Info Biaya ShopeePay dan PayLater (SPayLater)

Keberadaan perusahaan teknologi finansial dengan layanan online melalui aplikasi e-wallet maupun kredit (paylater) terbukti memudahkan proses belanja online.[1] Fitur PayLater yang memungkinkan pengguna untuk menunda waktu banyak digunakan oleh pembeli di platform pembelanjaan daring seperti Shopee.[2] Untuk menggunakan layanan dompet digital ShopeePay dan ShopeePaylater (SPayLater), setidaknya ada biaya yang harus disiapkan.

Ilustrasi: aplikasi Shopee (sumber: ecommercenews.eu)
Ilustrasi: aplikasi Shopee (sumber: ecommercenews.eu)

Tentang ShopeePay

ShopeePay adalah layanan dompet digital yang ditawarkan oleh Shopee. Anda dapat menggunakanShopeePay untuk: melakukan transaksi online di aplikasi ataupun situs Shopee; transaksi online yang dilakukan di luar Shopee, seperti di aplikasi ataupun situs Merchant; transaksi offline dengan Merchant yang menerima melalui QRIS dan ShopeePay; serta menerima atau transfer pembayaran ke kontak Anda dan menarik saldo ke bank Anda.

Bacaan Lainnya

Aktivasi akun ShopeePay Anda dengan menyetujui Syarat & Ketentuan yang berlaku. Kemudian, masukkan PIN ShopeePay yang Anda inginkan.

Baca juga  Update Harga Carburator Cleaner (Semua Merk dan Kemasan)

Ketentuan ShopeePay

Untuk akun ShopeePayyang belum diverifikasi, Anda hanya dapat mengisi saldo maksimum Rp2.000.000, sedangkan akunShopeePay yang sudah terverifikasi dapat mengisi saldo hingga Rp10.000.000.ShopeePay memiliki batas akumulasi saldo masuk hingga Rp20.000.000 per bulan dan batas ini akan kembali dari 0 (nol) pada tanggal 1 (satu) setiap bulannya.

Tidak ada jumlah minimum yang diperlukan untuk setiap transaksi ShopeePay. Akan tetapi, untuk akun ShopeePay yang belum diverifikasi, Anda hanya dapat membayar transaksi maksimum hingga Rp2.000.000, sedangkan akun yang sudah terverifikasi dapat membayar hingga Rp10.000.000. Mohon pastikan bahwa Anda memiliki saldo yang cukup sebelum melakukan transaksi.

Biaya Isi Saldo ShopeePay dengan Virtual Account

Ilustrasi: pengguna ShopeePay (sumber: rsddrsoebandri.id)
Ilustrasi: pengguna ShopeePay (sumber: rsddrsoebandri.id)
Nama Bank Biaya Admin via Bank Biaya Admin via ShopeePay
BCA Rp500
Mandiri Rp500
BRI Rp500
BSI Rp500
BNI Rp1.000
Permata Rp500
Bank Lainnya (via Mandiri) Rp500
SeaBank Bebas biaya admin

Jumlah saldo yang masuk ke ShopeePaysama dengan nilai yang di-top up (khusus BCA, Mandiri, BRI). Jika Anda mengisi saldo sebesar Rp100.000, maka jumlah saldo yang masuk adalah Rp100.000. Pengisian saldo melalui SeaBank tidak akan dikurangi Biaya Admin.

Baca juga  Pilihan Warna dan Harga Cat Rambut Makarizo Terupdate

Tentang ShopeePayLater (SPayLater)

Ilustrasi: pengguna SPayLater
Ilustrasi: pengguna SPayLater

ShopeePayLater atau yang kini disebut SPayLater adalah metode pembayaran “Beli Sekarang Bayar Nanti” yang disediakan oleh PT Commerce Finance di aplikasi Shopee. Dengan SPayLater, Anda dapat melakukan pembelian terlebih dahulu dan membayarnya di bulan berikutnya, atau dengan metode cicilan selama beberapa bulan. Selain sebagai metode di Shopee, Anda juga dapat menggunakan SPayLater untuk membayar tagihan Anda (khusus pengguna terpilih).

Anda dapat melakukan dengan SPayLater jika sudah berusia minimal 18 tahun serta memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang sah. Limit SPayLater bergantung pada riwayat pembayaran dan transaksi Anda. Jumlah dan sisa limit Anda dapat dilihat di halaman SPayLater.

Suku Bunga & Biaya SPayLater

Periode Cicilan Biaya Penanganan Suku Bunga Biaya Keterlambatan
Cicilan 1x / Beli Sekarang Bayar Nanti 1% per transaksi Minimal 2,95% dari Total 5% per bulan dari seluruh total tagihan yang telah jatuh tempo (termasuk tagihan sebelumnya)
Cicilan 3x 1% per transaksi Minimal 2,95% dari Total Pembayaran 5% per bulan dari seluruh total tagihan yang telah jatuh tempo (termasuk tagihan sebelumnya)
Cicilan 6x 1% per transaksi Minimal 2,95% dari Total Pembayaran 5% per bulan dari seluruh total tagihan yang telah jatuh tempo (termasuk tagihan sebelumnya)
Cicilan 12x (khusus pengguna terpilih) 1% per transaksi Minimal 2,95% dari Total Pembayaran 5% per bulan dari seluruh total tagihan yang telah jatuh tempo (termasuk tagihan sebelumnya)
Baca juga  Info Biaya PayLater Gojek (GoPayLater) dan Top Up GoPay

Setiap Pengguna SPayLater memiliki tanggal jatuh tempo yang berbeda. Rincian tagihan Anda akan muncul setiap: tanggal 25, perlu dibayar paling lambat tanggal 5 setiap bulannya; tanggal 1, perlu dibayar paling lambat tanggal 11 setiap bulannya; dan tanggal 15, perlu dibayar paling lambat tanggal 25 setiap bulannya.Tagihan akan dikirimkan kepada Anda 10 (sepuluh) hari sebelum tanggal jatuh tempo.

[1]Hardjanata, G. 2021. Kibar Tamanmartani. Arif G, editor. Yogyakarta: Pandiva Buku, hlm 133.

[2]Wahyuddin, dkk. 2022. Financial Technology: Keuangan Digital. Janner S, editor. Jakarta: Yayasan Kita Menulis, hlm 37.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.