Info Terbaru Cara dan Biaya Cek Saldo BRI Lewat HP

Seiring dengan kemajuan teknologi, saat ini mengecek saldo memang tidak harus pergi ke ATM atau kantor cabang. Sejumlah bank, termasuk BRI, sudah menyediakan fitur yang memungkinkan nasabah untuk melihat saldo mereka lewat HP. Nasabah bisa memilih menggunakan SMS banking atau internet banking. 

Fitur Internet Banking BRI

cek, saldo, bri, lewat, hp, android, di, melalui, tanpa, pulsa, simpedes, online, mobile, format, ke, nomor, aplikasi, mobile, download, apps, store, google, layanan, kantor, cabang, terdekat, unit, metode, nasabah, transaksi

Tampilan laman BRI internet banking

Saat ini, mungkin sudah banyak orang mulai melakukan transaksi melalui internet banking. Produk e-banking itu merupakan satu layanan unggulan yang ditawarkan perbankan kepada nasabah, termasuk BRI. Internet Banking BRI adalah layanan e-banking yang memungkinkan nasabah untuk memperoleh informasi keuangan dan melakukan transaksi keuangan melalui media internet.

Ada beberapa fitur yang ditawarkan layanan internet banking, seperti informasi dan kartu kredit seperti cek saldo, histori transaksi, maupun daftar , termasuk giro, deposito, tabungan rencana, dan lain-lain. Selain itu, Anda bisa juga transfer , antara bank yang bersangkutan maupun antar bank lain. Selanjutnya, Anda bisa melakukan transaksi mulai dari tagihan listrik, telepon, kartu kredit, asuransi, sampai e-commerce.

Dengan menggunakan layanan internet banking, Anda bisa mengakses dari mana saja, seperti lewat PC, laptop, tablet, dan ponsel (/HP), asal semua perangkat tersebut terhubung dengan koneksi internet. Selain itu, Anda tak terikat oleh waktu, bisa mengakses kapan saja. Internet banking juga dilengkapi dengan sistem keamanan ganda. Sebagai contoh, saat melakukan transaksi non-financial seperti cek saldo dan mutasi rekening, Anda cukup memasukkan user ID dan password.

Fitur Banking BRI

Layanan lain yang termasuk dalam produk e-banking ialah mobile banking. Namun, masih banyak orang yang menyangka bahwa mobile banking sama dengan internet banking. Padahal, kedua produk itu mempunyai ketentuannya masing-masing. Untuk mobile banking, memang fiturnya memang lebih sedikit dibandingkan e-banking.

Pertama, m-banking bisa transfer antar rekening dan antar bank. Lalu, Anda bisa melakukan transaksi pembayaran tagihan, seperti tagihan kartu kredit, telepon, internet, dan TV berlangganan. Tidak hanya itu, melalui m-banking, juga bisa melakukan pembelian voucher dan e-commerce. Terakhir, ialah informasi rekening dan kurs.

Untuk mobile banking BRI, itu adalah layanan e-banking yang memungkinkan nasabah BRI melakukan transaksi perbankan melalui HP (seperti smartphone Android) dan menggunakan media SMS dengan nomor tujuan (shortcode) 3300 untuk semua jenis handphone dan semua operator telekomunikasi. Khusus untuk pelanggan BRI, nasabah bisa memulainya dengan mobile banking berbasis menu transaksi, dapat dilakukan dengan langsung memilih menu dan fitur transaksi yang diinginkan, tanpa perlu mengingat format SMS.

Tak perlu khawatir, m-banking BRI diklaim aman, karena dilengkapi dengan PIN sebagai otorisasi transaksi. Tak hanya aman, m-banking milik salah satu bank pemerintah tersebut juga dikatakan cepat, pasalnya dengan berbasis pada SMS, transaksi dapat langsung dilakukan tanpa didahului dengan proses login di aplikasi.

Nah, salah satu transaksi yang bisa dilakukan m-banking tersebut adalah cek saldo. Cek saldo akan menampilkan nominal yang ada dalam rekening tabungan Anda. Misalnya saja Anda telah selesai bertransaksi bisnis dengan partner, dan terjadi transaksi transfer ke rekening Anda. Posisi Anda tidak memungkinkan untuk mengecek saldo dengan pergi ke bank atau ATM. Sebagai solusi, Anda bisa memanfaatkan layanan mobile banking ini.

BRI Mobile

BRI Mobile

Cara Cek Saldo BRI via SMS Banking

Bagi Anda yang akan menggunakan layanan SMS banking, harus mendaftarkan nomor handphone terlebih dahulu ke bank. Ketika Anda datang ke bank untuk mendaftarkan nomor, jangan lupa membawa smartphone Anda. Siapkan pula buku tabungan dan identitas diri. Setelah terdaftar, Anda bisa mengecek saldo dengan mengetik format SMS yaitu saldo (spasi) PIN ATM dan kirim ke nomor 3300. Contohnya saldo 1234 kirim ke 3300. Setiap notifikasi SMS, akan dikenakan Rp500 per SMS, masih belum berubah dari tahun sebelumnya. Namun, untuk pengiriman, tergantung masing-masing provider yang digunakan, berkisar Rp250 hingga Rp350 per SMS.

Cek Saldo BRI via BRI Mobile

Anda harus mendaftarkan terlebih dahulu ke bank untuk mendapatkan ID dan password yang nantinya akan dihubungkan dengan aplikasi dan rekening tabungan Anda. Setelah terdaftar, Anda bisa mendownload aplikasi BRI Mobile di Play Store (untuk HP Android) atau App Store (untuk Apple). Begitu terinstall, nantinya Anda diminat memasukkan ID dan password yang didapatkan dari bank, dan Anda pun sudah memiliki akun di aplikasi BRI Mobile.

Langkah selanjutnya setelah Anda login adalah memilih internet banking BRI. Lalu, klik info rekening. Nantinya, pada layar HP, akan tertera nominal saldo rekening tabungan. Setelah melakukan transaksi, jangan lupa untuk log out. Biaya untuk mengecek saldo ini bergantung pada tarif paket internet yang dari provider yang Anda gunakan.

Cek Saldo via Internet Banking BRI

Sebelum bisa menggunakan layanan, Anda harus mendaftarkan akun terlebih dahulu di kantor cabang terdekat. Saat Anda ingin mengakses akun secara , pastikan Anda terhubung dengan jaringan internet yang stabil. Langkah menggunakan Internet Banking BRI untuk cek saldo adalah kunjungi Internet Banking BRI di ib.bri.co.id/ib-bri, lalu login akun Anda. Anda akan tiba pada halaman utama. Pilihlah informasi rekening untuk mengecek saldo yang terkumpulkan di akun Anda. 

Baca juga  Cara dan Biaya Transfer Dollar ke Rekening Rupiah BCA
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Info Terbaru Cara dan Biaya Cek Saldo BRI Lewat HP"