitis dan urtikaria. Termasuk dalam golongan antihistamin generasi pertama yang memiliki efek sedatif rendah.
  • Pseudoephedrin adalah zat aktif golongan simpatomimetik yang memiliki aktivitas sebagai nasal dekongestan, stimulant, dan wakefulness promoting agent. Senyawa ini bekerja dengan mengecilkan pembuluh darah untuk mengurangi pembengkakan dan penyumbatan.
  • Dextromethorphan HBr adalah zat aktif yang digunakan sebagai obat penekan batuk, terutama batuk karena iritasi tenggorokan dan bronkial ringan. Efek yang ditimbulkan dari zat aktif golongan morphin ini adalah disosiatif, penenang, dan stimulan.

Actifed Merah atau Actifed Cough Suppressant tersedia dalam bentuk sediaan syrup 60 ml dan 120 ml dengan kekuatan per 5 ml (1 sendok takar) mengandung:

  • Triprolidine HCl 1.25 mg
  • Pseudoephedrine HCl 30 mg
  • Dextromethorphan Hbr 10 mg
  • Ethanol 9.9 % v/v

Dosis yang tepat adalah yang sesuai dengan anjuran dokter Anda berdasarkan berat ringannya penyakit, , usia, dan lain-lain. Atau berdasarkan anjuran minum pada kemasan obat. Adapun dosis yang lazim digunakan adalah sebagai berikut:

  1. Dosis dewasa dan -anak >12 tahun: 10 ml (2 sendok teh) 3 kali sehari.
  2. Dosis anak umur 6-12 tahun: 5 ml (1 sendok teh) 3 kali sehari.
  3. Dosis anak umur 2-6 tahun: 2,5 ml (1/2 sendok teh) 3 kali sehari.

Actifed Hijau

Actifed hijau (sumber: hargano.com)

Actifed hijau (sumber: hargano.com)

Actifed Hijau atau Actifed Expectorant adalah obat untuk meringankan gejala flu seperti bersin-bersin yang disertai batuk berdahak. Kandungan antihistamin dan ekspektoran dari obat ini memang terbukti manjur meringankan gejala-gejala flu dan batuk oleh berbagai sebab, termasuk alergi. Perbedaan Actifed Hijau dengan Actifed Kuning adalah pada kandungan bahan aktif guaifenesin yang berfungsi sebagai ekspektoran yang meningkatkan hidrasi sekresi saluran pernafasan sehingga dahak lebih mudah dikeluarkan dalam bentuk batuk.

Cara kerja Actifed Hijau dapat dicermati dari kandungan bahan aktif yang menjadi komposisi utamanya yaitu:

  • Triprolidine adalah senyawa yang dapat berikatan dengan reseptor histamin H1 sehingga menghambat kerja histamin endogen. Dengan begitu obat ini akan akan mengurangi gejala-gejala yang ditimbulkan oleh histamin.
  • Pseudoephedrine merupakan senyawa yang bekerja langsung mempengaruhi reseptor alpha dan beta adrenergik pada mukosa saluran pernapasan serta menyebabkan vasokonstriksi.
  • Guaifenesin bekerja dengan cara menghidrasi mukus pada saluran pernapasan sehingga lebih mudah dikeluarkan bersamaan dengan batuk.

Actifed Hijau umumnya ditoleransi dengan baik. Namun beberapa mungkin muncul dan perlu diperhatikan, antara lain sebagai berikut:

  • Mengantuk.
  • Mulut, hidung dan tenggorokan terasa kering.
  • Gangguan tidur.
  • Ruam pada kulit.
  • Retensi urin.
  • Halusinasi (jarang terjadi).

Actifed Kuning

Actifed hijau (sumber: Bukalapak)

Actifed hijau (sumber: Bukalapak)

Actifed Kuning mengandung Pseudoefedrin HCl dan Triprolidine, digunakan untuk meringankan gejala pilek dan alergi. Tiap 5 ml mengandung:

  • Pseudoephedrine HCl 30 mg,
  • Triprolidine HCl 1.25 mg

Dosis yang tepat adalah yang sesuai dengan anjuran dokter Anda berdasarkan berat ringannya penyakit, berat badan, usia, dan lain-lain. Atau berdasarkan anjuran minum pada kemasan obat. Adapun dosis yang lazim digunakan adalah sebagai berikut:

  • Dosis dewasa dan anak-anak >12 tahun: 10 ml (2 sendok teh) 3 kali sehari.
  • Dosis anak umur 6-12 tahun: 5 ml (1 sendok teh) 3 kali sehari.
  • Dosis anak umur 2-6 tahun: 2,5 ml (1/2 sendok teh) 3 kali sehari.

Umumnya, jarang ditemukan kasus efek samping bagi pengguna Actifed Kuning, namun perlu diperhatikan kontraindikasi terhadap penderita yang peka terhadap obat simpatomimetik lain (misalnya efedrin, fenilpropanolamin, fenilefrin), hipertensi berat. Sedang mendapat MAOI dalam 2 minggu terakhir.

Harga Actifed Cough

Obat Actifed Cough untuk gejala flu ini dijual bebas di pasaran, mulai di toko obat, minimarket dan sejumlah apotek. Kisaran harga Actifed Cough sebesar Rp56 ribuan. Secara lebih rinci, berikut daftar harga Actifed semua varian:

Daftar Harga Actifed Cough

Varian Actifed Cough Harga
Actifed MerahRp56.247
Actifed HijauRp56.246
Actifed KuningRp56.247

Daftar harga tersebut kami ambil dari situs jual beli online. Harga bisa berbeda tergantung di mana Anda membelinya.

Baca juga  Harga Nulacta dan Nulacta Plus di Apotek
loading...
author
Mengetahui harga-harga, dan mengikuti dinamikanya adalah proses mengasah kecerdasan finansial. Be Smart!

Leave a reply "Daftar Harga Actifed Cough (Merah, Hijau, dan Kuning) di Apotek"